Sabtu, 19 Desember 2015

Kodam IX/Udayana Peringatan Hari Infanteri Tahun 2015


Pendam IX/Udayana
19 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Upacara peringatan Hari Infanteri Tahun 2015 untuk wilayah Bali pelaksanaannya dipusatkan di Taman Pahlawan Pujaan Bangsa Margarana, pada Sabtu (19/12),  Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigadir Jenderal TNI Hadi Kusnan bertindak sebagai Inspektur upacara, mewakili Pangdam IX/Udayana.

Infantri sebagai Korp terbesar dilingkungan Angkatan Darat tumbuh dan berkembang tidak terlepas dari sejarah perjuangan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa Agresi Militer Belanda II yang terjadi pada tanggal 19 Desember 1948 dimana Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat yang ditujukan kepada Angkatan Perang Republik Indonesia untuk melawan musuh dengan melaksanakan Perang Rakyat Semesta. Bentuk dan siasat pertempuran dengan menggunakan taktik dan strategi Prajurit Infanteri. Dengan latar belakang sejarah ini maka tanggal 19 desember ditetapkan sebagai Hari Infanteri.

Pada kesempatan peringatan Hari Infanteri ini Kasdam IX/Udayana sebagai Inspektur upacara menbacakan Amanat Danpussenif Kodiklat TNI AD menyampaikan, dengan melihat latar belakang ditetapkannya hari Infanteri maka peran serta, tugas dan fungsi TNI AD khususnya prajurit Infanteri tidak dapat dipidahkan dengan  masyarakat sekitarnya, kebersamaan dengan rakyat menjadi bagian penting dan strategis dalam mendukung pencapaian tuntutan profesionalisma prajurit dan satuan Infanteri.
Hal ini sangat selaras dengan tema yang diusung kali ini yaitu “ Dilandasi Semangat Yudha Wastu Pramukha Kita Tingkatkan Profesionalisme, Militansi Dan Soliditas, Bersama Rakyat Sebagai Landasan Kekuatan Bela Negara Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AD”.

Tema ini juga mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan Infanteri untuk menjadi professional, Modern dan militan sebagai petarung yang handal dalam pertemputran. Makna tema ini juga memancarkan semangat pengabdian dan perjuangan tanpa akhir untuk terus memperkokoh kemanunggalannya dengan rakyat serta membangun sinergitas dengan segenap komponen bangsa lainnya sebagai kekutan bela Negara dalam sistem Pertahanan Semesta. Upacara ini dihadiri oleh para pejabat Teras Kodam IX/Udayana, Irdam, para Asisten, para Perwira Ahli, Perwira Liaison, para Kabalak Kodam IX/Udayana dan sejumlah undangan lainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar