Senin, 25 September 2017

Membangun Asa Di Tapal Batas, Pamtas RI-RDTL Pos Nino Dirikan Taman Bacaan Anak


Pendam IX/Udayana
Senin 25 September 2017

Membangun asa di tapal batas, mungkin itu ungkapan kata yang paling tepat untuk menggambarkan pemberdayaan masyarakat di perbatasan. Kondisi perbatasan identik dengan banyak hal yang harus dibenahi baik itu terkait sumber daya manusia (SDM)dan infrastrukturnya sehingga bisa setara dengan kondisi di wilayah lain yang lebih baik dan maju. Secercah harapan pemerdayaan masyarakat perbatasan RI-RDTL telah dirintis dan diwujudkan oleh Satuan Tugas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Pos Nino Yonif 742/Satya Wira Yudha.

Satgas Pamtas RI-RDTL Pos Nino telah mendirikan dan mewujudkan Taman Bacaan Anak yang disiapkan buat  anak-anak di seputaran pos tersebut sebagai pelajaran ekstra kulikuler atau Eskul yang diajarkan oleh para Prajurit Yonif 742/SWY. Taman Bacaan Anak tersebut, Sabtu (23/09) mendapatkan kunjungan dan peninjauan dari Danrem 161/ Wira Sakti selaku Dankolakops Pamtas RI-RDTL, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E.,M.M., yang didampingi oleh Para Kasi Kolakops Pamtas serta Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Letkol Infanteri M. Fuad.

Pada kesempatan tersebut tampak Danrem bercengkrama penuh keakraban dengan anak-anak setempat yang begitu bahagia dengan adanya fasilitas Taman Bacaan Anak yang dibuat oleh Pos Pamtas Nino. Danrem juga mengamati jenis bacaan yang ada serta memberikan saran masukan kepada Danpos Nino untuk menambah bahan bacaan yang ada saat ini, utamanya buku bacaan komik yang sangat disukai anak-anak."Bahan bacaan yang ada perlu ditambah lagi, utamanya yang dapat menarik minat baca anak-anak yang belum bisa membaca", sebut Danrem.

Lebih lanjut Danrem mengatakan apa yang dilakukan Satgas Pos Nino tersebut merupakan rintisan mulia yang diwujudkan untuk memajukan wawasan masyarakat dengan menumbuhkan minat baca anak-anak. "Dimana ada kemauan  disitulah kita menemukan jalannya, mari kita bantu masyarakat kita di perbatasan dengan membangun harapan atau asa  untuk menatap masa depan yang lebih baik", ungkap Danrem. Cara-cara sederhana sudah bisa kita lakukan untuk memberdayakan masyarakat di perbatasan  semisal mewujudkan Taman Bacaan Anak ini, imbuh Danrem.

Sementara itu Pasiter Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Lettu Infanteri Saiful  mengatakan akan menindaklanjuti apa yang menjadi keinginan Dankolakops. "Kita akan tindak lanjuti keinginan Dankolakops, kita akan tambah dan variasikan bacaan yang ada, sehingga anak-anak semakin tertarik dan senang untuk membaca", sebutnya.

Masyarakat setempat juga berterima kasih atas pendirian Taman Bacaan Anak tersebut dan mengakui sangat membantu apa yang menjadi keinginan anak-anak mereka dengan bimbingan yang dilakukan oleh para prajurit di pos tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar