Jumat, 20 Juli 2018

Kodim 1616/Gianyar Gandeng BKKBN Gelar Pelayanan KB Kesehatan


Pendam IX/Udayana
Jumat, 20 Juli 2018

Operasi Bhakti KB-Kesehatan Kotama Ops TNI TA. 2018 dilaksanakan di depan Pasar Umum Payangan, Kabupaten Gianyar, Kamis (19/07) dengan tema "Melalui Program KB-Kes Kita Wujudkan Keluarga Yang Sehat Cerdas Dalam Rangka Menyongsong Masa Depan Bangsa Yang Lebih Baik Dan Sejahtera".

Bentuk kerjasama antar instansi dalam mendukung program pemerintah ditunjukan oleh Kodim 1616/Gianyar bekerja sama dengan BKKN Kabupaten Gianyar dalam pelaksanaan pelayanan KB  bagi masyarakat secara gratis dan menjangkau wilayah yang cukup jauh dari tempat pelayanan kesehatan.

Pelaksanaan pelayanan KB bagi masyarakat yang digelar di depan Pasar Umum Payangan dihadiri langsung oleh Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav. Asep Noer Rohkmat, S.E.,  beserta jajaran, perwakilan Kodam IX/Udayana didampingi Tim BKKBN Provinsi Bali serta PLKB Kabupaten Gianyar beserta Tim Kesehatan. Kegiatan tersebut secara antusias diikuti oleh ibu-ibu yang tinggal di seputaran Payangan. 

BKKBN Provinsi Bali Kerja sama antara Kodim 1616/Gianyar dengan BKKBN Provinsi Bali ditujukan untuk memberikan pelayanan KB seperti pemasangan KB IUD, pemeriksaan KB pria (MOP) dan pemeriksaan Implan.

Dandim 1616/Gianyar yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud partisipasi TNI dalam membantu kesulitan masyarakat di pedesaan. 

"Kami bekerja sama dengan BKKBN Provinsi Bali dan Kabupaten Gianyar secara berkesinambungan dengan memanfaatkan program KB untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera", ungkap Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan bahwa harapan ke depannya, sinergitas antara Kodim 1616/Gianyar dengan pihak BKKBN dapat terjalin dengan baik karena masih banyak kaum ibu yang belum ber-KB terutama di pelosok pedesaan. Melalui Para Babinsa Kodim 1616/Gianyar kami berupaya mendata dan memberikan informasi kepada pihak BKKBN terutama PLKB yang berada di masing-masing desa bilamana ada ibu-ibu yang belum menggunakan alat kontrasepsi maupun yang berniat memasang alat kontrasepsi.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala UPT Puskesmas Payangan, dr. I Gusti Ngurah Putra.

"Kami dari UPT merasa sangat terbantu dengan kerjasama yang dilakukan oleh pihak TNI dengan BKKBN untuk menyelenggarakan program ini di Payangan dan kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali di wilayah Kecamatan Payangan ke depannya", ujar dr. I Gusti Ngurah Putra. (Kodim 1616/Gianyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar