Selasa, 08 Desember 2015

Kasdam IX/Udayana Lepas Kontingen Bela Diri Militer (Yong Moo Do) Kodam IX/Udayana.


Pendam IX/Udayana
8 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Hadi Kusnan mewakili Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI M Setyo Sularso, melepas Kontingen Bela Diri Militer  (Yong Moo Do ) Kodam IX/Udayana untuk mengikuti Kasad Cup ke-5 tahun 2015 Selasa (8/12) dalam suatu acara serimonial bertempat di Hall Makodam IX/Udayana.

Untuk di Indonesia Bela Diri Yong Moo Do belum sepopuler Bela Diri lainnya seperti Taekwondo, meskipun sama-sama berasal dari Korea Selatan. Yong Moo Do masuk ke Indonesia pada  tahun 2002 dan menjadi beladiri wajib di  lingkungan TNI Angkatan Darat sejak 2008.Seni Bela Diri Yong Moo Do ini menghandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam duel jarak dekat dengan menggunakan  tangan kosong dan sangat menjunjung tinggi sportifitas serta memiliki jiwa patriotism yang tinggi. Yong Moo Do saat ini mulai dikenal  masyarakat umum yaitu dengan berdirinya Federasi Yong Moo Do Indonesia (FYI), kemudian disosialisasikan kepada masyarakat umum di tahun 2012 dalam kegiatan roadshow ke sejumlah kota besar di Indonesia dengan memperagakan sejumlah jurus yang dilakukan oleh atlet Yong Moo Do penyandang gelar sabuk hitam.

Untuk kali ini  kejuaraan Nasional Bela Diri Yong Moo Do ke-5  tahun 2015 (Kasad Cup) ini akan diikuti oleh 20 kontingen dari  seluruh Kodam dan Kotama jajaran TNI-AD serta Pengurus Daerah (Pengda) Yong Moo Do diseluruh Indonesia termasuk Kontingen Kodam IX/Udayana. Tiap-tiap kontingen berjumlah 24 orang terdiri dari Official dan Pendukung 5 orang serta Atlet 19 orang (15 Pa dan 4 Pi). Dengan cabang pertandingan masing-masing Kelas perorangan Putra, Kelas perorangan Putri dan Kelas beregu Putra. Pada kesempatan tersebut Kasdam menyampaikan ucapkan selamat kepada seluruh prajurit yang mendapatkan kepercayaan untuk mewakili Kodam IX/Udayana dalam mengikuti kejuaraan BDM ( Yong Moo Do) Kasad Cup V TA 2015. Terpilihnya seluruh anggota kontingen sebagai duta Kodam IX/ Udayana tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Kebanggaan tersebut hendaknya dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan tekad untuk melakukan serta mempersembahkan prestasi terbaik bagi Kodam IX/ Udayana.

Untuk itu jadikan kebanggaan ini sebagai sumber motivasi dan pembangkit semangat juang dalam setiap pertandingan yang akan diikuti karena kejuaraan Bela Diri Militer ini merupakan momen yang sangat baik untuk mengangkat citra Kodam IX/Udayana dalam even yang berskala nasional maka diharapkan para peserta benar-benar mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki untuk meraih prestasi terbaik, cepat beradaptasi dengan lingkungan setempat sisa waktu yang ada  dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk berlatih agar kondisi tetap prima sehingga moril tetap terjaga dengan baik dan tidak timbul demam panggung ketika pertandingan berlangsung, serta selalu berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar disetiap pertandingan selalu diberikan keberhasilan, Demikian tegas Kasdam dalam mengakhiri sambutannya.

Hadir pada kesempatan tersebut Irdam IX/Udayana, Para Asisten, Perwira Liaison, para Kabalak dan sejumlah undangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar