Sabtu, 20 Januari 2018

Jaga Kelestarian Alam, Koramil Pekutatan Dan Warga Gelar Penanaman Bakau

Pendam IX/Udayana
Sabtu, 20 Januari 2017

Jaga Kelestarian Alam Koramil 1617-04/Pekutatan dan warga gelar penanaman Bakau di Desa Gumrih Kec. Pekutatan Kab. Jembrana, Jumat (19/1).

Anggota Koramil 1617-04/Pekutatan bersama masyarakat Desa Gumbrih melaksanakan kegiatan cinta alam dengan melakukan penanaman pohon bakau di sepanjang bibir Pantai Gumbrih.

Penanaman pohon bakau ini memiliki banyak manfaat diantaranya adalah dapat mencegah intrusi air laut yang dapat menyebabkan air tanah menjadi payau sehingga tidak baik untuk dikonsumsi, mencegah erosi dan abrasi pantai dan sebagai pencegah dan penyarung alami limbah ke Pantai.

Babinsa Gumbrih Serda Adi Rosadi mengatakan, "Dengan menanam pohon bakau ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat wilayah pesisir dengan mencegah terjadinya intrusi air laut, erosi dan abrasi", ujar Babinsa.

"Bagi kehidupan sehari-hari, hutan mangrove yang ada dapat membantu menyokong perekonomian warga yang hidup di lingkungan sekitarnya, seperti kayunya dapat digunakan sebagai kayu bakar, dijadikan tiang maupun pancang dan masih banyak lagi manfaat lainnya intinya dengan tebang pilih dan menanam kembali pohon bakau", ujarnya.


“Kita juga harus memiliki kesadaran untuk tetap dapat melestarikan hutan mangrove yang ada”, Hal senada disampaikan oleh salah satu warga yang menyampaikan bahwa manfaat dari adanya hutan mangrove begitu banyak sehingga perlu adanya kesadaran semua elemen masyarakat dalam menjaga lingkungan.  (Kodim 1617/Jembrana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar