Jumat, 03 Agustus 2018

Hari Kedua, TNI Lanjutkan Gelar Karbak Bersihkan Reruntuhan Bangunan Warga


Pendam IX/Udayana
Jumat, 3 Agustus 2018

Ratusan personel TNI dari gabungan Korem 162/WB bersama Kodim 1615/Lotim, Yonif 742/SWY dan Pramuka Saka Wira Kartika binaan Korem melanjutkan karya bhakti membersihkan puing-puing akibat gempa di Kecamatan Sembalun maupun Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur, NTB, Kamis (2/8).

Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Setiandar, S.IP., yang berada dilokasi menyampaikan kegiatan pembersihan puing-puing bangunan ini dilaksanakan agar warga yang memiliki rumah bisa merapikan atau menyiapkan ulang bentuk bangunan rumahnya kedepan. 

"Seluruh personel sudah dibagi menjadi beberapa kelompok dengan sasaran masing-masing baik di Kecamatan Sembalun maupun Sambelia dipimpin satu orang Perwira untuk memudahkan pengendalian dan kontrol", ungkapnya.

Menurutnya, pembersihan puing-puing bangunan ini mengutamakan rumah-rumah yang roboh atau rusak berat, sedangkan rusak ringan jika masih bisa dibersihkan oleh pemiliknya maka cukup dengan pemiliknya.

Berbeda dengan kondisi di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara (KLU), hingga saat ini bangunan yang terkena musibah gempa masih belum dibersihkan.

Menurut keterangan Danramil 1606-03/Bayan Kapten Inf Made Suandi menyampaikan untuk perumahan warga yang terkena musibah gempa di Kecamatan Bayan belum bisa dibersihkan karena masih status tanggap darurat bencana alam gempa bumi.

Hal itu sambungnya, sesuai hasil rapat bersama unsur Forkompda KLU, BNPB, BPBD maupun pihak terkait pada Senin lalu memutuskan belum bisa dilaksanakan pembersihan sambil menunggu hasil rapat berikutnya.

"Untuk kegiatan pembersihan menunggu hasil rapat berikutnya atau menunggu petunjuk dan arahan dari pimpinan", pungkasnya. (Kodim 1615/Lotim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar