Selasa, 07 Agustus 2018

Gempa Bumi Kembali Guncang Lombok, TNI Bangun Tenda Rumah Sakit Lapangan


Pendam IX/Udayana
Selasa, 7 Agustus 2018

Gempa bumi kembali mengguncang Lombok Nusa Tenggara Barat pada Minggu  (5/8) sekitar pukul 19.46 Wita dengan skala yang lebih besar dari sebelumnya. Gempa dengan kekuatan 7,0 skala richter berlokasi  antara 8,25 Lintang Selatan dan 116,49 Bujur Timur atau sekitar 27 km timur laut Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 15 km.

Diperkirakan ribuan rumah mengalami rusak berat maupun rusak ringan dan juga terdapat  korban jiwa di seluruh Pulau Lombok, namun kerusakan yang paling parah terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Utara (KLU), sementara pendataan terus dilakukan untuk memastikan jumlah korban jiwa, luka-luka maupun kerusakan bangunan akibat dari gempa tersebut.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., yang sedang berada di Koramil 1606-02/Tanjung menyampaikan bahwa “Panglima TNI sudah memberikan instruksi untuk memberangkatkan Tim Dukungan Kesehatan dari Batalyon Kesehatan (Dukkes Yonkes) Divisi 2 Kostrad yang bermarkas di Malang dan Alhamdulillah mereka sudah tiba di lokasi bencana serta secara langsung langsung membangun tenda Rumah Sakit Lapangan, untuk segera dapat membantu warga yang membutuhkan pertolongan kesehatan”.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, selain Batalyon Kesehatan Kostrad juga ada Satuan Setingkat Kompi dari satuan TNI Angkatan Laut maupun Brimob Polri, sementara Pasca Gempa semalam seluruh personel  Korem 162/Wira Bhakti maupun Kodim jajaran langsung melaksanakan tanggap darurat untuk melaksanakan pendataan dan pagi harinya mereka sudah secara langsung turun kelapangan untuk membantu mengangkat jenazah para korban, maupun warga yang mengalami luka-luka dan patah tulang baik yang ada di rumah warga maupun di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung KLU, dan untuk data korban secara  lengkapnya masih terus dilakukan pendataan sambil mengevakuasi warga yang masih belum tersentuh pertolongan.

Pangdam IX/Udayana bersama rombongan secara langsung melaksanakan pemantauan kelokasi gempa diseluruh wilayah Kabupaten Lombok Utara mulai dari Kecamatan Pemenang hingga Kecamatan Bayan, untuk memastikan adanya korban dan kerusakan sebagai dampak dari bencana gempa bumi serta memberikan dukungan moril kepada warga masyarakat. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar