Rabu, 07 Desember 2016

Donor Darah Menyongsong Hari Juang Kartika Tahun 2016





Pendam IX/Udayana
Rabu, 7 Desember 2016

Menyongsong peringatan Hari Juang Kartika Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Tahun 2016, Korem 161/Wira Sakti melalui Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 09.04.01 Wira Sakti Kupang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kota Kupang, menyelenggarakan kegiatan donor darah.  Rabu (7/12) di Aula Serba Guna Makorem 161/Wira Sakti,

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh personel Makorem, anggota Balak Aju Korem 161/Wira Sakti,  Brigif 21/Komodo, Ibu-ibu anggota Persit, Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Kupang serta anggota Kepolisian Brimobda Nusa Tenggara Timur

Koordinator kegiatan donor darah ini, Letkol Ckm Prabowo Effendi mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai rangkaian menyambut peringatan Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2016.  Berdasarkan catatan yang diterima panitia penyelenggara terdapat 181 orang yang mendaftar untuk melakukan donor, tetapi setelah dilaksanakan pengecekan secara detail hanya 138 orang yang memenuhi syarat untuk melaksanakan donor.

Dalam penjelasannya, Dandenkesyah 09.04.01 Wira Sakti Kupang  menambahkan ada beberapa orang yang tidak bisa melaksanakan donor darah dikarenakan yang bersangkutan terindikasi hipertensi, hipotensi, HB-nya rendah serta ada yang belum waktunya untuk melaksanakan donor karena belum mencapai 3 bulan sesuai ketentuan kesehatan.

Dari pelaksanaan donor darah ini terkumpul 138 kantong darah dengan rincian ; golongan darah A sebanyak 25 kantong darah, golongan darah B sebanyak 38 kantong darah, golongan darah AB sebanyak 12 kantong darah serta golongan darah O sebanyak 63 kantong darah.  Hasil donor ini akan disetorkan ke Bank Darah milik PMI Kota Kupang. Dengan harapan apa yang kita lakukan hari ini dalam bentuk kegiatan donor darah akan dapat bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan. “Bagi kita semua meyakini bahwa setetes darah yang kita sumbangkan atau kita donorkan akan dapat menyelamatkan nyawa banyak orang”, ungkapnya.

Pantauan di lokasi kegiatan donor darah ini, mendapatkan perhatian langsung dari Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., yang didampingi oleh Para Kasi dan Perwira Staf lainnya, sekaligus ikut melaksanakan donor pada kesempatan ini. Korem 161/Wira Sakti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar