Rabu, 16 Agustus 2017

Dandim 1626/Bangli Beri Semangat Peserta Tapak Tilas




Pendam IX/Udayana
Rabu, 16 Agustus 2017

Ratusan peserta Tapak Tilas yang teridiri dari unsur pegawai, pelajar, TNI/Polri dan Pemuda Panca Marga (P2M), Selasa mengikuti napak tilas jejak pahlawan Kapten Anak Agung Anom Mudita. Napak tilas yang dipusatkan di Lapangan Kuta Undisan Kayubihi Bangli dilepas Bupati Bangli I Made Gianyar, S.H., M.Hum. Acara napak Tilas dihadiri oleh Dandim 1626 Bangli, Sekda Kabupaten Bangli, Forkompinda dan pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Bangli.

Bupati Bangli pada kesempatan itu menyampaikan, tujuan dari dilaksanakan napak tilas bukan hanya untuk mencari jejak sejarah perjuangan para pahlawan. Namun jauh lebih dalam, esensi dari napak tilas adalah untuk mengingatkan kepada generasi penerus akan nilai-nilai nasionalisme, parsatuan dan kesatuan, semangat kerja keras, pantang menyerah yang telah dicontohkan para pejuang.

Menurut Bupati  kemerdekaan yang generasi sekarang nikmati bukanlah jatuh dari langit, melainkan berkat kegigihan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan. Oleh karena itu sebagai Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati perjuangan  para pahlawannya.

Sementara itu Dandim 1626/Bangli Letkol Inf Susuanto Lastua Manurung, S.IP mengatakan , selain untuk mengenang dan mengingatkan generasi muda akan kebesaran pengorbanan para pahlawan, napak tilas jejak pahlawan Kapten Anak Agung Anom Mudita ini juga dimaksudkan untuk memeriahkan peringatan Hut RI ke-72 Tahun 2017 di Kab. Bangli. Sudah sepatutnya sebagai generasi muda kita bisa mengikuti jejak semangat pahlawan terdahulu.

Semangat yang dimaksud bukan untuk berperang secara fisik melainkan berperang untuk mengentaskan kemiskinan, kebodohan sehingga kita bisa sejajar dengan Negara maju lainnya. “Melalui napak tilas kita ingin mengajarkan generasi muda untuk bisa mengikuti semangat para pahlawan. Sehingga bisa menjadi pahlawan dimasa kini dengan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif. Nilai-nilai ini yang ingin kita ajarkan kepada generasi muda. (Kodim 1626/Bangli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar