Sabtu, 07 Oktober 2017

Sukseskan Swasembada Pangan, Dandim 1615/Lotim Tanam Kedelai Serentak


Pendam IX/Udayana
Sabtu, 7 Oktober 2017

Pada hari Jum'at 06 Oktober 2017 bertempat di lahan Poktan Istiqomah Desa Senyiur Kecamatan Keruak Kabupaten Lotim, telah berlangsung kegiatan pencanangan gerakan tanam kedelai serentak se Indonesia APBN-P.  Kegiatan tanam kedelai serentak ini dilaksanakan untuk meningkatkan produksi kedelai khususnya diwilayah Kab. Lotim, mengingat nantinya kedelai milik para petani ini akan dibeli oleh Bulog NTB, seperti apa yang disampaikan oleh  Direktur Pembenihan Pangan Kementrian Pertanian RI Bambang Sugiarto, mengatakan bahwa di tahun 2017 ini Pemerintah telah mencanangkan menanam kedelai  seluas 500 ribu  hektar untuk diwilayah NTB, untuk itu Pemerintah mecanangkan panen di tahun 2017 sebanyak 3 juta ton.

Untuk itu,  ia berharap masyarakat NTB dapat menanam kedelai dilahannya karena saat ini Bulog NTB akan membeli kedelai dari para petani tentunya dengan harga yang pantas.  Hal tersebut juga dipertegas oleh Kadis Pertanian Provinsi NTB bapak Husnul Fauzi yang mengatakan bahwa Kab. Lotim saat ini mendapatkan lahan untuk penanaman kedelai seluas 1.400 hektar, dan nantinya hasil dari para petani ini  akan diserap oleh Bulog  dengan harga terendah di petani yaitu Rp. 8.500. Namun saya berharap kepada masyarakat petani agar menanam kedelai  sesuai jarak yang di tentukan sehingga  hasilnya bisa maksimal, dan nantinya Dinas Pertanian dengan BPTP juga akan terus mendampingi para petani.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1615/Lotim Letkol Inf. Agus Setiandar S.I.P., menyampaikan bahwa Kodim 1615/Lotim juga nantinya akan membantu program dari pemerintah ini, sehingga nantinya swasembada pangan diwilayah Lotim khususnya varietas kedelai ini dapat berhasil. Saat ini  Pemerintah telah memberikan dukungan  benih dan  pupuk, nah kami (anggota Kodim 1615/Lotim) akan pengawalan dan mendampingi para petani hingga pada  penyerapan hasil pertaniannya.  Saya berjanji,  seluruh jajaran Kodim 1615/Lotim  akan terus mengawal dan membantu para petani sampai berhasil. Saat ini kita  memanfaatkan lahan bekas tanaman tembakau dan  sambil menunggu hujan turun pada bulan Desember, baru nanti akan kita ganti dengan  tanami padi. Dalam kesempatan tersebut Dandim juga menyampaikan bahwa Kodim 1615/Lotim memiliki alat yang tentunya dapat digunakan untuk mempermudah para petani dalam pengolahan lahan.  Oleh sebab itu,  Dandim mempersilahkan para petani untuk memanfaatkan  alat pertanian tersebut.  Dengan adanya kegiatan ini, mudah- mudahan di tahun  2019 negara kita khususnya wilayah NTB  tidak lagi impor  kedelai untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Dandim 1615/Lotim Letkol Inf. Agus Setiandar S.I.P., Direktur Perbenihan Pangan Kementrian Pertanian RI Bambang Sugiarto beserta rombongan,  Kadis Pertanian Kab. Lotim Ir. Zaini, Kasat Pol PP Kabupaten Lotim, Camat Keruak, Danramil 1615-04/Keruak Kapten Inf. Bimo S, Danramil 1615-07/Sakra Kapten Inf. Abdurrasyid, Kepala UPP Kec. Keuak, Kepala UPP Kec. Sakra, Kepala UPP Kec. Jerowaru, Babinsa, Kades Senyiur, serta Poktan jumlah 100 orang. (Kodim 1615/Lotim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar