Jumat, 20 Oktober 2017

Pangdam : Pam VVIP Harus Memegang Teguh Disiplin dan Rantai Komando Serta Bersinergitas


Pendam IX/Udayana
Jumat, 20 Oktober 2017

Pangdam IX/udayana Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak,S.I.P.M.Sc.  selaku Pang Koops Pam VVIP wilayah Bali Nusra memimpin apel gelar pasukan Pam VVIP kunjungan Presiden RI dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo beserta rombongan berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat Rabu  Sore (18/10/2017) di lapangan Eks Bandara Selaparang 

Pada kesempatan tersebut Pangdam  dalam amanatnya menyampaikan harapan agar Selama Presiden RI dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo beserta rombongan berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, kita harus memberikan pengamanan VVIP secara serius. Walaupun pengamanan VVIP sudah sering kita laksanakan bersama, baik pada even nasional maupun internasional sebelumnya, namun dalam setiap pengamanan VVIP harus tetap diperlakukan sebagai operasi baru.

Segala sesuatunya harus betul-betul kita siapkan dimulai tahap awal sampai dengan akhir dan tidak ada istilah rutinitas dalam pengamanan VVIP.Untuk itu, sebelum kita melaksanakan pengamanan maka perlu diadakan apel gelar pasukan seperti saat ini. Apel gelar tidak hanya bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap Pengamanan VVIP yang berlaku, tetapi juga memastikan tegaknya sinergitas dan kerjasama yang baik diantara semua unsur pengamanan yang terlibat, "tegas Pangdam".

Lebih lanjut Pangdam juga menekankan bahwa apel gelar pasukan ini juga hendaknya dijadikan sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan, sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaanya, apabila terjadi hambatan maka segera dapat diatasi dengan sebaik-baiknya.Kodam IX/Udayana selaku Koops Pam VVIP wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama-sama Polda, Pemerintah Daerah setempat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara maksimal. Untuk itu kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai Komando harus selalu dikoordinasikan sehingga daya kerja kita menjadi efektif dan efisien.Sebelum mengakhiri amanatnya Pangdam IX/Udayana menekankan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Satgas Pengamanan agar memahami dan menguasai Prosedur Tetap peng-amanan VVIP, memegang teguh disiplin dan rantai komando, melakukan koordinasi dengan unsur pengamanan lainnya secara optimal serta segera melaporkan bila ada hal-hal menonjol dalam pelaksanaan tugas. sehingga kegiatan kunjungan kerja Presiden RI dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo beserta rombongan di Provinsi Nusa Tenggara Barat dapat berjalan tertib, aman dan lancar.Tegasnya.Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD NTB, Danrem 162/WB,(Kolonel Inf Farid Makruf, M.A.) Dan Lanal Mataram Kolonel Mar Djentaju Suprihandoko, Danlanud  Rembige Kolonel Pnb Dodi Fernando, S.E.,M.Soc.,Sc, Dandim sepulau Lombok, Dan Ka Pa Satdisjan Jajaran Korem 162/WB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar