Jumat, 03 Maret 2017

Kodam IX/Udayana Gelar Pasukan Amankan Raja Arab Saudi

Pendam IX/Udayana
Jumat, 3 Maret 2017

Menjelang Kunjungan Raja Arab Saudi, Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud beserta rombongan Kodam IX/Udayana menggelar Pasukan Pengamanan VVIP yang dipimpin langsung Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko M.D.A., Jumat (3/3) di lapangan Lagoon Nusa Dua.

Kodam IX/Udayana selaku Satuan Tugas Pengamanan VVIP wilayah Bali bersama-sama dengan Polda Bali, Pemerintah Daerah Provinsi Bali dan unsur pendukung lainnya, selalu bekerjasama dan bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan VVIP secara optimal.

Pada Kesempatan tersebut Pangdam menyampaikan bahwa tugas pengamanan yang dilaksanakan merupakan suatu tugas negara yang mempertaruhkan citra dan kehormatan bangsa, sehingga dalam pelaksanaannya diperlukan pengerahan personel, peralatan dan kemampuan yang maksimal. “Untuk itu saya berharap seluruh personel Pengamanan wilayah, selalu berkoordinasi antar Satuan, karena tugas yang dilaksanakan merupakan tugas secara terpadu dari berbagai satuan. Singkirkan egoism dan ego sentris, laksanakan koordinasi yang melekat antar satuan sesuai tugas pokok masing-masing”, Tegas Pangdam IX/Udayana.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan Pengamanan kunjungan Raja Arab Saudi beserta rombongan ke Provinsi Bali merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada kita. Untuk itu, mari kita junjung tinggi kehormatan dan kepercayaan terse-but dengan berbuat maksimal, berbuat yang terbaik, agar rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.  Sementara itu, melalui apel yang kita laksanakan pagi ini, kita juga akan dapat memastikan kesiapan pasukan pengaman-an baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap VVIP yang berlaku.

Mengakhiri amanatnya Pangdam IX/Udayana menegaskan untuk memastikan dilakukan-nya operasi baru, sebagaimana menjadi salah satu prinsip dasar pengamanan VVIP. Pertama, pahami dan kuasai Prosedur Tetap dan Prinsip dasar Pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kedua, pegang teguh disiplin dan pahami rantai Komando agar tugas pengamanan dapat terlaksana dengan baik. Ketiga, tingkatkan kewaspadaan sepan-jang jalannya operasi, jangan lengah dan tingkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain untuk mengganggu pelaksanaan pengamanan. Keempat, jangan ragu dalam bertindak dan lakukan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur yang terkait. Kelima, cermati, ikuti dan laporkan setiap perkembangan situasi di lapangan, dengan tetap menegakkan aturan pengamanan berita dan kegiatan yang berlaku. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar