Jumat, 20 April 2018

Dandim 1619/Tabanan : Jalin Keharmonisan Antara TNI Dengan Insan Media



Pendam IX/Udayana
Jumat, 20 April 2018

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Hasan Abdullah, M.Si (Han)., MPM. menggelar acara coffee morning dengan insan media yang ada di Kab. Tabanan baik media elektronik, cetak maupun media online bertempat di Makodim 1619/Tabanan, Jumat (20/4).

Acara coffee morning ini dimulai pukul 0900, dihadiri oleh 20 orang insan media dan perwira jajaran Kodim 1619/Tabanan. Acara berlangsung dalam suasana akrab dan kekeluargaan dimeriahkan dengan musik, dengan tujuan untuk menjalin keakraban dan sinergitas dengan insan media.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1619/Tabanan menyampaikan bahwa sebagian tugas TNI AD saat ini bersinggungan dengan bidang-bidang di luar militer. Hal ini terkait dengan perspektif ancaman nasional saat ini yang kompleks dan dinamis, sehingga membutuhkan ketahanan nasional yang menyeluruh dalam wadah Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta).

Sementara itu, peran insan jurnalistik dalam perjuangan nasional sejak dulu hingga sekarang terus menunjukkan signifikansinya. Telah tercatat dalam sejarah bahwa sebagian perjuangan kemerdekaan Indonesia dilakukan melalui media jurnalistik. Sebut saja tokoh-tokoh pergerakan nasional seperti Dr. Douwes Dekker, Ir. Soekarno, dan tidak ketinggalan Ketut Tantri, seorang warga Amerika yang cinta Bali memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui jurnalistik. Dalam periode berikutnya, insan pers juga berperan dalam lahirnya Orde Baru dan Orde Reformasi serta perjuangan dalam pembangunan sampai saat ini.

Ditinjau dari latar belakang jurnalistik di Indonesia tersebut, dapat dikatakan bahwa jati diri wartawan itu sebenarnya identik dengan jati diri prajurit. Jika kita mengenal prajurit rakyat, prajurit pejuang, prajurit nasional dan prajurit profesional sebagai jati diri prajurit, tentunya tidak salah bila wartawan juga memiliki jati diri sebagai wartawan rakyat, yang berasal dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat; wartawan pejuang, yang berjuang pantang menyerah dengan semangat pengabdian pada bangsa dan negara dilandasi idealisme jurnalistik; wartawan nasional, yang memiliki nasionalisme, anti SARA dan berdiri di atas semua golongan; serta wartawan profesional yang berpengetahuan luas dan memiliki keterampilan yang baik dalam penulisan jurnalistik.

Dengan jati diri yang identik tersebut, tentunya TNI dapat bersinergi dengan para insan jurnalistik dalam perjuangan mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia. Sinergi tersebut perlu dibangun melalui komunikasi yang baik antara TNI AD dalam hal ini Kodim 1619/Tabanan dengan persatuan wartawan yang ada di Tabanan.

Dihadapkan dengan isu saat ini, Dandim 1619/Tabanan menekankan perlunya perhatian pada fenomena maraknya simbol-simbol yang tidak etis terkait pornografi pada ruang publik seperti iklan atau tanda nama dagang dan lagu-lagu. Media dapat mengambil peran untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak negatif hal-hal tersebut terhadap perkembangan kejiwaan generasi muda.

Dandim 1619/Tabanan juga menyoroti masalah kasus bunuh diri di wilayah Bali. Kemarin (19/4) telah terjadi kasus bunuh diri di Bangli. Khususnya di Tabanan, sepanjang tahun 2017 tercatat 14 kasus bunuh diri dan pada Triwulan I 2018 tercatat empat kasus bunuh diri. Perlu langkah-langkah yang signifikan dari semua pihak untuk menghentikan fenomena ini. Kasus bunuh diri yang berterusan seperti ini merupakan ancaman dan kerawanan nyata bagi kelangsungan hidup bangsa, karena terkait dengan mental dan semangat juang bangsa yang menjadi center of gravity dari kekuatan bangsa Indonesia.

TNI dan insan jurnalistik dapat bersinergi dalam upaya ini. Kita perlu mendorong kepedulian masyarakat terhadap warga yang kurang mampu secara ekonomi atau mengalami permasalahan-permasalahan lain sehingga tidak mengambil jalan pintas dengan cara bunuh diri.

Menghadapi Pilgub ini, Dandim 1619/Tabanan mendorong seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam menciptakan suasana kondusif dan aman. Netralitas TNI merupakan nilai yang tidak bisa ditawar.

Dandim 1619/Tabanan selanjutnya berharap agar sinergi dan harmoni antara insan media dengan TNI khususnya Kodim 1619/ Tabanan dapat terjalin dengan baik dan tidak terputus. (Kodim 1619/ Tabanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar