Kamis, 16 Mei 2013

KODAM IX/UDAYANA MENGGELAR UPACARA 17-AN

Pendam IX/Udayana
17 Mei 2013
Editor Kapten Inf I Nyoman budiarta

Kodam IX/Udayana menyelenggarakan Upacara 17-AN di Lapangan Praja Raksaka Kepaon Kamis 17/5.

Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Pramono Edie Wibowo mengawali amanatnya yang dibacakan Irdam IX/Udayana Kolonel Inf Ratman Wiady, S.IP sebagai irup Upacara 17-AN menyampaikan terasa sangat istimewa, karena pada bulan ini juga KASAD akan menyerahkan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya kepada pejabat baru karena memasuki masa purna tugas sebagai Prajurit, pada kesempatan yang baik ini pula Kasad menyampaikan beberapa atensi, pesan dan harapan sekaligus berpamitan kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI Angkatan Darat.

Selanjutnya dalam amanatnya kasad menyampaikan bahwa pembngunan kekuatan, Kemampuan, dan gelar kekuatan TNI-AD sebagai komponen utama pertahanan negara di darat secara bertahap, Oleh sebab itu TNI-AD terus berupaya melakukan modernisasi Alutsista dan Transformasi untuk mewujudkan profesionalitas dan kesiapan TNI-AD dalam rangka menghadapi tuntutan tugas dan mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis. Berkaitan dengan itu Kasad berharap para staf perencana dan unsur pelaksana program agar mengoptimalkan pencapaian sasaran program yang telah ditetapkan untuk menuju perubahan yang lebih baik dapat dilanjutkan secara berkesinambungan. Berkenaan dengan pelanggaran hukum, disiplin dan tata tertib dilingkungan satuan jajaran TNI-AD telh ditindak lanjuti dan diproses secara cepat sesuai aturan hukum yang berlaku karena TNI AD memegang prinsip Bela yang benar, Hukum yang salah, Untuk itu Kasad mengharapkan kepada komandan satuan harus berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah pelanggaran di satuan dengan mengetahui setiap permasalahan anak buahnya secara terus menerus. Salah stu upaya yang dilakukan adalah dengan mengoptimalkan peran kepemimpinan lapangan secara hierarkis dan setiap unsur pimpinan harus benar-benar memahami dengan tepat apa yang menjdi tugasnya sehingga mampu membawa perubahan dan kemajuan positif serta prestasi yang membanggakan bagi satuannya. Mengingat gejolak sosial yang marak saat ini sering berujung anarkhis dalam amanatnya Kasad menekankan agar para unsur dansat di wilayah dapat membatu tugas pemerintah daerah di daerah untuk mencegah dan mengantisipasi gejolak tersebut, dengan dikeluarkanya Intruksi Presiden No 2 Tahun 2013 tentang penanganan gangguan keamanan dalam negeri TNI AD harus proaktif dn melakukan langkah-langkah antisipatif. Dengan payung Hukum tersebut Dansatkowil tidak perlu ragu ragu dan takut bertindak dan memberikan bantuan kepada Polri guna mencegh terjadinya konflik yang lebih luas ditengah masyarakat. 

Mengakhiri amanatnya Kasad menyampaikan bahwa ada dua kegiatan besar yang dilakukan TNI termasuk TNI AD yaitu TMMD Ke 90 yang secara serentak dibuka di 61 wilayah kabupaten di indonesia, selanjutnya kegiatan Latihan Gabungan TNI yang dilaksanakan di Jawa timur , Kalimantan Timur dan di Bima  NTB yang berakhir tanggal 24 Mei 2013 mendatang, Selanjutnya Kasad Berpesan berikan yang terbaik dan hanya yang terbaik untuk TNI AD, Bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara yang dihadiri para Asisiten Kasdam IX/Udayana, Para Kabalak Kodam IX/Udayana beserta seluruh Prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana Segarnesun Denpasar berjalan dengan lancar dan aman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar