Jumat, 20 Juli 2018

Penyuluhan Bahaya HIV/AIDS di TMMD Sadarkan Warga Tentang Pergaulan Bebas


Pendam IX/Udayana
Jumat, 20 Juli 2018

Penyelenggara TMMD ke 102 Kabupaten Jembrana bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Jembrana melaksanakan Sosisalisasi bertempat di Aula Kantor  Ds. Delod Berawah, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, pada hari Kamis (19/7) tentang HIV/AIDS kepada Siswa-siswi SMU se Kec. Mendoyo dalam rangka kegiatan Non Fisik TMMD ke 102, dengan Tema "Sinergitas TNI dan Mahasiswa dalam pengenalan Bahaya serta Pencegahan HIV/AIDS dikalangan Remaja".

Rangkaian kegiatan non fisik program TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) ini, mendapat antusias dari masyarakat, melalui upaya giat pemeriksaan penyakit mematikan ini.

Menurut Kabid Binkesmas Dinas Kesehatan Kab. Jembrana (dr. I Wayan Sujana) sebagai Narasumber penyuluhan tersebut sangat penting dan perlu dikembangkan terutama untuk anak usia remaja atau pelajar SMA. Karena mereka sangat rentan dalam bergaul dengan lawan jenis nya. Ketidaktahuan mereka tentang HIV/Aids akan sangat rawan bagi diri mereka sendiri serta berpeluang terhadap terjangkitnya virus HIV.

“Harapan besar kami kegiatan-kegiatan seperti ini bisa di lakukan secara merata pada seluruh desa-desa di kabupaten Jembrana sehingga data kasus orang yang terinfeksi HIV di Kabupaten Jembrana dapat di temukan dan dapat menekan prefalensi penularan HIV baru pada masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Kasus  HIV yang ada saat ini diwilayah Kab. Jembrana merupakan kasus gunung es. Artinya yang terdata hanya sekian namun sebenarnya faktanya tentu lebih banyak dari yang terdata, Maka dibutuhkan peran serta semua pihak, terutama andil orang tua untuk mensosialisikan bagaimana bahaya dan dampak dari penularan HIV/AIDS.

Sementara itu, Wadan Satgas TMMD ke 102 (Mayor Inf. Ngakan Made Marjana) pada intinya menyampaikan pelaksanaan penyuluhan HIV/AIDS dilaksanakan dalam rangka kegiatan Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa Ke 102 di Ds. Delod Berawah, kegiatan penyuluhan bekerjasama dengan Dinas kesehatan Kab. Jembrana dan didukung aparat desa dan Mahasiswa KKN (Undiksa, IHDN, USN), penyuluhan HIV/AIDS  di berikan kepada siswa - siswi SMU se Kec. Mendoyo, diharapkan kepada siswa - siswi agar memperhatikan secara seksama apa yg di jelaskan oleh narasumber.

“TNI hadir ditengah-tengah masyarakat Dadap dalam bentuk program TMMD, tetapi diluar itu, Babinsa yang sudah ditempatkan di desa-desa, sudah turut mendukung dan andil dalam sosialisasi di lapangan,” imbuhnya.

Ia berharap, kegiatan sosialisasi bekerjasama dengan Pemkab dan LSM HIV/AIDS Kabupaten Jembrana sangat bermanfaat untuk masyarakat Delodbrawah khususnya, sehingga kasus tersebut lambat laun dapat ditekan secara bersama-sama. (Kodim 1617/Jembrana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar