Minggu, 19 Februari 2017

Wujud Pengabdian, TNI Adakan Pengobatan Dan Sunatan Massal Gratis



Pendam IX/Udayana
Minggu, 19 Februari 2017

Korem 161/Wira Sakti terus berbuat dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat untuk mewujudkan kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat yang selama ini telah berjalan baik seiring perjalanan waktu, khususnya dalam pengabdian di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Wujud pengabdian tersebut salah satunya dengan melaksanakan kegiatan bhakti sosial pengobatan dan sunatan massal pada hari Sabtu (18/02) yang bertempat di Pondok Pesantren Hidayattulah, Kelurahan Batakte, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini adalah sebagai rangkaian Hut ke 56 Korem 161/Wira Sakti.

Kedua kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 09.04.01 Kupang dipimpin Dandenkesyah Letkol Ckm Effendi Prabowo dengan menurunkan sejumlah Tim Medis, mulai dari dokter, perawat para medis baik militer maupun pegawai negeri sipilnya.

Sedari pukul 08.00 Wita pondok pesantren yang mengasuh sekitar 172 Santri baik laki maupun prempuan dibawah pimpinan pengasuh Ustadz Usman Mamang, S.sos., serta masyarakat sekitar pondok mulai berdatangan dan mendapatkan pelayanan dari tim medis yang sudah disiapkan.

Berdasarkan pantauan di tempat pendaftaran dan pemeriksaan  ada sejumlah keluhan terhadap penyakit yang dialami warga, mulai dari yang ringan seperti batuk, pilek, gangguan saluran pernafasan atas (ISPA) sampai pada anemia, hipertensi dan juga stroke sebanyak empat kasus, bahkan ada keluhan warga yang  sudah sekian lama menikah belum mendapatkan keturunan.

Untuk tiga kasus terakhir seperti  hipertensi, stroke dan belum mendapatkan keruturunan setelah mendapatkan penanganan awal para penderita atau pasien tersebut disarankan untuk melakukan pengobatan lanjutan ke rumah sakit umum atau rumah sakit Dinas Kesehatan Tentara (DKT) Wira Sakti Kupang dengan membawa rujukan dari PPK 1 atau Puskesmas terdekat.

Wadandenkesyah 09.04.01 Wira Sakti Kupang, Mayor Ckm I Ketut Sukresno, saat dikonfirmasi diakhir kegiatan bhakti sosial tersebut oleh tim liputan Penrem 161/Wira Sakti mengungkapkan bahwa sampai selesai kegiatan pengobatan pada pukul 14.15 Wita, terlayani sekitar 320 orang untuk pengobatan umum dari target 350 orang, serta untuk sunatan sebanyak 30 orang dari target awal 25 orang pasien. Warga begitu antusias menyambut kegiatan pengobatan massal tersebut serta berharap dapat dilakuakan hal yang sama di lain waktu.

Ustadz Usman Mamang, S.sos. selaku pimpinan pengasuh Pondok Pesantren Hidayattulah dan warga sekitar pondok mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI khususnya Korem 161/Wira Sakti yang sudah memberikan pelayanan pengobatan dan sunatan masal gratis ini. Ustad yang berasal dari Solor ini berharap semoga Korem 161/Wira Sakti dan jajaran serta TNI secara umum senantiasa diberikan kejayaaan serta dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. (Penrem 161/Wira Sakti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar