Selasa, 15 Agustus 2017

6000 Mahasiswa UNUD menerima Kuliah Umum Dari Pangdam IX/Udayana


Pendam IX/Udayana
Selasa 15 Agustus 2017

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P, M.Sc memberikan kuliah umum materi Wawasan Kebangsaan dihadapan 6000 mahasiswa Universitas Udayana (UNUD) Selasa, (15/8) di Gedung Auditoruim Widya Sabha Universitas Udayana Jl. Raya Kampus Udayana Jimbaran Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung.

Kegiatan Ceramah dengan tema "Pentingnya Pancasila bagi mahasiswa untuk menatap masa depan bangsa" yang diberikan oleh Pangdam IX/Udayana yang dilaksanakan di Kampus Udayana Jimbaran adalah dalam rangka untuk  memberikan dan menanamkan wawasan kebangsaan dan Dasar -dasar Negara Pancasila Bagi para Mahasiswa baru sehingga tertanamkan jiwa Nasionalisemenya kepada NKRI.

Mengawali ceramahnya Pangdam menyampaikan bahwa Kodam IX/Udayana yang wilayahnya meliputi Bali, NTB dan NTT mempunyai program untuk mensosialisasikan Wawasan Kebangsaan kepada masyarakat termasuk ke perguruan tinggi dan swasta. Karena Saat ini orang tidak mengerti dan memahami sejarah, banyak yang ingin mengganti Pancasila, UUD 1945 tanpa mengeri makna yang terkandung didalamnya, Para Pejuang terdahulu rela mengorban Jiwa dan Raganya demi kemerdekaan NKRI bahkan Bpk. Soekarno sampai pernah diasingkan ke Ende. Saat ini ada kelompok kecil yang meragukan Pancasila, mereka tidak mengerti dan memahami tiap Butir-butir Pancasila yang terkandung didalamnya, setiap Butir Pancasila memiliki arti bagi semua masyarakat Indonesia yang beraneka ragam Suku, Agama dan Ras berkedudukan sama , Tegasnya.

lebih lanjut Pangdam menyampaikan bahwa Indonesia mempunyai dasar negara yaitu Pancasila, banyak Negara ingin menerapkannya di negaranya namun tidak bisa karena tidak sesuai dengan Kondisi Negaranya, Banyak Negara yang sudah terpecah belah karena tidak mempunyai Konsensus Dasar Negara dan Indonesia tetap kokoh walaupun sudah banyak guncangan-guncangan seperti Papua Merdeka, Aceh namun cepat kita terdeteksi. Setiap manusia mempunyai Hak Asasi manusia yang dibawa sejak lahir yang secara kodrat melekat pada setiap manusia dan tidak dapat diganggu gugat/bersifat Mutlak, Semua peraturan di Lingkungan TNI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, ini kami berikan gambaran kepada mahasiswa baru agar setelah selesai mengikuti pelajaran dan bekerja sesuai dengan Dasar Negara Kita. 

Kita sebagai Bangsa Indonesia harus ikut serta dalam Bela negara dan Wajib melaksanakan Bela Negara, sebagai masyarakat Indonesia harus menghormati Lambang-lambang negara dan menghargai hak orang lain,  jangan terapkan sifat-sifat Penjajah. Perguruan Tinggi Kita di Indonesia sudah di masuki paham-paham garis keras, sehingga tujuan Wasbang ini adalah untuk mengkanter paham-paham yang sudah keliru, ancaman negara saat ini di dalam negeri yaitu Ancaman Terorisem, Radikalisem dan Paham paham garis keras "tegas Pangdam mengingatkan". Kegiatan kuliah umum Pangdam IX/Udayana dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan Plakat dari Kampus Univ. Udayana yang diwakili oleh Rektor III, Wakil BEM dan Wakil Ketua Student Day kepada Bapak Pangdam IX/Udayana.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Danrem 163/WSA, Asintel Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Ka Infolahta Kodam IX/Udayana, Kaajendam IX/Udayan, Kahubdam IX/Udayana, Dandim 1611/Badung, Danramil 1611-08/Kutsel, Wakil Rektor III. Univ. Udayana., Dekan Univ. Udayana, Wakil Dekan Univ. Udayana.(Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar