Selasa, 17 Januari 2017

Komitmen TNI, Jadikan Tahun 2017 Sebagai Tahun Bersih Dari Narkoba



Pendam IX/Udayana
Selasa, 17 Januari 2017

Kodam IX/Udayana melaksanakan Upacara Bendera Tujuh Belasan  diikuti oleh segenap anggota baik TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Pegawai Negeri Sipil TNI di lingkungan Garnizun Denpasar, pada Selasa (17/1) di Lapangan Prajaraksaka Kepaon.

Upacara Bendera setiap tanggal 17 ini mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya untuk mengingatkan kepada romantisme dan heroisme perjuangan para generasi pendahulu yang telah melahirkan NKRI pada tanggal 17 Agustus 1945 dan disamping itu juga sebagai sarana bagi Komando guna menjalin komunikasi antara pimpinan dengan staf dan anggota agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk dan informasi dapat mengalir serta dipahami secara seksama oleh seluruh anggota.

Pada kesempatan tersebut Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono sebagai Inspektur Upacara membacakan Amanat Panglima TNI yang pada intinya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan atas sermangat kerja yang dilandasi tanggungjawab yang tinggi dan disiplin setiap Prajurit dan PNS TNI selama kurun waktu satu tahun. Telah banyak yang diperbuat sesuai dengan tugas yang diamanahkan kepada TNI baik dalam Operasi Militer untuk Perang (OSP), Operasi Militer Selain Perang (OMSP) khususnya untuk OMSP sangat banyak yang telah dikerjakan oleh Prajurit TNI bahkan melebihi panggilan tugas seperti penanggulangan keamanan akibat ulah kelompok teroris di Poso Sulawasi Tengah dimana TNI bersama Polri tergabung dalam Satgas Operasi Tinombala berhasil mereduksi kekuatan teroris bahkan mampu melumpuhkan pimpinannya serta penanggulangan bencana alam dan kebakaran hutan di berberapa wilayah khususnya bencana alam di Jawa Tengah, Jawa Barat, Aceh dan Bima. Demikian juga dengan pelaksanaan tugas luar negeri, Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Perdamaian PBB dinilai berhasil karena dapat melaksanakan tugas dengan baik serta mendapat apresiasi dari masyarakat internasional.

Dari semua prestasi tersebut berdampak kepada terbangunnya kepercayaan masyarakat terhadap TNI oleh karena itu tidak diragukan lagi publik menilai institusi TNI yang paling dipercaya dan rakyat tetap mencintai TNI, namun demikian masih terlihat adanya pelanggaran yang dilakukan oleh oknum Prajurit dan PNS TNI yang melakukan tindakan tidak terpuji dan menyakiti hari rakyat seperti korupsi, penyalahgunaan narkoba dan lain sebagainya yang dapat merusak citra TNI. Oleh karena itu tahun 2017 ini menjadi tugas berat untuk menjaga kepercayaan masyarakat maka dari itu, “jadikan tahun 2017 ini sebagai tahun bersih bersih dari narkoba bagi jajaran TNI, jangan ada lagi  korupsi sekecil apapun di institusi TNI”, inilah komitmen TNI, Panglima TNI memerintahkan, untuk semua jajaran TNI jangan berkhianat terhadap komitmen ini.

Disamping itu Panglima TNI juga menyampaikan tentang tugas kedepan akan semakin komplek dan berat salah satunya adalah semakin masifnya penggunaan media sosial dimana media sosial menjadi medan pertempuran baru oleh selelompok masyarakat untuk mencapai tujuannya, penyebaran informasi dan berita bohong (hoax) melalui media sosial dapat menyebabkan perpecahan, membahayakan persatuan dan kesatuan, kebhinnekaan dan munculnya radikalisme. Untuk membentengi dari pengaruh negatif media sosial Pangliam TNI memerintahkan seluruh Prajurit dan PNS TNI agar jangan mudah percaya terhadap berita bohong tersebut tetapi percayalah kepada Komandan Satuan masing masing, Prajurit dan PNS TNI harus cerdas, pandai memilah, memilih berita positif dan bermanfaat.

Terakhir Panglima TNI juga menyampaikan perintah harian yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh Prajurit dan PNS TNI yang pada intinya antara lain ; Tingkatkan nilai nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, pegang teguh Sapta Marga dan 8 Wajib TNI sebagai pedoman dalam hidup dan pengabdian kepada Bangsa dan Negara, Tingkatkan disiplin, dedikasi dan loyalitas, Kembangkan cara berpikir sederhana, Patuhi atauran yang berlaku dan segala bentuk perintah kedinasan, Pelihara dan tingkatkan harmonisasi dengan rakyat dan Tingkatkan kinerja dilandasi semangat dan motivasi yang tinggi, demikian perintah Panglima TNI.

Upacara Bendera Tujuh Belasan dapat berjalan dengan tertib hidmat dan lancar dihadiri juga oleh Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Dan Lanal Denpasar, Dan Lanud Ngurah Rai dan para pejabat TNI di lingkungan Garnizun Denpasar lainnya. (Pendam IX/Udayana)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar