Jumat, 29 September 2017

Korem 161/WS Jelang Hut Ke-72 TNI Gelar Pengobatan Massal


Pendam IX/Udayana
Jumat, 29 September 2017

Menjelang peringatan Hut Ke 72 TNI Tahun 2017, Tentara Nasional Indonesia di wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur menggelar Bhakti Sosial Kesehatan Pengobatan Massal, Kamis (28/09) bertempat di Lingkungan SMP Negeri 4 Fatulehu, Desa Silu, Kecamatan Fatulehu, Kabupaten Kupang.

Kegiatan Bhaksos Kesehatan pengobatan massal tersebut dibuka oleh Danrem 161/Wira Sakti yang didampingi oleh Wadanlantamal VII Kupang, Kasrem 161/ WS Kolonel Irnando Arnol B. Sinaga, Kolonel Laut (P) Fransiskus Herman, Para Kasi Korem 161/ Wira Sakti, Kadis Operasi Danlanud Eltari Kupang, Kapolres Kupang AKBP Ajie serta Ketua Dharma Pertiwi Daerah J Nusa Tenggara Timur dan pengurus. Dalam kata sambutannya Danrem menyampaikan apresiasinya kepada Denkesyah 09.01.04 Kupang dan Tim Medis TNI di wilayah Kupang selaku koordinator kegiatan tersebut. Termasuk juga ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Silu dan warga yang terlihat antusias menyambut kegiatan ini.

Menurut Danrem kegiatan yang dilaksanakan menjelang Hut Ke 72 TNI Tahun 2017 ini adalah sebagai bentuk sumbangsih kepada masyarakat di bidang kesehatan yang juga wujud kepedulian dalam mendukung pembangunan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat di NTT termasuk di Desa Silu, Kecamatan Fatulehu, Kabupaten Kupang. "Kita membantu program Pemerintah Provinsi NTT di bidang kesehatan", sebut Danrem.

Seperti diketahui bahwa dalam Bhaksos tersebut dilakukan berbagai pengobatan umum penyakit yang diderita warga, pengecekan kesehatan gigi dan mulut  serta buta warna utamanya kepada anak-anak sekolah setempat. Sebanyak 680 warga mendaftar untuk melaksanakan pengobatan umum dengan berbagai keluhan penyakit dari yang ringan sampai yang membutuhkan rujukan lanjutan ke rumah sakit,  demikian disampaikan Dandenkesyah 09.04.01 Kupang Letkol Ckm Prabowo Effendi di sela-sela kegiatan Bhaksos tersebut.

Sementara ratusan siswa melaksanakan pemeriksaan gigi, mulut dan buta warna. Warga yang ditemui saat kegiatan pengobatan ini menyampaikan terima kasihnya kepada TNI yang sudah menggelar kegiatan pengobatan tersebut. "Kami berterima kasih dengan kegiatan ini, di desa kami baru ada Puskesmas Pembantu atau Pustu Saja", cerita Marianus Mesa. Kegiatan seperti ini sangat membantu kami dan warga untuk mengobati keluhan penyakit yang ada, tambahnya.

Sementara itu seorang ibu paruh baya bernama Nelci mengatakan kami senang berbaur dengan bapak-bapak TNI melaksanakan pengobatan, yang mengaku menderita batuk dan kurang enak badan dalam beberapa hari belakangan akibat cuaca yang mulai panas.

Memang menjelang Hut Ke 72 TNI Tahun 2017 berbagai kegiatan yang bersinergi dengan masyarakat dilaksanakan panitia peringatan Hut TNI di wilayah Kupang termasuk kegiatan pengobatan tersebut sebagai wujud kemanunggalan dan kebersamaan TNI dan Rakyat.(Korem 161/WS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar