Senin, 23 April 2018

Pendakian Menuju Tugu Trisula Yonif 742/SWY, Danrem Bakar Semangat Peserta Tradisi



Pendam IX/Udayana
Senin, 23 April 2018

“Prajurit Infanteri harus menguasai daratan, lautan dan ketinggian yang ada di wilayah yang menjadi tanggungjawabnya”, kata Danrem 162/WB Kolonel Inf H. Farid Makruf, M.A., saat melepas 95 orang personel Yonif 742/SWY untuk melaksanakan Tradisi Pembarentan ke Gunung Rinjani di Mayonif 742/SWY Gebang Mataram, Senin (23/4).

Dilanjutkannya, Tradisi satuan seperti ini harus dihidupkan kembali dan diteruskan agar kecintaan dan kebanggaan terhadap satuan betul-betul tertanam dalam jiwa sanubari sehingga Prajurit Yonif 742/SWY mengetahui semua wilayah yang harus dikuasai apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada kesempatan tersebut, Danrem juga menyampaikan pengalamannya melaksanakan pendakian Gunung Rinjani pada bulan lalu yang penuh dengan tantangan.

“Nikmati setiap jengkal langkah, tetap semangat dan selalu bergembira karena melakukan pendakian tidak cukup hanya dengan kesiapan fisik, namun juga kesiapan mental dan semangat sangat diperlukan”, kenangnya.

Danrem juga berpesan agar selama melaksanakan pendakian jangan sombong dan berbuat macam-macam setelah nyampai diatas ketinggian sehingga semua dapat berjalan aman, lancar dan selamat hingga kembali ke satuan.

Ditempat yang sama, Danyonif 742/SWY Letkol Inf Agus Prihanto Donny, S.Sos., menyampaikan tradisi pembaretan dengan melakukan pendakian ke Gunung Rinjani ini merupakan tradisi satuan yang awali tahun 2005 oleh Danyonif yang lama yaitu Letkol Inf J. Hotman Hutahaean, S.Sos hingga tahun 2012. “Alhamdulillah hari ini kita akan meneruskan tradisi tersebut”, tegas Danyon.

Diungkapkannya, jangka waktu dari 2012 hingga sekarang itu, tradisi ini tidak dilaksanakan karena banyaknya kesibukan satuan. “Seluruh personel yang belum melaksanakan tradisi mulai tahun 2013 hingga 2018 akan kita ikutkan secara bertahap sampai habis”, ujarnya.

Sebanyak 95 orang personel yang terdiri dari 5 orang Perwira dan Bintara serta Tamtama beserta para pendukung tersebut akan memulai pendakian dari Senaru Kecamatan Bayan menuju Tugu Trisula Yonif 742/SWY yang dibangun oleh pendirinya diatas Gunung Rinjani sebagai tempat pembaretan oleh Komandan Yonif 742/SWY. (Penrem 162/WB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar