Kamis, 19 April 2018

Kunker Waaster Kasad TNI AD, Apresiasi Terhadap Pelaksanaan TMMD



Pendam IX/Udayana
Kamis, 19 April 2018

Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI, Brigadir Jendral TNI Dudung Abdulrahman SE MM melakukan kunjungan kerja ke lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 di Desa Pangsan, Petang, Kamis (19/4).

Pada kesempatan ini, Waaster Kasad ini secara tegas menyatakan apresiasi terhadap pelaksanaan TMMD ke -101 yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan ini menyentuh dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Misalnya di Desa Pangsan ini, warga sekarang memiliki akses jalan yang lebih baik. Bahkan terjalin semangat kebersamaan dan gotong royong dalam mengerjakan jalan,” katanya.

Dia melanjutkan, bahwa memang TNI dan rakyat sudah saatnya bersama-sama. Ini dikarenakan TNI datang dari rakyat, dengan demikian kebersamaan dalam TMMD adalah sesuatu yang selaras dengan slogan: dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Sementara itu, Dandim 1611/Badung Letkol inf Handoko Yudho Wibowo SE menyatakan, terpilihnya lokasi TMMD adalah secara ‘bottom up’ atau usulan dari bawah.

“Dan terpilihnya Desa Pangsan, untuk mensukseskan program pemda dalam pengembangan desa wisata,” ujar Dandim 1611/Badung.

Dia meneruskan, sejumlah program yang direalisasikan adalah membuat akses jalan terdekat menuju Pura Bergiding, membuat senderan untuk mencegah longsor dan melaksanakan kegiatan nonfisik untuk membuka wawasan masyarakat pedesaan.

Pada kegiatan tatap muka Waaster Kasad TNI Brigadir Jendral TNI Dudung Abdulrahman SE MM dengan masyarakat, maka Bendesa Adat Pangsan Gusti Nyoman Oka menyampaikan harapan agar tahun depan TMMD kembali dilaksanakan di desanya.

“Kami sangat mengharap agar tahun depan Bapak-Bapak TNI bisa membuat program di desa kami lagi. Karena pendidikan di tempat kami masih sangat kurang. Ya kebanyakan dari kami soalnya tinggal di dusun-dusun,” kata Nyoman Oka.

Menanggapi hal ini, Waaster Kasad menekankan bahwa pelaksanaan TMMD itu setiap tahun mengambil sasaran desa yang berlainan.

“Jika ada program desa yang belum selesai, bisa diusulkan melalui Babinsa, selanjutnya ke Danramil, dan kemudian diteruskan ke Bupati Badung,” katanya.

Usai acara temu muka dengan warga, dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi sejumlah warga Desa Pangsan.

Sebagai acara terakhir, Waaster Kasad melakukan kunjungan ke rumah veteran I Gusti Putu Jaga, yang tengah dilakukan bedah rumah. Bahkan Waaster Kasad memberikan sejumlah santunan bagi istri veteran itu.

Pada kunjungan ini, Waaster Kasad didampingi Danrem 163/Wira Satya Kol TNI Arh I Gede Widiyana SH, Dandim 1611/Badung Letkol Inf Handoko Yudho Wibowo SE, Wakapolres Badung Kompol Komang Budi, Sekdis BPMD Badung Gusti Putu Ariawan, Camat Petang IB Nata Manuaba dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (Kodim 1611/Badung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar