Jumat, 25 Desember 2015

Perayaan Maulud Nabi Muhammad S.A.W Tahun 2015 di Kupang secara Tradisional

Pendam IX/Udayana
25 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta


Danrem 161/WS Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., menghadiri perayaan Maulud Nabi Muhammad S.A.W. Tahun 2015 yang dirayakan secara, tradisional, Rabu (23/12) bertempat di Masjid Agung Al' Baitul Qadim Airmata di Jalan Trikora No 29 Kelurahan Air Mata, Kecamatan.Kota Lama, Kupang.

Tema perayaan kali ini, yaitu "Sripuan Simbol Cinta Kasih,Serta Toleransi Antar Umat Beragama Menuju Kota Kasih dengan Sub Tema " Benang Merah Kebudayaan Melayu Antara Bangka Belitung dan Kota Lama Kupang NTT " yang dihadiri  oleh Kadis Pariwisata Bangka BelitungbTajudin SH, mewakili Gubernur Bangka Belitung, Danrem 161/WS Brigjen TNI Heri Wiranto S.E.M.M, Ketua DPRD Provinsi NTT Anwar Pua Geno, Walikota Kupang Drs.Jhonas Salean SH.M. Si, Dandim 1604/Kupang Letkol Inf Subar , Kepala B2KP H Husaen, Ketua MUI Provinsi .NTT H. Abdul Makarim, Pimpinan SKPD Kota Kupang, Forkopimda Kota Kupang, para Imam Masjid Kota Kupang,Tokoh Melayu Kupang Burhan Mustafa serta diikuti sekitar 600 orang jemaah.

Adapun rangkaian kegiatan  diawali dengan pelepasan pawai Sripuan dari Masjid Al-Ikhlas Bonipoi menuju Masjid Al-Baitul Qadim Air Mata dan laporan ketua Panitia  H.Musa Imran. Dalam sambutannya tokoh Melayu Kota Kupang  Burhan Mustafa berterimakasih kepada Pemkot Kupang atas dukungan penuh terhadap kegiatan ini, dan ini merupakan kali pertama Perayaan Maulid Nabi Muhamad Kaum Muslim mendapatkan dukungan penuh dari Pemkot Kupang, ini menunjukan kepemimpinan yang mempunyai toleransi yang tinggi.  Dikatakan juga bahwa Kota Kupang dengan Bangka Blitung mempunyai sejarah panjang sehingga tali silaturahmi antara kedua daerah tetap terjalin.

Perayaan kali ini melibatkan 5 Masjid yang ada di Kota Kupang yakni Masjid Namosain, Masjid Kelapa Lima, Masjid Kampung Solor, Masjid Bonipoi, Tasbatan dan Masjid Air Mata. Sementara  WaliKota Kupang  Jonas Salean SH.M.Si., dalam sambutannya mengatakan,  pemikiran kami sebagai Pemerintah terbentuknya acara Maulid kali berawal ketika saya menghadiri acara Maulid pada tahun lalu sehingga kami menggagaskan acara dengan menggabungkan  5 Masjid secara terpusat dan ini merupakan awal dari gagasan kami. Harap dimaklumi apabila ada kekurangan  akan diperbaiki pada tahun depan dengan kegiatan-kegiatan positif ini mari kita tingkatkan rasa toleransi dan saling bersilaturahmi utk menjaga kekompakan antara umat yg ada di Kota Kupang. Senada Ketua DPRD Provinsi NTT Anwar Pua Geno mengatakan, kita sangat bersyukur kegiatan Maulid Kali ini diselenggarakan di kampung Islam Pertama dengan kegiatan yang sangat bagus tentunya atas dukungan penuh dari Pemkot Kupang, dalam momentum ini merupakan ajang bagi kita utk meningkatkan toleransi antar umat beragama karena kita tahu bahwa dalam bulan ini ada dua momentum besar yg akan di selenggarakan yakni Maulid Nabi Muhammad S.A.W., dan NATAL  mari kita saling menghargai, menjaga serta menjunjung tinggi perbedaan.

Pada kesempatan ini  Gubernur Bangka Blitung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Tajudin, S.H., menyampaikan terimakasih kepada Pemkot Kupang atas penyelengaraan Maulid yang sangat meriah tentunya ini merupakan ide dari Walikota Kupang ini merupakan bentuk toleransi dan sangat positif. Hubungan silaturahmi antara NTT dan Bangka Blitung tentunya tidak bisa kita pisahkan dengan sejarah panjang dimana Sultan Depati Amir Bahrain pernah diasingkan di NTT dan meninggal di Airmata, selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad S.A.W.

Sambutan Gubernur NTT diwakili oleh kepala B2KP H. Husai mengatakan  pelaksanaan perayaan dimaksudkan untuk meningkatkan rasa iman dan saling bertoleransi, walaupun secara fisik kita berada di dua tempat bebeda Bumi Flobamora dan Bangka Belitung, tegasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar