Jumat, 20 April 2018

Ukur Tinggi dan Berat Badan, Satgas Pamtas bersama Puskesmas Jemput Bola Suluhkan Kesehatan



Pendam IX/Udayana
Jumat, 20 April 2018

Sebanyak 30 orang remaja di Desa Dafala Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu dicek berat badan dan tensi darah oleh petugas medis dari Puskesmas Wedomu dan tenaga kesehatan Satgas Pamtas. Kegiatan penyuluhan kesehatan tentang reproduksi pada remaja ini diselenggarakan Satgas Pamtas Pos Dafala bekerja sama dengan Puskesmas Wedomu.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY Mayor (Inf) I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP melalui Dankipur III Kapten (Inf) Jamrizal mengatakan bahwa Satgas bersama Puskesmas Wedomu melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan reproduksi bagi remaja di Desa Dafala. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada remaja tentang kesehatan reproduksi sehingga terhindar dari segala bentuk penyakit.

Selain itu, masyarakat di perbatasan harus sehat agar mereka bisa beraktivitas dengan lancar dalam memenuhi kebutuhan hidup. Dalam kegiatan tersebut, hadir 30 remaja dari dusun Dubasa A dengan rentang usia 16-20 tahun. Selain mendengarkan paparan materi, para remaja juga dicek berat badan lalu tensi darah. Mereka juga mendapatkan pengobatan gratis.

Bidan dari Puskesmas Wedomu, Yustina Sitorus mengatakan, daerah perbatasan masih banyak aspek yang belum terpenuhi termasuk urusan kesehatan dan pendidikan. Pasalnya, masih banyak remaja yang menikah dan mempunyai anak di usia muda, seperti usia anak SMP. Dari sisi kesehatan, kondisi ini sangat rentan terjadi masalah kesehatan. Kemudian, ketika remaja sudah keadaan hamil maka secara otomatis meninggalkan sekolah bahkan putus sekolah.

Masalah lainnya adalah banyak warga tinggal di daerah yang sangat jauh dengan puskesmas sehingga masyarakat sangat minim dengan infromasi kesehatan. Melihat kondisi demikian, lanjut Yustina, Satgas bersama Puskesmas Wedomu melakukan sosialisasi dengan pola mengunjungi masyarakat atau pola jemput bola. Melalui pola ini, masyarakat merasa terbantu karena lebih efektif dan mudah dijangkau. (Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar