Senin, 12 Februari 2018

Inilah Yang Dilakukan Anggota TNI Jika Ingin Naik Pangkat, “Harus Lulus Garjas UKP”


Pendam IX/Udayana
Senin, 12 Pebruari 2018

Bagi Prajurit TNI AD yang akan naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya harus melaksanakan beberapa tahapan diantaranya melaksanakan kesegaran jasmani (Garjas) yakni lari 3200 meter, pull up, push up, sitt up, shuttle run, dan renang dasar militer sepanjang 50 meter menggunakan pakaian PDL dan helm.

Kaitan dengan itu, Jasmani Militer Korem (Jasrem) 162/WB menggelar Garjas selama sepuluh hari kedepan dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) para Prajurit Korem 162/WB dan jajaran di lapangan Yonif 742/SWY Gebang Mataram, Senin (12/2).

Kajasrem 162/WB Kapten Inf I Gusti Gede Karangasem dilokasi menyampaikan pelaksanaan Garjas UKP ini sebagai salah satu syarat utama untuk kenaikan pangkat reguler. Menurutnya, bila tidak memenuhi standar nilai hasil Garjas maka secara otomatis tidak bisa diusulkan untuk kenaikan pangkat pada periode satu April 2018, maka bagi Prajurit yang tidak memenuhi persyaratan harus mengulang pada periode berikutnya.

Sebelum pelaksanaan Garjas terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan yakni tensi maupun riwayat penyakit yang pernah diderita personel bersangkutan seperti pernah patah tulang, darah tinggi dan lainnya. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan sehingga pelaksanaan Garjas dapat berjalan lancar dan aman.

Dalam pelaksanaan Garjas kali ini, dua orang tim atensi dari Kodam IX/Udayana ikut menyaksikan dan mengawasi jalannya pelaksanaan Garjas baik dilapangan maupun di kolam renang Yonif 742/SWY. (Penrem 162/WB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar