Kamis, 30 Agustus 2018

Antisipasi Dini, Danramil Payangan Sosialisasikan Informasi Potensi Bencana Alam


Pendam IX/Udayana
Kamis, 30 Agustus 2018

Danramil 1616-07/Payangan sosialisasikan kegiatan Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam terhadap tokoh masyarakat dan warga Desa Puhu di Aula Kantor Desa Puhu Kecamatan Payangan, Kamis (30/8).

Potensi terjadinya Bencana alam dihadapkan dengan situasi cuaca saat ini sangat memungkinkan dapat terjadi, apalagi secara umum di wilayah Kecamatan Payangan secara kontur tanah memiliki tanah tebing yang sangat labil apabila terjadi hujan sering menimbulkan longsor ditambah dengan kondisi tanah yang berbentuk pegunungan dengan mayoritas warganya tinggal di rumah pada posisi ketinggian. Hal ini menjadi perhatian pihak Pemerintah Kabupaten Gianyar termasuk Koramil 1616-07/Payangan.

Pada kesempatan ini, Danramil 1616 -07/Payangan Kapten Inf Wayan Sumerta mengambil langkah dengan memberikan sosialisasi Potensi Bencana Alam bekerjasama dengan pihak BPBD Kabupaten Gianyar dihadiri beberapa tokoh masyarakat dan warga Desa Puhu Payangan.

Peranan TNI salah satunya ikut serta dalam penanggulangan bencana alam baik berupa tanah longsor, Tsunami, Gempa Bumi maupun bencana lainnya, sesuai dengan Tugas Pokok TNI tertuang dalam UU TNI No 34 tahun 2004 dimana tercantum tugas Operasi Militer Selain Perang/OMSP.

Dengan kegiatan membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan dan membantu pemerintah daerah sehingga peran TNI ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terkena musibah. (Kodim 1616/Gianyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar