Senin, 19 Februari 2018

Samakan Persepsi dan Evaluasi Kinerja Tahun 2017, Kodam IX/Udayana Gelar Rapim




Pendam IX/Udayana
Senin, 19 Pebruari 2018

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto S.I.P membuka Rapim (Rapat Pimpinan) Kodam IX/ Udayana TA 2018, Senin (19/2/2018) di Aula Makodam IX/Udayana.  

Rapim Kodam IX/Udayana yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Rapim TNI AD tahun 2018 yang dilaksanakan di Mabesadpada tanggal 5 s.d 6 Februari 2018 yang lalu yang bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan anggaran tahun 2017, menyampaikan pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI AD, menyamakan visi, misi dan persepsi serta meningkatkan soliditas para unsur pimpinan di lingkungan Kodam IX/ Udayana, dengan mengusung tema “Dengan Dilandasi Jiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern dan Kemanunggalan dengan Rakyat, Kodam IX/Udayana Siap Melaksanakan Tugas Pokok TNI AD”.

Mengawali amanatnya Pangdam menyampaikan kepada seluruh peserta Rapim dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menguatkan jalinan komunikasi yang harmonis guna menyamakan persepsi dalam bekerja sama serta memantapkan soliditas dan profesionalitas TNI AD untuk lebih optimal dalam mendukung efektivitas pencapaian tugas pokok TNI AD di tahun politik ini. 

Pangdam juga menyampaikan bahwa Dalam Rapim TNI Polri yang lalu, PresidenRepublik Indonesia mengingat-kan semakin berat dan kompleksnya tantangan kedepan. Lebih rinci lagi Panglima TNI menjelaskan bahwa ancaman kesenjangan ekonomi, senjata biologi serta perang hibrida dan siber harus diantisipasi dengan baik oleh Bangsa Indonesia.  Kasad dalam hal ini TNI AD secara bertahap melakukan penyelarasan pembangunan kekuatan-nya untuk menghadapi tantangan dan ancaman-ancaman tersebut.

Selanjutnya Pangdam menegaskan bahwa Sasaran yang ingin dicapai dalam Rapim Kodam IX/Udayana berkaitan dengan Rapim TNI AD tahun 2018 sesuai dengan program 100 hariPanglima TNI yang dijabarkan oleh program 100 hari Staf Umum AD yang terkait merupakan quick win yang harus dicapai dan merupakan penilaian utama terhadap kapabilitas dan kapasitas dari semua pejabat. Dalam Rapim TNI AD yang lalu, Kasad juga menyampaikan terkait pembangunan postur TNI AD harus lebih selektif dalam menetapkan skala prioritas agar sasaran MEF II tetap dapat tercapai pada akhir tahun 2019. 

Tahun ini merupakan awal tahun politik yang mana diperkirakan potensi konflik dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Dalam proses demokrasi ini, TNI AD harus netral dan tidak memihak, seperti yang telah ditekankan Pimpinan TNI agar senantiasa  memelihara dan meningkatkan sinergitas serta soliditas TNI Polri, TNI harus netral, tidak mudah terprovokasi dan bertindak sesuai prosedur sehingga pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu bisa berjalan lancar, aman dan tidak ada permasalahan berarti, “Ujar Pangdam”.
Mengakhiri amanatnya  Pangdam IX/Udayana menyampaikan bebarapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam pelaksanaan tugas harian sebagai berikut:

Pertama, tingkatkan profesionalisme dengan menguasai tugas dan tanggung-jawabnya masing-masing, bangun dan kembangkan profesionalisme sesuai dengan koridor aturan dan ketentuan yang ada seperti Sapta Marga, Sumpah Prajurit, serta Delapan Wajib TNI termasuk Sebelas Azas Kepemimpinan

Kedua, tanamkan dan kembangkan loyalitas dalam kehidupan parajurit karena profesionalisme jika tanpa dibarengi dengan loyalitas akan sangat berbahaya.

Ketiga, tumbuhkan dan pelihara kebanggaan terhadap profesi dalam diri setiap prajurit karena rasa ikhlas, kehormatan dan kesetiaan tumbuh karena kebanggaan. 

Keempat, ciptakan dan wujudkan kebersamaan dengan membangun komunikasi dua arah menciptakan suasana kerja yang harmonis sehingga dapat menjadi kekuatan bagi organisasi.

Hadir pada acara pembukaan Rapim (Rapat Pimpinan) Kodam IX/ Udayana TA 2018, diantaranya Kasdam IX/ Udayana, Danrem 161/ Wira Sakti, Irdam, Danrem 162/Wira   Bhakti, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam, para Perwira Staf Ahli, Asrendam, para Asisten Kasdam, LO AL, LO AU serta para Dan/Ka satuan jajaran Kodam IX/Udayana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar