Kamis, 30 Juni 2011

KASDAM IX/UDAYANA TERIMA TIM WASRIK ITJENAD








Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serda Dewa A.
1 Juli 2011

Kepala Staf Kodam IX/Udayana menerima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Darat di ruang Erlangga Makodam IX/Udayana pada Jumat (1/7)
Dalam acara Taklimat Akhir tersebut Tim Wasrik Itjenad menyampaikan temuan-temuan yang didapat selama kurang lebih tiga minggu melaksanakan tugas pengawasan dan pemeriksaan di satuan jajaran Kodam IX/Udayana,hal tersebut disampaikan agar segera dapat ditindaklajuti dengan mengadakan pembenahan dan perbaikan seperlunya serta diharapkan kedepan tidak terjadi lagi adanya kekeliruan yang serupa.
Pada kesempatan tersebut Kasdam IX/Udayana dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan menyatakan akan menindaklanjuti temuan Tim Wasrik yang telah disampaikan dengan segera dan sekaligus memerintahkan kepada para Dan/Ka Satuan jajaran Kodam IX/Udayana untuk melakukan pembenahan terhadap temuan Tim Wasrik Itjenad,adakan penataan ulang sehingga akan terwujud sistem yang lebih efektif dan akuntabel.
Selanjutnya Kasdam menyampaikan tentunya Tim Wasrik juga sudah melihat kondisi dan berbagai kendala yang dihadapi oleh Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan Program Kerja,sehingga diharapkan kondisi dan kendala tersebut dapat dijadikan sebagai masukan di tingkat pusat guna pengambilan kebijakan dimasa yang akan datang,demikian harap Kasdam dalam mengakhiri sambutannya.

Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Kunjungan Kerja ke Wilayah NTT


Pada awal Kegiatan seusai dilantik menjadi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/Udayana sebulan yang lalu, Ny. Annie Leonard melaksanakan kunjungan kerja pertamanya ke wilayah Koorcab Rem 161 untuk bertemu dengan anggota Persit yang berada di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ny. Annie Leonard mendampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Leonard yang pada kesempatan tersebut juga melaksanakan kunjungan ke wilayah Korem 161/Wirasakti untuk melihat secara langsung kehidupan para prajuritnya yang berada di daerah perbatasan RI-RDTL.

Dalam Kunjungan Kerjanya di wilayah Koorcab Korem 161 yang berada di Nusa Tenggara Timur(NTT), Ibu Ketua Persit KCK PD IX/Udayana berkesempatan untuk bertatap muka dengan Ibu-ibu Persit di wilayah tersebut guna mengenal lebih dekat dan mendengar aspirasi sekaligus memberikan pengarahan kepada Ibu-ibu Persit KCK Koorcab Rem 161, Brigif 21/Komodo, Yonif 743/Psy, Yonif 744/Syb dan Kodim 1605/Belu.

Dalam pengarahannya, Ibu Ketua meminta agar Ibu-ibu yang berada di wilayah perbatasan agar tetap bersemangat dan tetap melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti pelayanan kesehatan maupun pemberantasan buta huruf. Ibu Ketua Persit KCK PD IX/Udayana juga berpesan agar Ibu-ibu menjalin hubungan yang harmonis, hindari kesalahpahaman antar sesama Ibu-ibu agar terjalin suatu kebersamaan.

Selain memberikan pengarahan dan bertukar pikiran dengan Ibu-ibu di wilayah Koorcab Rem 161, Ibu Ketua juga mengunjungi TK Kartika Mayonif 744/Syb dan Rumah Pintar yang berada di Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Pangdam IX/Udayana Buka Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Kasad di Kab TTU









Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serda Dewa A.
01 Juni 2011

Olahraga berkuda adalah merupakan kesenian tradisional yang telah tumbuh dan berkembang ditengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu,sehingga keberadaannya perlu dilestarikan dan diwariskan kepada generasi penerus.Disamping itu pula olahraga berkuda juga merupakan olahraga prestasi yang sering dilombakan pada multi event baik di tingkat nasional maupun internasional. Berkenaan dengan itu maka PORDASI Kabupaten Timur Tengah Utara bekerjasama dengan unsur TNI untuk menyelenggarakan Lomba Pacuan Kuda antar daerah seNusa Tengara.

Kejuaraan Pacuan Kuda yang mengambil Tema “ Melalui Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Kasad tahun 2011 Kita Wujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna mensukseskan Pembangunan di Kabupaten Timur Tengah Utara di Buka secara resmi oleh Pangdam IX/Udayana Mayor
Jendral TNI Leonard di Arena Pacuan Kuda Bastian Kecamatan Wini Kabupaten TTU pada Kamis, (30/6).

Pangdam IX/Udayana tiba di Lapangan Pacuan Kuda Wini bersama Ketua KCK PD IX/Udayana dan rombongan disambut oleh Dandim 1618/TTU,Bupati Kab. TTU. Muspida Kab TTU. Serta Panitia Lomba Pacuan Kuda dan sekaligus meresmikan Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Kasad di Timor Tengah Utara, yang diselenggarakan terhitung mulai hari kamis, Tanggal 30 Juni 2011, sampai dengan hari Minggu, Minggu 03 Juli 2011.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana membacakan Amanat Kasad menekankan bahwa Pacuan Kuda adalah salah satu cabang olahraga yang masih perlu di kembangkan di Tanah Air karena Event semacam ini akan sangat membantu dalam rangka meningkatkan dan memotivasi generasi muda agar lebih mengenal dan mencintai olahraga Berkuda.

Selanjutnya melalui sambutannya Kasad mengharapkan hendaknya kejuaraan tersebut dapat memotivasi organisasi lain untuk mengadakan kejuaraan serupa secara berkesinambungan sehingga kedepan akan dapat menghasilkan Atlet berkuda Profesional yang mampu berkiprah diajang lomba tingkat Nasional maupun Internasional.

Senin, 27 Juni 2011

Danrindam Wakili Pangdam IX/Udayana Tutup Kursus Kejuruan















Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serma Bambang Sutejo
28 Juni 2011

Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf Arifin mewakili Pangdam IX/udayana memimpin acara penutupan Kursus Kejuruan Bintara Administrasi Kompi, Bintara Fourir dan Bintara Provost, Selasa ( 28/6) bertempat di Aula Ngurah Rai Rindam IX/Udayana.
Dalam Amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Danrindam, Pangdam IX/Udayana mengucapkan selamat kepada seluruh peserta kursus serta berharap ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dapat dijadikan sebagai bekal dalam meningkatkan pelaksanaan tugas sesuai bidang tugas di satuan masing-masing.
Kursus kejuruan yang telah dilaksanakan akan mempunyai peran penting disatuan masing-masing, untuk itu Pangdam menekankan agar semua materi yang telah di dapat dilembaga pendidikan di pelajari kembali sehingga dalam mengaplikasikan disatuan tidak menemui kendala dan kesulitan.
Hadir pada penutupan kursus tersebut adalah perwakilan pejabat teras Kodam IX/Udayana, perwakilan dari Dan/Kasat Jajaran Kodam IX/Udayana, dan Undangan lainnya.

Minggu, 26 Juni 2011

Danrem 163/WSA Sebagai Pembicara Dalam Seminar


Danrem 163/WSA Kolonel Inf Jacob Djoko Santosa menjadi pembicara penting dalam seminar sehari yang mengambil topik “Peran Generasi Muda Dalam Mencegah Disintegrasi Bangsa” di Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar.
Dalam seminar tersebut Danrem 163/Wira menekankan bahwa untuk menjadi SDM yang berguna sangat dipengaruhi oleh faktor bibit, pendidikan formal dan peran agama sehingga pada kesempatan tersebut Danrem mengajak jajaran Dwijendra untuk selalu bersyukur atas berkah Tuhan, jadilah generasi muda yang tangguh dan siap mengabdi kepada Bangsa dan Negara , kuncinya adalah dengan melaksanakan empat pilar yakni Pancasia, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, ingatlah bahwa Negara ini harus tetap utuh,Pancasila sebagai Dasar Negara harus tetap menjadi alat pemersatu bangsa.tegas Danrem.
Seminar tersbeut dihadiri oleh Ketua Yayasan Dwijendra Pusat Drs. Ida Bagus Gede Wiyana dan Rektor Universitas Dwijendra I Ketut Wirawan, S.H.,M.Hum serta undangan lainnya. Disela-sela acara tersebut Danrem 163/WSA juga ikut menyanyi bahkan memainkan gitar sendiri sehingga membuat acara tersebut menjadi semakin semarak dan penuh dengan suasana keakraban.

Kamis, 23 Juni 2011

DANREM 162 BERI SAMBUTAN PADA ACARA SOSIALISASI DAN TESTIMONI HIV/AIDS

Editor Kapt Inf Teguh HW
Tanggal 23 Juni 2011

Komandan Korem 162/WB Kolonel Inf Heru Suryono,S.IP memberi sambutan dan membuka langsung penyelenggaraan sosialisasi dan testimoni HIV/AID kepada perwira jajaran Korem 162/WB sepulau Lombok bertempat di aula Yonif 742/SWY (23/6).

Penyelenggaraan tersebut terlaksana atas kerjasama Denkesyah Mataram dengan Dinas Kesehatan Prov NTB. Danrem 162/WB menyampaikan bahwa di wilayah Prov NTB jumlah kasus HIV/AID sampai dengan bulan Maret 2011 sebanyak 237 kasus dan yang telah meninggal sebanyak 58 kasus.

Sosialisasi dan testimoni yg dilaksanakan hari ini merupakan suatu upaya penanggulangan yang lebih intensif guna menekan jumlah kasus HIV/AID di jajaran TNI AD, tujuannya adalah agar para perwira dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuannya tentang penyakit HIV/AID termasuk cara pencegahan, penularan dan cara penanganan yang tepat serta dapat menumbuhkan dan mengembangkan jiwa dan semangat non diskriminasi, menjaga rahasia dan saling membantu terhadap mereka yang mengidap HIV/AID. Nara sumber dari kegiatan sosialisasi adalah Dr E.Y. Wenny Astuti A, M Kes dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

REHAB TEMPAT LATIHAN PEMBINAAN FISIK DAN PEMBUATAN TAMAN











Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serda Dewa A
Kamis, 23 Juni 2011

Dalam rangka untuk mendukung dan meningkatkan kondisi fisik yang prima bagi personel baik militer maupun PNS, Satdik Secaba Rindam IX/Udayana selalu berbenah diri untuk meningkatkan kinerja Satuannya. Kamis (23/6)
Dalam memanfaatkan waktu istirahat yang ada (Belum ada pendidikan yang dibuka di Satdik Secaba), Wadansatdik Secaba Rindam IX/Udy, Mayor Inf Agus Suhendar bersama-sama dengan anggota merehab tempat latihan pembinaan fisik (Latihan beban, sit up dan pijat refleksi) yang ada di Lapangan Chandradimuka Rindam IX/Udayana. Disamping itu, kegiatan lainnya adalah membuat taman dan kolam ikan disekitar ruangan kelas dalam rangka menciptakan lingkungan pendidikan yang hijau dan bersih.

SISWA KURSUS KEJURUAN DODIKJUR RINDAM IX/UDY LATIHAN APLIKASI

Editor Kapt Inf Teguh HW
Tanggal 23 Juni 2011

Siswa Kursus Kejuruan yang mengikuti pendidikan di Satdik Dodikjur Rindam IX/Udayana melaksanakan latihan aplikasi selama 3 hari yang dimulai hari ini, Kamis (23/6).

Latihan aplikasi ini terdiri dari para siswa Susjur Bafourier (30 orang), Susjur Baprovost (20 orang) dan Susbaminki (20 orang). Pendidikan yang dijalani selama 1.5 bulan akan berakhir dan untuk mematangan hasil pendidikan dilaksanakan kegiatan tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah mengaplikasikan secara utuh teori maupun praktek pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama di home base dalam suasana tugas/kerja sesungguhnya di satuan.

Untuk siswa Susjur Bafourier melaksanakan latihan aplikasi di Paldam IX/Udayana-Denpasar dan Gudmurah - Blayu, siswa Susjur Baminki melaksanakan latihan aplikasi di Ajendam IX/Udayana - Denpasar dan siswa Susjur Baprovost melaksanakan latihan aplikasi di Rindam IX/Udayana dengan salah satu materinya yaitu melaksanakan penegakan hukum dan tata tertib di Satuan.

Rabu, 22 Juni 2011

Aster Kasdam IX/Udayana Wakili Pangdam IX/Udayana Buka Sosialisasi Terpadu Pusterad TA. 2011


Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serma Bambang Sutejo
Tanggal 23 Juni 2011
Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Yunadi mewakili Pangdam IX/Udayana membuka sosialisasi Kegiatan Terpadu Pusterad (KTT) TA. 2011 tentang Bujuklak BPKJ dan BPKKJ Teritorial, Bimnis Komsos, Bhakti TNI, Bintahwil dan Bimnis Anpotwil, Anpothan, Aplikasi Sisrendal Binter serta Wasev Giat Binter dan kajian-kajian tentang Bujuk Bin, Bujuk Ops dan Bujuknik tentang Binter yang bertempat di Aula Gedung Serbaguna Korem 163/Wira Satya, kamis ( 23/6).
Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Aster Kasdam IX/Udayana, Pangdam IX/Udayana mengucapkan selamat datang kepada Tim yang dipimpin oleh Kolonel Arh Hery Suryanto dan Seluruh peserta sosialisasi serta berharap acara sosialisasi yang akan dilaksanakan dapat terlaksana dengan baik dan mencapai sasaran.
Tujuan pelaksanaan sosialisasi tersebut adalah agar aparat Sat Kowil dan Non Kowil memahami tentang Binter serta Aplikasinya dengan sasaran untuk meningkatkan kemampuan aparat Sat Kowil dan Non Kowil sampai dengan perorangan di seluruh Kotama.
Di akhir sambutannya Pangdam IX/Udayana menekankan kepada seluruh peserta sosialisasi agar memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin dengan cara memperhatikan dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti sehingga nantinya materi sosialisasi benar-benar dapat dipahami dan mampu menyebarluaskan hasil sosialisasi kepada seluruh prajurit di satuannya masing-masing.
Hadir pada acara pembukaan sosialisasi tersebut adalah para Dandim se Bali, Tokoh Masyarakat Kodya Denpasar serta Kasiter Korem 163/Wira Satya.

KUNJUNGAN TIM WASRIK IRJENAD DI RINDAM IX/UDAYANA

Editor Kapt Inf Teguh HW
Tanggal 23 Juni 2011

Wadan Rindam IX/Udy, Letkol Inf Agus Arif Fadila, S.IP bersama staf Jajarannya menerima kunjungan Tim Wasrik yang dipimpin oleh Ketua Tim, Kolonel Inf Hadi Wiyono bersama 4 orang anggota hari ini (23/6), bertempat di ruang data Rindam IX/Udy.

Dalam sambutannya Ketua Tim menyampaikan kepada Staf jajaran Rindam IX/Udy bahwa kegiatan Wasrik ini yaitu melaksanakan pemeriksaan terhadap pelaksanaan Program Kerja TA 2010 dan melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Program Kerja TA 2011. Tujuannya adalah menyiapkan sedini mungkin pelaksanaan Program Kerja untuk mewujudkan tertib administrasi dalam mendukung tugas pokok Satuan.

Tim Pokja Penanggulangan HIV/AIDS Isi Kegiatan Minggu Militer di Makodam IX/Udayana

Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serma Bambang Sutejo
Tanggal, 23 Juni 2011

Dalam rangka mengintensifkan Program Minggu Militer yang diselenggarakan setiap minggu ke IV dalam setiap bulannya,pada bulan Juni 2011 ini Makodam IX/Udayana melaksanakan Minggu Militer bertempat di Lapangan Apel Makodam dan diikuti oleh seluruh prajurit TNI maupun PNS di lingkungan Makodam IX/Udayana, Kamis (23/6).

Pelaksanaan Minggu Militer kali ini diisi dengan beberapa materi yang disampaikan oleh Tim Pokja Penanggulangan HIV/AIDS yang diketuai oleh Kakesdam IX/Udayana yang beranggotakan terdiri dari unsur Spersdam,Kumdam,Pomdam dan Bintaldam IX/Udayana.

Materi yang diberikan dalam pelaksanaan Minggu Militer terdiri dari, materi bidang kesehatan yang diberikan oleh Lettu Ckm (K) dr. Ni Nyoman Tri Premani yang menguraikan tentang pengertian HIV/AIDS, cara penularan HIV/AIDS dan cara pencegahannya. Untuk materi bidang Hukum dibawakan oleh Kapten Chk Sugito, SH yang menjelaskan tentang Proses Penegakan Hukum dan materi penegakan Disiplain dan Tata Tertib dilingkungan Kodam IX/Udayana disampaikan oleh Kapten Cpm Harry M Simarmata. Sedangkan untuk materi bidang Pembinaan Mental mengupas tentang pandangan Agama Terhadap HIV/AIDS yang disajikan oleh Mayor Caj I Gusti Nyoman Japi dari Bintaldam IX/Udayana.

Seluruh prajurit TNI maupun PNS yang mengikuti kegiatan tersebut nampak cukup antusias dalam menyimak setiap materi yang diberikan,hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya kepada masing-masing pembawa materi.

Kegiatan Minggu Militer yang mensinergikan empat materi penting bagi kehidupan prajurit TNI dan PNS tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan, sadar dan taat pada aturan hukum,mentaati ketentuan disiplin dan tata tertib serta meningkatkan keimanan sesuai dengan ajaran agama masing-masing sehingga jumlah pelanggaran di jajaran Kodam IX/Udayana akan dapat diminimalisir dan bahkan ditiadakan.

Kegiatan Minggu Militer di akhiri dengan pembagian buku saku “Infeksi Menular Seksual” dan Leaplet tentang “Informasi Dasar HIV-AIDS Bagi Prajurit TNI”.































DANREM 162 HADIRI PENUTUPAN TMMD KE 86















Penerangan Kodam IX/udayana
Editor Serda Dewa A.
22 Juni 2011

Danrem 162/WB Kolonel Inf Heru Suryono,S.IP beserta Para Kasi Korem 162/WB menghadiri upacara penutupan di lapangan desa Rensing Kabupaten Lombok Timur pada hari Selasa (21/6). Irup dalam upacara tersebut adalah Bupati Lotim.
Dalam sambutan Bupati Lotim menyampaikan terimakasih kepada prajurit jajaran Korem 162/WB dan unsur TNI AL dan TNI AU atas pelaksanaan tugasnya membantu pemerataan pembangunan di wilayah Kab Lotim, karna sasaran yang telah dikerjakan seperti sarana jalan sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menunjang lancarnya perekonomian di pedesaan, demikian pula dengan sasaran fisik lainnya yang dirasakan sangat menyentuh kebutuhan di masyarakat.
Hadir pula pada upacara penutupan tersebut pejabat Pemda setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya, selesai upacara dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi sasaran fisik.

Selasa, 21 Juni 2011

DANREM 162/WB BEKALI PESERTA RAPAT PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR PROV NTB

Editor Kapt Inf Teguh HW
22 Juni 2011

Komandan Korem 162/WB Kolonel Inf Heru Suryono,S.IP memberikan pembekalan kepada peserta Rapat peningkatan kapasitas aparatur dalam usaha pengurangan resiko bencana yang digelar Pemprov NTB di Hotel Lombok Raya Mataram, Selasa (21/6) kemarin.

Peserta kegiatan tersebut diikuti oleh organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kasat Pol PP dan Ka Bakesbangpoldagri se Prov NTB. Hadir pula Kasiops dan Kasiter Korem 162/WB mendampingi Danrem 162/WB.

Materi pembekalan yang disampaikan Danrem 162/WB terkait peran TNI dalam penanggulangan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami ,letusan gunung merapi dan banjir bandang. Dalam materi disampaikan bahwa penanggulangan bencana dilaksanakan secara konsepsional dan terpadu dengan unsur terkait mulai dari tahap pra bencana, tahap tanggap darurat dan tahap paskah bencana.

TNI AKHIRI TUGAS DI DESA LADIH DAN KELURAHAN CEMPAGA









Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Kapten Inf Teguh H.W
22 Juni 2011

Satuan Setingkat Kompi Gabungan TMMD akhiri tugasnya di Desa Landih Dan Kelurahan Cempaga,Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, pada suatu upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa bertepat di Lapangan Kapten Mudita Bangli,pada selasa 21/6.Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Wakil Gubernur Bali, Anak Agung Puspa Yoga mewakili Gubernur Bali Yang berhalangan hadir pada kesempatan tersebut
TNI Manunggal Membangun Desa yang dilaksanakan selama tiga pekan yang dimulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 21 januari 2011 telah mewujudkan hasil berupa pembuatan jalan baru dan pengerasannya,pembuatan got di kiri kanan jalan,pembuatan gorong-gorong dan pengerjaan kegiatan fisik lainnya adalah merupakan kerjasama yang baik antara anggota SSK TMMD dengan masyarakat daerah sasaran dan sekitarnya dibawah koordinasi Komandan SSK dan Komandan Satgas TMMD dengan Para Tokoh Adat serta Tokoh masyarakat setempat.
Disamping hasil kegiatan fisik tidak kalah pentingnya juga hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan kegiatan non fisik yang berupa penyuluhan dan sosialisai materi-matei yang dibutuhkan oleh masyarakat daerah sasaran,akan sangat berguna dalam upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kesejahtraan hidupnya.
Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur membacakan sambuan Gubernur Bali menegaskan bahwa,Program TNI Manunggal Membangun Desa adalah merupakan program pemberdayaan masyarakat diharapkan akan dapat mendorong beberapa asfek pembangunan seperti,mendorong roda perekonomian sektor riil seperti pertanian,perikanan ,pertukangan,usaha ekonomi menengah dan kecil,industri rakyat dan sejeninya yang mampu menciptakan lapangan kerja produktif dan berkewirausahaan,sinergisnya jejering antar desa dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan ekonomi kawasan pedesaan serta tumbuhnya Koperasi Desa dan lembaga sejenisnya secara sehat dan kondusif bagi akumulasi dan redistribusi modal melalui cara tanggung renteng dan bentuk kerjasama lainnya.Demikian tegas Gubernur dalam sambutannya
Upacara penutupan TMMD di Lapangan Kapten Japa Bangli dihadiri oleh Kasdam IX/Udayana,Para Asisten dan pejabat teras Kodam IX/Udayana,Pejabat Pemda Bali,Muspida Bangli,Pejabat terkait Pemda Bangli,Persit Kartika Chandra Kirana,Tokoh Adat,Tokoh Agama dan undangan lainnya serta seluruh rangkaian acaranya dapat berjalan dengan tertib dan lancar


Aspers Kasdam IX/udayana awasi aplikasi tes Seskoad









Penerangan Kodam IX/Udayana
Edior Serda Dewa A.
22 Juni 2011

Aspers Kasdam IX/Udayana Letkol Kav Gunung Iskandar mengawasi jalannya Latihan Aplikasi Tes Seskoad di Aula Makorem 163/Wira Satya, Selasa (21/11).
Spers sebagai leading sektor penyelenggaraan latihan aplikasi tes Seskoad bukan yang pertama tetapi dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang diatur dari Spers Kodam IX/Udayana sendiri. Dalam penyelenggaraan yang berlangsung ini, latihan aplikasi diawasi langsung oleh Kolonel Kav Partono ( Seskoad) dan Kolonel Arh Rulhadi (Irjenad).
Pelaksanaan latihan aplikasi yang dimulai pukul 08.30 hingga 17.30 wita tersebut diikuti oleh 28 orang terdiri dari pangkat Mayor dan Letkol dengan multi kecabangan.

BUPATI KARANGASEM TUTUP TMMD KE-86







Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serda Dewa A.
21 Juni 2011

Bertempat di Desa Bukit Kec Karangasem,Kab Karangasem,Bupati Karangasem I Wayan Geredeg menutup TNI Manunggal Membangun Desa Dalam suatu upacara pada hari selasa,21/6.
TNI Manunggal Membangun Desa yang telah dilaksanakan selama 21 hari Mulai tanggal 1 sampai dengan 21 Juni 2011 secara resmi telah di tutup dan di serahterimakan oleh Damdim 1623/Karangasem selaku Dansatgas TMMD kepada masyarakat Desa Bukit, Kecamatan Karangasem,Kabupaten Karangasem disaksikan oleh Inspektur upacara.
Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan TMMD tersebut adalah terwujudnya pembuatan Jalan Baru dan pengerasannya, pembuatan gorong-gorong ,pembuatan Got kanan kiri jalan, pembuatan plat Beton, pembuatan senderan dan bedah rumah sebagai sasaran fisik yang telah direncanakan sebelumnya, sedangkan hasil kegiatan non fisik telah dilaksanakan berbagai penyuluhan dengan materi yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat daerah sasaran termasuk salah satu diantaranya adalah sosialisasi Undang-Undang Nomor 3. Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.
Pada kesempatan tersebut Bupati Karangasem selaku inspektur upacara membacakan sambutan Gubernur Bali, secara tegas menyatakan bahwa Pembangunan National yang semakin kompleks memerlukan partisipasi optimal seluruh komponen masyarakat Program terpadu yang dilaksanakan secara sinergis oleh berbagai pihak akan lebih mendorong percepatan pembangunan.
Salah satu bertuk keterpaduan program tersebut adalah TMMD, progam ini merupakan wujud nyata partisipasi TNI bersama masyarakat dalam membangun daerah, sekaligus membantu Pemerintah Daerah dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahtreaan masyarakat khususnya masyarakat pedesaa,demikian tegas Bupati.
Upacara penutupan TMMD dihadiri oleh Perwakilan Pejabat Kodam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Muspida dan segenap Instansi terkait Pemda Karangasem, Persit Koorcabrem 163, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta Undangan lainnya diakhiri dengan peninjauan ke lokasi sasaran fisik di Desa Bukit Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem.



Kasdam IX/Udayana Terima Tim Porad

Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serma Bamabang Sutejo
Tanggal, 21 Juni2011


Tim Pekan Olah Raga TNI AD (PORAD) Kodam IX/Udayana telah kembali dan diterima oleh Kasdam IX/Udayana di Hall Makodam, Selasa (21/6) melalui suatu acara penerimaan yang dihadiri oleh para pejabat Kodam IX/Udayana.
Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdam IX/Udayana, Pangdam IX/Udayana mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas segala usaha dan perjuangan yang telah diberikan oleh seluruh anggota kontingen meskipun belum memperoleh hasil yang membanggakan. Hendaknya hasil Porad kali ini dapat dijadikan sebagai evaluasi dan cambuk untuk memacu semangat agar lebih giat berlatih sehingga nantinya dapat meraih prestasi yang lebih baik di Porad yang akan datang, harap Pangdam.
Kemudian, bagi unsur Pimpinan Satuan jajaran Kodam IX/Udayana agar memberikan kesempatan bagi personel yang memiliki kelebihan kemampuan di bidang olah raga tertentu untuk mengikuti latihan yang telah diprogramkan oleh masing-masing koordinator cabang olah raga, papar Pangdam.
Sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Tim Tenis Lapangan yang berhasil memperoleh medali perak, Komando Atas memberikan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp. 7.500.000.
Acara penerimaan Kontingen Porad ke VII diakhiri dengan ramah tamah/makan siang bersama di Ruang Stana Yudha Makodam IX/Udayana.

Senin, 20 Juni 2011

TNI dan Polisi Baksos di Kuta

Editor Kapt Inf Teguh HW
21 Juni 2011

Beberapa satuan militer dan Polsek Kuta melaksanakan karya bhakti sosial membersihkan pantai Kuta dari sampah. Satuan militer yang terlibat adalah Kompi “A” Raider 900/R, Kikavserdam IX/Udayana, Kodim 1611/Badung dan Koramil Kuta. Kegiatan karya bhakti ini mendapat respon positif dengan melibatkan satuan tetangga (polsek Kuta) dan unsur pemerintah daerah (bendesa adat Kuta), satgas pantai, pedagang acung dan penjual jasa di sekitar Kuta.

Kegiatan yang terlihat meriah ini mendapat respon dari pengunjung dan masyarakat sekitar sehingga turut terlibat dalam kegiatan ini. Karya bhakti ini bertujuan stimulan dari segala permasalahan yang kerap terjadi di pantai Kuta seperti masalah kebersihan, permasalahan keamanan, dan antisipasi terorisme.

Setelah karya bhakti, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Kapolsek Kuta didampingi bendesa dan kepala satgas pantai Gusti Agung Tresna. Pengarahan ditujukan kepada seluruh pedagang acung sebagai orang yang selalu setiap saat ada di sekitar pantai dengan harapan turut membantu menjaga dan mengantisipasi tindak kriminal. Apalagi akhir-akhir ini terjadi pencurian barang milik tamu. Oleh karena itu, pedagang diminta ikut peduli menjaga keamanan, kebersihan dan antisipasi terorisme.

TIM WASRIK ITJENAD KE JAJARAN KOREM 162/WB

Editor Kapt Inf Teguh HW
21 Juni 2011

Tim Wasrik Itjenad dengan Ketua rombongan Letkol Inf Rizerius Eko Hadi jabatan Irdya-4/khusus Itintel dibantu 3 orang anggota antara lain Letkol Cba Mursito Budi U jabatan Irdya-1/Bek Itlog, Letkol Inf Riduan jabatan Irdya-4/Binwatpers Itpers dan Letkol Chb Drs Untung SB jabatan Kabag Anev Set Itjenad berkunjung ke satuan-satuan di jajaran Korem 162/Wira Bhakti kemarin, Senin (20 /6).

Pada saat itu, Tim Wasrik langsung bertolak menuju Kab Lombok Timur untuk melaksanakan uji petik di Kodim 1615/Lotim yg meliputi materi kesamaptaan, menembak jatri dan pelatihan Wanra selanjutnya Tim Wasrik menuju Makorem 162/WB untuk memeriksa staf Korem 162/WB dan satuan Disjan jajaran Korem 162/WB (Ajenrem, Den Pom, Den Pal, Den Hub dan Den Zibang), pemeriksaan administrasi meliputi penyelenggaraan Progja TA 2011 serta menindaklanjuti hasil temuan AHP TA 2010, di Korem 162/WB rombongan diterima langsung Danrem 162/WB, Kolonel Inf Heru Suryono,S.IP.

Hari ini (21/6) pemeriksaan dilanjutkan ke satuan Denkesyah, Den Bekang dan meninjau rehab Denhubrem.

Kesdam IX/Udayana Orientasi CPNS Baru Tahun 2011

Editor Kapt Inf Teguh HW
21 Juni 2011

Kesdam IX/Udayana menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru untuk Gel I tahun 2011 ini sebanyak dua puluh enam orang terdiri dari tiga orang CPNS Gol IIIb dan dua puluh tiga CPNS Gol IIc di di Ruang Rapat Makesdam IX/Udayana sejak hari Minggu (19/6) lalu dan masih berlanjut hingga sekarang.

Wakakesdam IX/Udayana LetKol Ckm dr. I Wayan Buana, Sp. B dalam penyampaiannya kepada CPNS baru bahwa pembekalan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang tugas masing-masing sehingga dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas di Kesdam IX/Udayana.

Untuk jadwal masa orientasi dan pembekalan diatur oleh Urlat Makesdam IX/Udayana, semua seksi memberikan pembekalan tentang pengetahuan di bidang masing-masing, diantaranya dari seksi Kesprev, Kesmil, Keskureh, Tuud, Matkes,Minlog, Urpers dan dari Denkeslap Kesdam IX/Udayana. Sebagai Pembekalan akhir adalah oleh Wakakesdam IX/Udayana

Kendala TNI Dalam Menjaga Perbatasan














Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serda Dewa A
21Juni 2011

Komandan Korem 161/Wira Sakti Kupang, Kolonel Inf Edison Napitupulu, mengatakan TNI akan terus membenahi infrastruktur pendukung personel yang bertugas di wilayah perbatasan Nusa Tenggara Timur. "Infrastruktur pendukung yang sangat dibutuhkan prajurit di perbatasan saat ini adalah komunikasi dan air bersih,".
Beliau mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan seputar perhatian TNI terhadap infrastruktur bagi personel yang bertugas di wilayah perbatasan antara Nusa Tenggara Timur dan Timor Leste pada acara silahturahmi dengan wartawan di Kupang, Senin, (20/6). Para prajurit yang bertugas di wilayah perbatasan Nusa Tenggara Timur dan Timor Leste umumnya masih menghadapi berbagai persoalan hidup. Selain tempat tinggal, masalah utama mereka adalah air bersih dan tidak bisa akses komunikasi dengan dunia luar.
Di pos perbatasan Haumeni Ana misalnya tidak ada air bersih, sehingga para prajurut harus mencari air ke pulau seberang dengan menggunakan perahu karet. Selain itu, di pos Maliana punya persoalan lain lagi. Di daerah ini tidak ada sinyal telepon sehingga para prajurit tidak bisa berkomunikasi dengan keluarga atau mengirim informasi cepat jika ada kejadian di perbatasan kepada Komando. Kekurangan ini mempersulit para prajurit untuk menjaga perbatasan, papar Danrem.
"Khusus masalah komunikasi kami telah mengajak petugas dari Telkomsel untuk melakukan survei ke lokasi tetapi kemungkinan baru bisa dibangun BTS pada November mendatang," katanya. Menurut Danrem, masih banyak kekurangan yang dihadapi para prajurit, tetapi secara perlahan akan terus dibenahi agar dapat mempermudah masyarakat berkomunikasi dengan dunia luar sekaligus mendukung tugas TNI untuk menjaga perbatasan pulau teluar indonesia.
Kedepan nanti mereka yang bertugas di wilayah perbatasan bisa dengan mudah mendapat akses air bersih maupun komunikasi dengan dunia luar, demikian harapan Danrem.

Minggu, 19 Juni 2011

UPACARA PENUTUPAN DIKTUKBA TNI AD TAHAP II KECAB. INFANTERI TA 2011
















Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serda Dewa A.
20 Juni 2011

Sebanyak 189 orang mantan Bintara Siswa Diktukba TNI AD Tahap II Kecabangan Infanteri TA 2011 secara resmi telah dilantik menjadi seorang Bintara Infanteri melalui Upacara Penutupan Pendidikan yang dilaksanakan di Satdik Dodiklatpur-Pulaki. Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wadan Rindam IX/Udayana, Letkol Inf Agus Arif Fadila, S.IP selaku Inspektur Upacara menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh mantan Bintara Siswa karena telah melaksanakan pendidikan dengan baik. ( sabtu 18/11)
Pangdam IX/Udayana juga berpesan agar seluruh mantan Bintara siswa dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan di Satuan nantinya, karena peran seorang Bintara khususnya seorang Komandan Regu (Danru) di Satuan Infanteri sangat besar dalam mendukung tugas pokok, disamping menjadi unsur pimpinan setingkat regu, Bintara juga merupakan jembatan penghubung antara anggota dengan pimpinan yang lebih tinggi di Satuannya dalam mewujudkan kinerja satuan yang lebih optimal.
Kodam IX/Udayana telah melantik prajurit-prajurit sebagai pelindung bangsa yang sudah dilatih dan di didik agar mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai prajurit. Prajurit-prajurit ini tidak hanya dilatih bertempur namun di doktrin sebagai pengayom masyarakat, yaitu melaksanakan tugas pokok TNI Operasi Militer Selain Perang (OMSP).
Upacara dihadiri oleh Aspers Kasdam IX/Udayana yang diwakili oleh Pabandadik, Mayor Inf Ghasim, para Kabag, Dansatdik, Katim Gumil, Kadep dan Kasi Rindam IX/Udayana serta Dinas/Jawatan Kodam IX/Udayana maupun Polri dan tokoh masyarakat disekitar Dodiklatpur-Pulaki

Secata Rindam IX/Udy Pelopori Pembuatan Kompos

Editor Kapt Inf Teguh HW
20 Juni 2011

Secata Rindam IX/Udayana berinovasi dengan memanfaatkan sampah organik menjadi Pupuk kompos. Ide ini muncul dari Dansecata Rindam IX/Udayana, Letkol Inf Ujang Darwis, MDA. Pembuatan kompos ini mulai dirintis pada pertengahan bulan Mei sampai saat ini (20 Juni 2011). beliau berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

Dalam kegiatan tersebut secara serentak seluruh warga Secata Rindam IX/Udayana bergumul dengan sampah dan kotoran ternak (bahan baku kompos) untuk selanjutnya diolah menjadi pupuk kompos yang siap pakai. Ditengah tengah anggota yang sedang bekerja, Letkol Inf Ujang Darwis, MDA. mengatakan tidak akan menutup diri bagi siapapun , “Silakan datang ke Secata untuk bekerja sama dengan kami dalam hal pembuatan kompos”. Ingat seseorang yang dalam benaknya tertanam hasrat ingin maju, maka tatkala ia melihat air kemudian lahir niat akan diubah menjadi ikan, melihat sampah akan diubah menjadi kompos dan melihat lahan kosong akan diubah menjadi lahan usaha. Tidak ada waktu yang terbuang percuma, semuanya berharga dan hidupnya juga akan dihargai oleh Tuhan Yang Maha Esa. Apabila setiap Prajurit punya rasa ini “ Saya yakin TNI AD lebih khusus satuan ini akan maju dengan pesat”. Demikian pesannya disela-sela Proses pembuatan Kompos di Secata Rindam IX/Udayana.

PRAJURIT DAN PNS JAJARAN KOREM 161/WS MENGIKUTI BINTAL TERPADU
















Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serda Dewa A.
20 Juni 2011

Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Korem 161/Wira Sakti menggelar kegiatan Pembinaan Mental secara Terpadu. Kegiatan ini diikuti oleh prajurit dan pegawai negeri sipil jajaran Korem 161/WS yang berada di kota Kupang dan di satuan Brigif 21 Komodo Camplong oleh Tim Bintal Terpadu Kodam IX/Udayana yang diketuai oleh Mayor Inf Maspilu, S.Ag (Kasirohis Bintaldam IX/Udayana). ( Senin, 20/11)
Komandan Korem 161/WS dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kasipersrem Letkol Inf Leo Handoko mengatakan bahwa Bintal Terpadu merupakan bagian dari pembinaan personel TNI AD khususnya dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menumbuhkan motivasi dan etos kerja, tidak kenal menyerah, peningkatan toleransi hidup beragama antara teman dan lingkungan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas prajurit dan PNS TNI-AD yang semakin kompleks.
Mayor Inf Maspilu, S.Ag dalam ceramahnya yang bertema “Tinjauan Pembinaan Mental Terhadap Motivasi Etos Kerja Prajurit” Diuraikan bahwa manusia ciptaan Tuhan paling sempurna tapi lemah karena tunduk dan taat kepada Tuhan sebagai sang pencipta. Tujuan Tuhan menciptakan Manusia adalah untuk mengabdi dan beribadah kepada Nya, bekerja untuk memenuhi kehidupan yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan dalam menghadapi setiap tantangan maupun ujian dengan kesabaran dan harapan yang diinginkan adalah hidup sukses.
Sedangkan etos kerja prajurit yang ideal adalah memiliki kemantapan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, mempunyai kesadaran untuk mengabdi sesuai golongannya, tingkat disipilin dan loyalitas terhadap perintah dengan baik, memiliki ketanggapan dan kepedulian terhadap tugas yang menjadi tanggung jawabnya dan terbina jiwa korsa antar sesama dalam hal kebaikan.

Kamis, 16 Juni 2011

KODIM 1623/KARANGASEM SOSIALISASIKAN UU NO. 2 TAHUN 2002








Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serma Bambang sutejo
17 Juni 2011

Dandim 1623/Karangasem memimpin kegiatan Pembukaan Sosialisasi Undang-Undang Nomor. 2 Tahun 2002 bertempat di Dusun Kebun Bukit Karangasem (Pura Jati Wantilan), Kamis (16/6). Sebagai pembicara dalam sosialisasi tersebut adalah Kakumdam IX/Udayana Letnan Kolonel CHK Drs. I Made Kantika, SH.MH beserta 1 orang anggota stafnya Kapten CHK Luter Tarigan, SH.
Dalam sambutanya, Kakumdam IX/Udayana menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi yang diselenggarakan Kodim 1623/Karangasem adalah memberikan pemahaman bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara melalui pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar prajurit TNI sukarela atau wajib serta pengabdian propesi sesuai dengan implementasi Undang-Undang No.3 Tahun 2002 pasal 9 dibidang pertahanan negara untuk dilaksanakan dan dipedomani oleh semua instrumen penyelenggara pertahanan negara sesuai peran, fungsi dan tugas di bidang pertahanan negara khususnya.
Lebih jauh Kakumdam menegaskan, pada tanggal 8 Januari 2002 telah diundangkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara sebagai pengganti dari Undang-undang nomor 20 tahun 1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan Negara Republik Indonesia. Adapun yang mendorong lahirnya Undang-undang nomor 3 tahun 2002 tersebut sangat berkaitan dengan keberadaan TNI sebagai sebuah institusi yang selalu dinamis dan responsif terhadap perubahan sejak kelahirannya hingga kini senantiasa melakukan perubahan dan penyempurnaan.
Hadir pada acara sosialisasi tersebut adalah Kasdim 1623/Karangasem, Para tokoh agama, Tokoh masyarakat dan warga masyarakat di sekitar daerah tersebut.




Pangdam IX/Udayana: Irup Upacara 17-an Juni di Lapangan Prajarakc’aka








Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serda Dewa A
17 Juni 2011

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Leonard memimpin upacara bendera tujuh belasan yang bertempat di Lapangan Prajarakc’aka Kepaon, Jumat (17/6). Hadir dalam acara tersebut Kasdam, Irdam, Danrem 163, Asrendam, para Asisten Kasdam, Perwira staf Ahli, LO AL, LO AU, para Dan/KA satuan jajaran Kodam IX/Udayana, Danlanal Denpasar serta Dan Lanud Ngurah Rai.
Pada upacara bendera tersebut, Pangdam IX/Udayana selaku inspektur upacara membacakan Amanat Panglima TNI yang menekankan kepada seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil agar mengingat Pancasila sebagai dasar Ideologi Negara dan Falsafah Bangsa mengandung tiga (3) macam nilai yaitu, Nilai Dasar, Nilai Instrumental dan Nilai Praksis.
Pada pertengahan bulan Juni ini, seluruh satuan di jajaran TNI segera menyusun laporan dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran untuk semester I secara bertanggung jawab, jujur, transparan, akuntabel dan tepat waktu. Hal tersebut sebagai realisasi dari komitmen TNI dalam Reformasi birokrasi, guna mendukung kebijakan pemerintah Clean Goverment dan Good Governance sebagaimana terdapat dalam pokok-pokok kebijakan Panglima TNI yang telah di tetapkan dalam Rapim TNI tahun 2011.
Tunjangan remunerasi yang diberikan oleh negara kepada seluruh prajurit TNI/PNS membawa konskwensi pada tuntutan peningkatan kinerja sebagai bentuk tanggung jawab kepada negara sebagai usaha adanya peningkatan hasil audit (BPK) terhadap laporan pelaksanaan program kerja dan anggaran TNI dari predikat “Wajar Dengan Pengecualian” di tahun 2010 menjadi predikat “ Wajar Tanpa Pengecualian ” di tahun 2011, demikian penekanan Panglima TNI.
Bertindak selaku Komandan upacara adalah Kapuskodal Kodam IX/Udayana dan penyelenggara upacara adalah Infolahta Kodam IX/Udayana.

Rabu, 15 Juni 2011

DANREM 162/WB MENINJAU LOKASI TMMD KE 86 DI KABUPATEN BIMA DAN LOMBOK TIMUR














Penerangan Kodam IX/Udayana

Editor Serda Dewa A.
16 Juni 2011

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke 86 yang dibuka secara serentak pada tanggal 1 Juni 2011 di dua wilayah jajaran Korem 162/WB yaitu di wilayah Kodim 1608/Bima dan Kodim 1615/Lombok Timur.

TMMD merupakan Program Lintas Sektoral dalam rangka meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam rangka mewujudkan Ketahanan Wilayah dari hakekat ancaman yang ada,kegiatan ini akan berlangsung selama 21 hari sedangkan upacara penutupannya direncanakan pada tgl 21 Juni 2011 oleh Bupati di wilayah masing-masing

Danrem 162/WB Kolonel Inf Heru Suryono,S.IP beserta rombongan meninjau langsung Prajurit dan masyarakat yang melaksanakan kegiatan TMMD ke 86 di Kab Bima dan Kab Lombok Timur, sebelum menuju lokasi sasaran fisik terlebih dahulu rombongan meninjau Posko TMMD untuk menerima paparan dari para Dandim, pada kunjungan tersebut hadir pula Bapak Bupati bersama staf Pemda terkait.

Danrem mengharapkan agar sasaran fisik yang sedang dikerjakan bisa selesai tepat waktu, disamping itu beliau juga menekankan kepada seluruh Prajurit dilapangan agar baik-baik dengan masyarakat dan jaga kesehatan selama melaksanakan kegiatan TMMD.

Di Kab Bima sasaran fisik TMMD antara lain pembuatan MCK, Pos Kamling, Pengecoran gang, pembuatan emperan dan plapon Masjid sedangkan di Kab Lombok timur sasaran fisiknya antara lain Rehab Musholla, pembuatan pos kamling, pembuatan rumah penduduk, pembuatan bak air dan MCK, pembukaan jalan baru sepanjang 1.200 m dan penimbunan badan jalan.

Editor Kapt Inf Teguh HW
16 Juni 2011

Wadan Rindam IX/Udayana, Letkol Inf Agus Arif Fadila, S. IP menerima Tim Dalwasdik Disjas AD yang dipimpin oleh Pgs. Kabagbindik Subdisbinfung Disjas AD, Mayor Arm Yasir dengan 4 orang anggota di ruang kerjanya. Dalam kesempatan tersebut Wadan Rindam didampingi Katim Gumil, Letkol Inf Ahksan Wijaya; Kabagum, Letkol Inf Drs. H.M Sinaga dan Kasiopsdik, Mayor Inf Suratman.

Tim Dalwasdik melaksanakan kunjungan resmi ke Rindam IX/Udayana untuk melaksanakan pengendalian dan pengawasan pendidikan khususnya bidang jasmani yang berkaitan dengan Dikbangspes. Juga, Tim Dalwasdik melihat langsung penyelenggaraan Tes Kesegaran Jasmani di Satdik Dodikjur Rindam IX/Udayana, Rabu (15/6) yang sedang menyelenggarakan Pendidikan Kejuruan Bintara Provost TA 2011 dengan jumlah siswa 20 orang di Lapangan Chandradimuka Rindam IX/Udayana bekerjasama dengan Depjas Rindam IX/Udayana.
Editor Kapt Inf Teguh HW
16 Juni 2011

Kesejahteraan masyarakat mempunyai hubungan yang erat dengan pertahanan negara. Pertahanan negara akan terbangun kuat salah satunya bila masyarakatnya sejahtera. Disamping itu masyarakat yang sejahtera dapat dijadikan sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung yang handal dalam Sistem Pertahanan Semesta. Demikian penyampaian Mayor Inf Slamet yang menjabat sebagai Wadan Satgas Pamtas RI-RDTL disela-sela tugasnya menjaga perbatasan Timor Barat sepanjang 268.8 Km.

Dengan melihat realita kondisi Provinsi NTT dimana saat ini secara ekonomi masyarakatnya masih jauh tertinggal karena minimnya sarana kesehatan, pendidikan, jaringan komunikasi dan informasi serta lemahnya pemberdayaan ekonomi kawasan perbatasan sehingga secara umum tingkat kesejahteraan masyarakat masih rendah dan masih terisolasi dari arus transportasi dan informasi. Hal tersebut perlu menjadi perhatian serius mengingat secara geostrategis wilayah perbatasan darat NTT (RI) dengan Timor Leste mempunyai peranan penting dari aspek Ipoleksosbudhankam.

Kemiskinan. Kemiskinan menjadi permasalahan yang terjadi di perbatasan dan banyak mewarnai kehidupan masyarakat yang dapat dilihat dari tingginya jumlah keluarga pra sejahtera. Hal ini disebabkan oleh rendahnya sumber daya manusia, rendahnya produktivitas masyarakat dan belum optimalnya pemanfaatan sumber daya alam.

Sebagian besar kawasan perbatasan merupakan kawasan yang tertinggal dengan sarana prasarana sosial ekonomi terbatas. Akibatnya, wilayah perbatasan ini menjadi tidak tersentuh dinamika pembangunan dan masyarakatnya menjadi miskin. Untuk itu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan dapat dilakukan dengan cara : Percepatan penyelesaian sengketa di beberapa wilayah, menjalankan kebijakan dan strategi penataan ruang kawasan perbatasan NTT-RDTL, penyusunan program pembangunan perbatasan secara komprehensif dan integral, pembangunan ekonomi dan percepatan pertumbuhan perekonomian perbatasan berbasis kerakyatan, meningkatkan SDM berkualitas dengan sistem pendidikan berwawasan kebangsaan, pembangunan dan pengembangan prasarana dan sarana jaringan jalan sepanjang perbatasan darat Provinsi NTT-RDTL, membentuk kawasan khusus sebagai kawasan Green Defend dan mewujudkan sabuk pengaman serta peningkatan sarana prasarana pengamanan perbatasan dan pembangunan pangkalan militer di dekat perbatasan.

Sertijab Dandim 1609 Dihadiri Unsur Muspida














Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Kapt Inf Teguh HW
16 Juni 2011

Sertijab Dandim 1609/Buleleng diserahterimakan dari Letkol Inf Suhardi kepada Letkol Inf Nugroho Dwi Hermawan di Makodim Buleleng dan dihadiri oleh unsur muspida Buleleng serta Pimpinan SKPD Pemkab Buleleng , Rabu (15/6) kemarin.
Letkol Inf Suhardi yang nantinya menjabat posisi baru sebagai Wakil Inspektorat Kopassus di Cijantung, Jakarta, menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh lapisan masyarakat Buleleng jika dalam melaksanakan tugas terdapat perbuatan, tindakan dan ucapan yang kurang berkenan. Ucapan terima kasih pula disampaikan kepada unsur pimpinan Buleleng dan masyarakat atas kerjasamanya dan memohon doa restu dalam pelaksanaan tugas selanjutnya.
Dalam kesempatan tersebut Letkol Inf Suhardi menyampaikan pandangannya dalam acara ramah tamah bahwa Pancasila sebagai dasar Negara harus selalu ditegakkan dan tidak boleh ditinggalkan. Untuk itu, sebagai TNI, dimanapun harus melakukan tindakan tegas jika ada pihak-pihak yang mencoba menghilangkan Pancasila dari NKRI. Juga, NKRI harus diamankan karena NKRI adalah harga mati.

Senin, 13 Juni 2011

Pangdam IX/Udayana Gelar Coffee Morning dengan Insan Pers Se Bali








Penerangan Kodam IX/Udayana
Tanggal : 14 Juni 2011

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Leonard menggelar acara Coffee Morning dengan Insan Pers Media Cetak dan Elektronik, bertempat di Ruang Sthana Yudha Makodam IX/Udayana, Jl. Udayana No.1, Denpasara-Bali, Selasa (14/6).

Acara tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan diri secara lebih dekat berkaitan dengan Pangdam IX/Udayana yang baru menjabat selama kurang lebih dua pekan tersebut kepada para awak media yang hadir dengan harapan dapat mempererat hubungan tali silaturahmi antara Kodam IX/Udayana dengan insan pers di Wilayah Bali dan Nusa Tenggara sehingga tercipta kerjasama yang baik dan hubungan yang harmonis dalam rangka membangun kesamaan visi guna menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Acara tersebut juga dilengkapi dengan forum tanya jawab antara Pangdam IX/Udayana dengan awak media yang berkaitan dengan isu yang terkini dapat berlangsung dengan penuh keakraban.

Demi terjalinnya komunikasi yang baik antara Insan Pers dengan Kodam IX/Udayana, maka kepada Wartawan diharapkan tidak segan-segan menghubungi pejabat Kodam IX/Udayana yang berhak memberikan keterangan Pers untuk meminta informasi dan mengkoordinasikan setiap pemberitaan yang terjadi khususnya yang menyangkut TNI di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, agar berita tersebut akurat dan dapat dipertanggung jawabkan, harap Pangdam IX/Udayana.

Acara Coffee Morning tersebut dihadiri oleh Kasdam IX/Udayana,Danrem 161/Wira Sakti,Danrem 163/Wira Satya,Asrendan IX/Udayana para Asisten Kasdam IX/Udayana, para Staf Ahli Kodam IX/Udayana, LO Angkatan laut, Danpomdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Kakumdam IX/Udayana, Kasi Intel Korem 163/Wira Satya, Dandim 1611/Badung, Dandeninteldam IX/Udayana dan Kapenrem 163 /Wira Satya. Sedangkan dari insan pres hadir Ketua PWI Bali, Ketua KPID Bali, Dewan Kehormatan PWI Bali, Dewan Pers Bali, para Pimpinan Kepsta televisi dan Pimred media cetak serta para wartawan dan kameramen dari media cetak dan elektronik serta undangan lainnya.


Taklimat Awal Tim Wasrik Itjenad Di Kodam IX/Udayana








Pendam IX/Udayana
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Leonard membuka Taklimat Awal Wasrik Tim Itjenad bertempat di Ruang Erlangga Makodam IX/Udayana Pkl. 09.00 Wita, Selasa (14/6). Hadir dalam acara tersebut, Kasdam IX/Udayana, Irdam, Arsendam, Para Asisten Kasdam dan Para Kabalak Kodam IX/Udayana.

Mengawali sambutannya, Pangdam IX/Udayana mengucapkan selamat datang kepada Tim beserta rombongan. Dengan harapan semoga pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan nantinya dapat berjalan lancar sesuai rencanayang telah ditetapkan.

Lebih lanjut Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa dalam menjalankan Program Kerja Kodam IX/Udayana senantiasa berusaha untuk mencapai hasil yang optimal. Namun demikian, dalam pelaksanaannya masih menemui kendala kondisi geografis yang memiliki perbedaan karakteristik serta terdiri dari pulau-pulau tersebar. Selain itu, Kodam IX/Udayana wilayahnya berbatasan langsung dengan dua negara.

Kondisi tersebut memerlukan perhatian ekstra demi terwujudnya stabilitas keamanan. Belum lagi Bali dan Nusa Tenggara Barat merupakan daerah tujuan wisata domestik maupun internasional, sehingga kegiatan non program seperti kegiatan protokoler dan pengamanan tamu-tamu negara harus juga diperhatikan. Namun demikian, Komando dengan segenap perangkat yang dimiliki selalu berupaya melakukan berbagai inisiatif dan prakarsa dengan satu tujuan untuk melaksanakan Program Kerja agar lebih berdaya guna dan berhasil guna, terang Pangdam.

Di akhir sambutanya, Pangdam IX/Udayana meminta kepada seluruh para Perwira Staf, Komandan Satuan dan Kepala Badan Pelaksana agar hasil temuan pemeriksaan baik yang bersifat konstruktif ataupun yang bersifat korektif agar dijadikan acuan untuk bekerja lebih baik guna menghasilkan kinerja yang transparan dan akuntabel.




Kodim 1619 Bangun Kantor Perbekel Desa Dajan Puri Bersama Masyarakat

Editor Kapt Inf Teguh HW
14 Juni 2011

Dandim 1619/Tabanan Letnan Kolonel Inf Ketut Gede Wetan Pastiya bersama personelnya membantu masyarakat Desa Dajan Puri Tabanan membangun balai desa atau Kantor Perbekel Desa pada hari Senin (13/6) kemarin. Kegiatan ini melibatkan pula personel Polsek Marga.

Pembangunan Kantor Perbekel Desa Dajan Puri ditanggapi positif oleh Dandim Tabanan setelah Perbekel Desa marga Dajan Puri, Made Rasma meminta bantuan untuk membantu pembangunannya. Hal ini membuktikan bahwa personel Kodim 1619/Tabanan dapat diterima masyarakat sekaligus gambaran bahwa hubungan dan kemitraan dengan masyarakat berjalan dengan baik khususnya di masyarakat Dajan Puri.

Sejak pemekaran dari Desa Marga, Marga Dajan Puri belum memiliki kantor perbekel dan pelayanan kepada masyarakat masih menggunakan bekas mess SD sehingga dirasa perlu untuk membantu pelayanan publik tentu saja baik langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan tugas kerja bidang teritorial terutama bagi personel di lapangan.

Minggu, 12 Juni 2011

Pangdam IX/Udayana Diwakili Irdam Terima Tim Dalprog Terpadu TNI AD Tahap I









Pendam IX/Udayana
Editor : Serma Bambang Sutejo
Tanggal : 13 Juni 2011

Asisten Perencanaan Kodam IX/Udayana mewakili Pangdam IX/Udayana memimpin acara penerimaan Tim Dalprog Terpadu TNI AD Tahap I TA. 2011 bertempat di Ruang Erlangga Makodam IX/Udayana, (13/6). Hadir dalam acara tersebut Irdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Perwira Staf Ahli, LO AL dan LO AU serta para Dan/Ka satuan jajaran Kodam IX/Udayana.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Irdam IX/Udayana, Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa kunjungan Tim Dalprog Terpadu Tahap I merupakan salah satu wujud pelaksanaan fungsi pengendalian terhadap pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TNI AD yang dicapai sampai dengan akhir Semester I TA. 2011.

Kodam IX/Udayana dalam menjalankan program kerjanya senantiasa berupaya mencapai hasil yang maksimal, namun dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan masih menemui kendala klasik yang disebabkan oleh kondisi geografis wilayah Kodam IX/Udayana serta terdiri dari beberapa pulau besar dan kecil yang tersebar sehingga menyebabkan kesulitan di bidang transportasi.

Salah satu cara mengantisipasi serta memperlancar pelaksanaan program kerja, Kodam IX/Udayana berupaya untuk melaksanakan program dan anggaran semaksimal mungkin agar tidak melampaui waktu yang telah ditentukan dengan menyiapkan rencara pelaksanaan kegiatan dengan sebaik-baiknya dan mengkoordinasikan antara Waslakgiat dan Kalakgiat, terang Pangdam.

Di akhir sambutanya, Pangdam memberikan penekanan kepada para pejabat di jajaran Kodam IX/Udayana agar dapat memanfaatkan kesempatan kunjungan Tim Dalprog Terpadu TNI AD Tahap I ini untuk mendapatkan arahan sebagai pedoman dan acuan bagi masing-masing satuan dalam rangka perbaikan pelaksanaan program kerja selanjutnya.

DANREM 161/WS BUKA PENCANANGAN KB KES BKKBN DAN TNI TA. 2011














Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serda Dewa A
13 Juni 2011

Komandan Korem 161/WS Kol Inf E. Napitupulu bertindak sebagai inspektur upacara pada pencanangan Bhakti Sosial KB Kes BKKBN dan TNI tingkat Provinsi NTT Tahun 2011 pada Kamis (07/06/2011) yang bertempat di Lapangan umum Kelurahan Teunbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BKKBN Provinsi NTT, Ketua PKK Kabupaten Kupang, Para Kepala SKPD Kabupaten Kupang, Para Camat, Lurah/Kepala Desa, tokoh agama, tokoh adat, organisasi pemuda dan Masyarakat serta para Dan/Ka Satuan Balak Aju jajaran Korem 161/Wira Sakti.
Dalam sambutanya, Danrem mengatakan bahwa berdasarkan data yang ada, jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 237 juta jiwa dengan penambahan berkisar 3-4 juta jiwa setiap tahunnya. Jumlah tersebut tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan berbagai masalah sosial jika tidak diimbangi dengan peningkatan pembangunan.
Selanjutnya keterlibatan TNI (Korem 161/WS) dalam pembangunan kependudukan dan keluarga berencana juga sesuai dengan apa yang diamanatkan dalam undang-undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, khususnya dalam pasal 7 dijelaskan bahwa TNI bertugas dalam dua tugas pokok yaitu melaksanakan operasi militer untuk perang (omp) dan operasi militer selain perang (omsp). Salah satunya membantu pelaksanaan program-program pemarintah.
Diharapkan dengan kegiatan pencanangan Bhakti sosial KB Kes dapat berdampak positip dan membuahkan hasil pada tahun-tahun ke depan sehingga impian keluarga sejahtera, sehat, mandiri dengan 2 anak lebih baik dikalangan pegawai, prajurit dan masyarakat dapat terwujud.

Kamis, 09 Juni 2011

Dandim 1611 Badung Serap Aspirasi Warga Kuta










Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serda Dewa A
10 Juni 2011

Dandim 1611/Badung Letkol Inf Arman Dahlan berkunjung langsung bertemu dengan Ketua Satgas Kuta, I Gusti Ngurah Tresna dan tokoh-tokoh lainnya seperti Lurah Kuta, Bendesa Adat Kuta, Pengelola Pantai Desa Adat Legian (PPDAL), LPM Kuta dan LPM Legian untuk menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat berkaitan dengan merebaknya kasus kejahatan yang menimpa para wisatawan di Kuta.
Menanggapi aspiras tersebut Dandim Badung berjanji menjembatani untuk menyampaikan kepada Pemkab Badung dan DPRD Badung selain mengintensifkan patroli bersama untuk menjaga keamanan khususnya di wilayah Kuta.
Dandim Badung berharap dengan acara sharing tersebut kedepan akan tercipta keamanan dan ketentraman karena masalah keamanan harus ditangani secara bersama melibatkan seluruh komponen masyarakat. Dandim menyampaikan “jangan sampai ketika ada kejadian, jangan lambat berkoordinasi dengan kami, penanganan akan segera kami lakukan”.

Dandim Gianyar Sepakati Relokasi Koramil Payangan

Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Kapt Inf Teguh HW
10 Juni 2011

Dandim 1616 Gianyar Letkol Inf Yunianto dan Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Ruang Tamu Kantor Bupati Gianyar menyepakati relokasi Koramil Payangan untuk dijadikan rumah sakit rawat inap Tipe D dan Koramilnya ditempatkan di rumah jabatan Camat yang letaknya masih berdekatan dari lokasi tersebut.

Kantor koramil yang selama ini berada di tengah dua gedung UPT Kesmas Payangan dipindahkan ke rumah jabatan camat Payangan. Sementara kantor koraml yang berada di tengah gedung UPT Kesmas Payangan dijadikan satu dengan membangun gedung rawat inap Puskesmas Payangan.

Relokasi tersebut sebagai bentuk respon atas kebutuhan dan keinginan masyarakat Payangan untuk memlki UPT Kesmas. Respon ini berdasarkan pertimbangan kondisi geografis Kecamatan Payangan yang jauh dari rumah sakit yang sudah ada sebelumnya (Rimah Sakit Sanjiwani) di Gianyar.

Rabu, 08 Juni 2011








Pendam IX/Udayana
Edtor:Serma Bambang Sutejo
Tanggal 9 Juni 2011

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Leonard didampingi oleh, Aster Kasdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana dan Kabintaldam IX/Udayana menerima kunjungan Panitia Tablig Akbar Masjid Baiturrahman Denpasar, Kamis,9/6 betempat di Makodam IX/Udayana.

Dalam pertemuan tersebut Panitia yang diketuai oleh Haji Syafee Abdullah mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pangdam IX/Udayana untuk menerima kehadiran Panitia yang berjumlah 5 orang tersebut dan selanjutnya memperkenalkan Panitia yang hadir kepada Pangdam IX/Udayana.

Kemudian Haji Syafee Abdullah selaku ketua Panitia Tablig Akbar menyampaikan tujuan beraudiensi dengan Pangdam IX/Udayana adalah untuk memohon kehadiran Bapak Pangdam IX/Udayana sekaligus memberikan sambutan pada acara Tablig Akbar yang akan digelar pada tanggal 13 juni 2011 di Masjid Baiturrahman.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana mengungkapkan apresiasinya atas kegiatan tabligh akbar tersebut. Sebab forum seperti itu, pungkasnya, selain menjadi ajang silaturrami, juga menjadi sarana pembangunan kualitas dan akhlak umat. ”Mari tingkatkan hubungan silaturahmi dan komunikasi, serta ukhuwah islamiah yang mungkin sempat terputus, dan kita bangun solidaritas kemanusiaan yang kuat, sehingga tercipta masyarakat religius, bermartabat dan sejahtera di daerah ini, serta tercipta suasana yang kondusif, terang Pangdam IX/Udayana.

Wadan Rindam Tutup Pendidikan Kursus Raider

Editor Kapt Inf Teguh HW
9 Juni 2011

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Leonard yang diwakili oleh Wadan Rindam IX/Udayana, Letnan Kolonel Inf Agus Arif Fadila, S.IP menutup Pendidikan Kursus Raider Tahap I TA 2011 di Aula Ngurah Rai Rindam IX/Udayana yang dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2011 pkl 10.00 Wita.

Dalam amanat Pangdam IX/Udayana yang dibacakan oleh Wadan Rindam IX/Udayana mengucapkan selamat kepada seluruh Peserta Kursus karena telah berhasil mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Kursus Raider Tahap I yang diselenggarakan oleh Satdik Dodikjur Rindam IX/Udayana. Pangdam mengharapkan agar apa yang telah diperoleh selama mengikuti Kursus dapat meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan sekaligus menambah wawasan dalam rangka mengikuti Kursus Raider Tahap II yang akan diselenggarakan secara terpusat di Pusat Pendidikan Kopassus Batujajar-Bandung. Seluruh peserta (19 orang) yang berasal dari satuan jajaran Kodam IX/Udayana telah dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan Raiders Tahap II selama 2 bulan.

Wadan Rindam Buka Kursus Intelijen

Editor Kapt Inf Teguh HW
8 Juni 2011

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Leonard yang diwakilli oleh Wadan Rindam IX/Udayana Letkol Inf Agus Arif Fadila, S.IP membukaaan Pendidikan Kursus Kejuruan Bintara Intelijen Kodam IX/Udayana TA 2011 di Aula Ngurah Rindam IX/Udayana yang diselenggarakan Satdik Dodikjur Rindam IX/Udayana pada tanggal 6 Juni 2011 pkl 09.00 Wita.

Para Peserta Didik (Serdik) berasal dari satuan di jajaran Kodam IX/Udayana yang berjumlah 40 orang. Dalam Amanat Pangdam IX/Udayana yang dibacakan oleh Wadan Rindam IX/Udayana ditekankan kepada para Serdik agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh sehingga ilmu yang mendasar tentang fungsi intelijen dapat dikuasai oleh Peserta Didik. Pendidikan/kursus ini akan dilaksanakan selama 8 minggu dengan harapan mampu mencetak Bintara-Bintara intelijen yang profesional yang dapat menjadi mata dan telinga Komando/Satuan dalam mendeteksi secara dini setiap kemungkinan yang akan terjadi, khususnya berkaitan dengan masalah yang dapat menimbulkan keresahan atau instabilitas pertahanan di daerah penugasan masing-masing.

Pangdam IX/Udayana : Kunjungi Muspida Bali.








Penerangan Kodam IX/Udayana
Editor Serda Dewa A
Kamis, 9 Juni 2011

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Leonard berkunjung ke Kantor pusat pemerintahan Propinsi Bali menemui Gubernur Bali Made Mangku Pastika , Senin (6/6) . Pada kunjungan tersebut , Gubernur Bali dengan penuh kekeluargaan mengucapkan selamat bertugas kepada Pangdam IX/Udayana di wilayah Bali,dan selanjutnya memperkenalkan seluruh stafnya yang mendampingi dalam menerima kunjungan Pangdam IX/Udayana dan rombongan dengan maksud untuk mempererat tali silaturahmi sehingga tugas-tugas kedepan dapat dikoordinasikan dengan baik. Demikian pula sebaliknya Pangdam IX/Udayana secara bergiliran memperkenalkan Staf yang mendampinginya.

Pada hari yang sama, Pangdam juga berkunjung ke Kantor Polda Bali, Kejaksaan Tinggi,Pengadilan Tinggi dan Kantor DPRD Bali, Kunjungan tersebut juga dimaksudkan sebagai silahturahmi dan memperkenalkan staf-staf Kodam IX/Udayana yang baru sehingga akan mempermudah pelaksanan koordinasi didalam pelaksanaan tugas dan .sekaligus menyegarkan kembali serta mempererat jalinan kerjasama yang sudah terbangun selama ini.

Dalam kunjungan tersebut Pangdam IX/Udayana, didampingi oleh Asrendam IX/Udayana, Asintel Kasdam IX/Udayana, Asops Kasdam IX/Udayana, Aspers Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana dan Kapendam IX/Udayana.