Jumat, 16 Desember 2016

Peleton Yudha Wastu Pramuka Meningkatkan Nilai-Nilai Kejuangan, Patriotisme Dan Kemanunggalan TNI -Rakyat

Pendam IX/Udayana
Jumat, 16 Desember 2016

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A melepas Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Jumat (16/12/2016) di Lapangan umum Astina jaya Blahbatuh, Desa/Kec.Blahbatuh Kab Gianyar  dalam rangka memperingati Hari Infanteri ke 68 dengan tema" Prajurit Infantri melaksanakan gerak jalan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya guna meningkatkan jiwa korsa, militansi dan soliditas prajurit Infantri dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD "


Sebelum pelepasan Peleton Pertama Yudha Wastu Pramuka Jaya terlebih dahulu diadakan Upacara Penyerahan Simbol-Simbol Infanteri sekaligus pemberangkatan dalam rangka memperingati Hari Infanteri Ke-68, Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan tradisi Korps Infanteri yang selalu dilaksanakan   menjelang Hari Ulang Tahun Korps Infanteri pada setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan semangat kebanggaan korps, jiwa korsa dan soliditas sebagai Prajurit Infanteri. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mobilitas satuan berjalan kaki dan kemampuan fisik perorangan maupun peleton dalam rangka peningkatan kualitas tempur Prajurit Infanteri.

Lebih lanjut Pangdam mengharapkan Dengan dilaksanakannya kegiatan tradisi seperti ini, akan tercipta dan terpelihara jiwa korsa yang tinggi, serta penghayatan dan pengamalan nilai pengabdian Prajurit Korps Infanteri sebagai bagian yang tak terpisahkan dari rakyat. Tujuan mulia ini hendaknya dihayati dan diresapi oleh seluruh prajurit yang tergabung dalam peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini. Dengan demikian gerak jalan yang dilakukan nanti bukan hanya sekedar menempuh jarak tertentu saja, melainkan terkandung  tekad untuk mewujudkan profesionalisme Prajurit Infanteri.

Pangdam juga mengingatkan melalui pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang berbunyi ”bahwa kemerdekaan suatu negara yang didirikan di atas timbunan dan reruntuhan ribuan jiwa, serta harta benda dari rakyat bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan oleh siapapun juga”.  Pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini menandakan betapa besar dan mulianya pengorbanan yang  telah diberikan oleh para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Kita harus memiliki komitmen yang kuat untuk melanjutkan tekad perjuangan mulia para pahlawan dengan cara mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan nasional, ”ujar Pangdam”.

Mengakhiri amanatnya Pangdam menekankan kepada prajurit yang tergabung dalam Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya agar menjaga dan memelihara ketertiban serta disiplin selama dalam perjalanan sehingga tiba di tempat tujuan tetap dalam keadaan selamat dan lengkap. Laksanakan gerak jalan ini dengan kesungguhan hati dan semangat yang tinggi, perhatikan faktor keamanan serta hindari sikap arogan karena route yang akan dilalui berkaitan dengan fasilitas umum.

Hadir pada acara pelepasan Peleton Pertama Yudha Wastu Pramuka Jaya  diantaranya Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stephanus Trimulyono, Para Asiten Kasdam IX/Udayana, Para Kabalakdam IX/udayana dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gianyar serta para Perwira TNI-Polri para Prajurit Infanteri dan peserta gerak jalan Peleton Beranting Yudha   Wastu Pramuka Jaya. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar