Selasa, 26 September 2017

Kasdim 1609/Buleleng Turut Serta Bantu Masyarakat Pengungsi Gunung Agung

Pendam IX/Udayana
Selasa, 26 September 2017

Kasdim 1609/Buleleng Ikut Bantu Masyarakat Pengungsi Gunung Agung di Posko Pengungsian Desa Les, Kec. Tejakula, Kab. Buleleng, Minggu (24/9).

Suasana sejumlah pengungsi letusan Gunung Agung berada di Posko Pengungsian Desa Les. Jumlah pengungsi Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, 2.423 jiwa yang tersebar di 10 titik di Kabupaten Buleleng dan jumlah tersebut terus bertambah karena masih ada beberapa warga yang bertahan di rumahnya walaupun status gunung sudah pada level awas.

Kepala staf Kodim 1609/Buleleng Mayor Kav Nyoman Arya Jayantara, mengatakan jumlah warga terdampak Gunung Agung yang mengungsi terus meningkat. Sampai hari ini terhitung 34.932 jiwa telah mengungsi.

Pengungsi tersebar di 7 Kabupaten di Bali, Kasdim 1609/Buleleng mengatakan diperkirakan jumlah pengungsi ini akan terus bertambah karena belum semua pengungsi terdaftar. Bahkan ada sebagian masyarakat yang mengungsi ke rumah warga/Saudara.

Terlihat Kasdim 1609/Buleleng ikut membantu pengungsi yang sedang sakit/struk memapah menuju tempat tenda pengungsian, “Inilah salah satu wujud kepedulian khususnya TNI dalam melaksanakan tugas kemanusiaan. Saudara kita sedang mendapat musibah,mari kita bantu mereka baik pisik maupun materil.” Ujar Kepala staf Kodim 1609/Buleleng.

Jumlah pengungsi sering berubah sebab pada siang hari sebagian warga kembali ke rumah untuk memberikan makan ternaknya. Pada Sore atau Malam, pengungsi kembali ke tempat pengungsian lagi.

Masih banyak ternak yang belum dievakuasi ke tempat pengungsian ternak atau dikumpulkan di satu tempat aman karena katerbatasan data, sarana dan prasarana untuk evakuasi ternak. (Kodim 1609/Buleleng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar