Jumat, 06 Januari 2017

Danrem 161/ Wira Sakti Disambut Adat Natoni



Pendam IX/Udayana
Jumat, 6 Januari 2017

Sebagai pejabat baru Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Teguh Muji  Angkasa, S.E.,M.M. beserta isteri disambut dengan dengan suatu tradisi satuan yang bernuansa adat budaya Timor yang disebut Natomi, Jumat (6/1) bertempat di Pintu Utama Makorem 161/Wira Sakti.

Adat Natoni pada hakekatnya dipahami sebagai ungkapan pesan yang dinyatakan dalam bentuk  syair-syair kiasan adat yang dituturkan secara lisan oleh seorang penutur yang disebut Atonis yang kemudian ditemani oleh sekelompok orang sebagai pendamping atau pengikut yang disebut Na he’en. Natoni biasanya dituturkan dalam rangka upacara adat seperti acara-acara seremonial saat penyambutan dan pelepasan tamu.

Tradisi satuan yang memadukan kelaziman tradisi di lingkungan militer dengan kearifan lokal Timor ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya dengan mementaskan tradisi lisan yang ada dan berkembang di lingkungan sosial masyarakat Nusa Tenggara Timur sebagai wilayah tugas dari Korem 161/Wira Sakti

Setelah menerima laporan jajar kehormatan, Danrem 161/Wira Sakti menuju ke Ruang Serambi Kehormatan yang juga disambut oleh Para Kasi Korem, Dan/Kabalak Aju serta Pejabat Lama Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M. beserta isteri. Pada kesempatan ini Danrem 161/Wira Sakti beserta isteri  juga dikenakan Kain Adat Tenunan Khas Rote serta pemakaian Topi Ti’i Langga yang terbuat anyaman daun lontar.

Suasana penuh keakraban dan kekeluargaan terlihat antara pejabat lama dan pejabat baru Danrem 161/Wira sakti yang mana kedua Perwira Bintang Satu ini merupakan alumni dari Akademi Militer 1989.

Sebagaimana diketahui bahwa jabatan Danrem 161/Wira Sakti telah diserahterimakan pada hari Rabu pagi (4/1) dalam suatu upacara militer yang bertempat di Aula Makodam IX/Udayana Denpasar, Bali, yang dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, MDA. (Penrem 161/Wira Sakti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar