Rabu, 18 April 2018

Patroli Patok Batas, Satgas Pamtas RI-RDTL Gandeng UPF Timor Leste




Pendam IX/Udayana
Rabu, 18 April 2018

Tugas pokok Satgas Pamtas Yonif 743/PSY Sektor Timur yaitu menjaga daerah perbatasan antara wilayah Republik Indonesia dengan negara tetangga Timor Leste (RDTL). Demikian himbauan Dansatgas Pamtas Yonif 743/PSY Mayor Inf I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban anggota satgas khususnya Pos Lookeu untuk melaksanakan patroli patok secara rutin di sepanjang wilayah batas NKRI-RDTL.

Pos Lookeu yang menjadi salah satu Pos Perbatasan yang berada di wilayah Kec. Tasifeto Timur, Kab. Belu pada hari Rabu, 18 April 2018 melaksanakan patroli patok batas. Patroli patok tersebut dipimpin langsung oleh Danpos Lookeu Letda Inf Adam Prawira.

Dalam kegiatan patroli tersebut turut serta bersama dengan Patop Satgas Kapten Ctp Ketut Jimy dan beberapa anggota dari UPF Timor Leste yang dipimpin oleh Danki UPF Inspektor Joao Batista Ferreira. Kegiatan patroli patok bersama dengan UPF Timor Leste tersebut baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Pos Lookeu.

Danpos Lookeu Letda Inf Adam Prawira mengungkapkan kegiatan patroli bersama ini bertujuan untuk menjalin kerja sama dan koordinasi yang baik dengan UPF Timor Leste dalam menjaga wilayah perbatasan RI-RDTL.

"Kegiatan patroli bersama seperti ini yang ingin kami lakukan dan jalin dengan UPF Timor Leste agar ke depan kita bisa saling menjaga wilayah perbatasan baik Indonesia maupun Timor Leste",lanjut Letda Inf Adam Prawira.

Pendapat yang positif juga diutarakan oleh Patop Satgas, Kapten Ctp Ketut Jimy. Beliau mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan patroli patok bersama ini, anggota satgas pamtas khususnya Pos Lookeu bisa menjalin hubungan yang baik dengan UPF Timor Leste.

Danpos Lookeu Letda Inf Adam Prawira beserta anggota Pos Lookeu berharap kegiatan seperti ini bisa lebih baik dan efektif dan tentunya akan dilaksanakan secara rutin. Walaupun jarak tempuh patroli patok di wilayah Pos Lookeu cukup jauh akan tetapi tidak menjadi penghalang bagi anggota Pos untuk menjaga patok-patok batas. (Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar