Kamis, 08 Februari 2018

Kodim 1603/ Sikka Dampingi Kelompok Tani Tanam Keledai.


Pendam IX/Udayana
Kamis, 8 Pebruari 2018

Gerakan menanam komoditas pertanian secara bersamaan oleh kelompok-kelompok tani, bisa memotivasi para petani dan para mitra pendamping, untuk mensukseskan peningkatan produktivitas komoditi pertanian dan memacu petani untuk bisa bekerja sama dan memupuk semangat bergotong royong.

“Dengan melakukan gerakan tanam bersama pada areal lahan milik kelompok tani bukan saja memacu petani yang tergabung dalam kelompok tani. Namun juga memicu petani lainnya untuk bisa menanam dan merawat komoditi yang ada agar bisa menghasilkan produksi yang lebih baik,” sebut Inocensius Siga,kepala bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, Senin (5/2/2018) di Desa Lepo Lima Kec Alok Timur Kabupaten Sikka. 

Menanam secara bersamaan kata Ino sapaannya juga memberikan contoh dan memotivasi petani untuk membudidayakan salah satu komoditas pertanian yang unggul. Gerakan ini memperat kemitraan antar institusi atau lembaga yang melaksanakan tugas-tugas dalam rangka menyuskeskan upaya khusus meningkatkan produksi menuju swasembada pangan nasional. “Juga meningkatkan kemampuan kelompok tani dalam melaksanakan fungsinya sebagai kelas belajar, wahana kerja sama sehingga mampu mengembangkan usaha agrobisnis dan menjadi organisasi petani yang kuta dan mandiri,” ungkapnya.

Dandim 1603/Sikka Letkol. Inf Sugeng Prihatin, S.Sos, M.Sc, M.Tr menyebutkan,TNI khususnya Kodim 1603/Sikka siap mendampingi, bekerja sama dan mensosialisasikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat petani di wilayah Kabupaten Sikka untuk membudayakan gerakan menanam. Gerakan tanam bersama yang dicanangkan pemerintah, sebut Sugeng, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang pertanian dalam mewujudkan swasembada pangan nasional. “Tanam bersama juga mendorong, mengajak serta memotivasi para petani agar lebih bersemangat dan bergiat lagi dalam mengolah lahan pertaniaannya agar dapat memenuhi kebutuhan akan pangan nasional umumnya dan Kabupaten Sikka khususnya,” sebutnya.

Ketahanan suatu wilayah atau daerah tegas Sugeng akan bersumber pada ketersediaan pangan dari daerah tersebut. Untuk itu dirinya mengajak para petani untuk bersama bekerja meningkatkan produktivitas pertanian.(Kodim1603/Sikka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar