Jumat, 24 Agustus 2018

Danramil Maritaing Beserta Babinsa dan Anggota Poktan Mengecek Irigasi



Pendam IX/Udayana
Jumat, 24 Agustus 2018

Komandan Koramil bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1622-03/Maritaing melaksanakan kegiatan pengecekan irigasi yang mengaliri air sepanjang lahan pertanian Desa Air Mancur Kecamatan Alor Timur Laut Kabupaten Alor, Kamis (23/8/2018).

Kegiatan pengecekan irigasi merupakan bagian dari tugas pendamping Babinsa kepada kelompok Tani di desa binaan sehingga petani dalam melakukan musim tanam tidak terhambat.

Serda Joao Franklin menyampaikan, tidak hanya pengecekan, kita juga mengajak masyarakat untuk membersihkan saluran irigasi yang telah banyak sampah yang tertumpuk di pintu-pintu air.

“Saluran yang dipenuhi sampah kita bersihkan, agar tidak terganggu aliran air ke sawah dan masyarakat pun dapat dengan mudah menanam padi maupun mengolah lahan sawah,” ujar Franklin.

Terlihat Komandan Koramil 1622-03/Maritaing Kapten Inf Fahrudin, Bati Tuud Ramil 03/Maritaing Pelda Melianus Kay turut memantau saat pembersihan irigasi. Kita lakukan pengecekan setiap minggu sehingga saluran irigasi bersih dan airnya lancar sampai padi bisa panen nanti.

Disampaikan Danramil, kerusakan dan penyumbatan aliran irigasi dapat berpengaruh terhadap pengairan bagi areal persawahan yang berakibat pada produksi pertanian, sehingga bila tidak segera diatasi dapat menjadi hambatan bagi terwujudnya swasembada pangan, jelas Fahtudin.

“Babinsa perlu lakukan pengecekan dan pemantauan secara rutin dan kontinyu sehingga aliran air tidak terkendala,” tambahnya. (Kodim 1622/Alor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar