Jumat, 24 Agustus 2018

Komisi V DPR RI Kunjungi Posko PDB, Dansatgas Berikan Paparan


Pendam IX/Udayana
Jumat, 24 Agustus 2018

Ketua Komisi V DPR RI Ir. Fary Djemy Francis, M.MA., beserta rombongan siang tadi mengunjungi Posko Penanggulangan Darurat Bencana (PDB) gempa Lombok NTB di lapangan Super Semar Tanjung Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang diterima langsung Dansatgas PDB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han., dan Bupati KLU Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH., Kamis (23/8).

Dalam paparannya, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han., yang sekaligus juga menjabat sebagai Danrem 162/WB menyampaikan kondisi terakhir tentang kerugian dan proses penanganan korban pasca gempa.

“Data terakhir yang dapat kami himpun yakni jumlah korban jiwa sebanyak 555 orang, rumah rusak sebanyak 76.765 unit, 1.229 fasilitias umu dan tempat ibadah rusak dan jumlah pengungsi sebanyak 402.529 orang yang tersebar di seluruh Pulau Lombok dan Sumbawa”, sebutnya.

Selain itu, Danrem menjelaskan upaya evakuasi dan penyelamatan korban saat bencana gempa, peruntuhan bangunan pembersihan puing-puing bangunan dilakukan atas seijin pemilik rumah atau Ruko dengan skala prioritas disepanjang jalan protokol baik di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Barat yakni di Kecamatan Gunungsari dan KLU.

Dilanjutkannya, Satgas dari Psikologi TNI bekerjasama dengan relawan Psikolog membantu pemulihan mental (mental healing) kepada anak-anak korban gempa dengan berbagai macam permainan, belajar menggambar dan mewarnai, dan mengaji. Berbagai perlombaan juga dilakukan untuk menghibur anak-anak korban gempa dilakukan oleh TNI dan Polri bersama relawan sosial lainnya.

Sementara dari Ketua Komisi V DPR RI Ir. Fary Djemy Francis, MMA. menyampaikan pasca gempa harus ada pernyataan dini dan proses evakuasi itu menjadi mitra kerja kami dengan BPBD dan Basarnas serta instansi atau Lembaga yang tergabung dalam PDB.

“Berkaitan dengan infrastruktur dalam minggu depan akan kita sampaikan data dan fakta kepada Bupati terutama program-program yang berkaitan dengan Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan”, jelasnya.

Terkait dengan rahbilitasi dan rekonstruksi sambungnya, akan dibahas dengan mitra kerja Komisi V secepatnya dalam waktu dekat.

Pada kesempatan tersebut dirinya juga menyampaikan maksud kedatangannya ke Posko PDB untuk memberikan dukungan kepada Dansatgas PDB dan jajarannya serta Bupati dan seluruh masyarakat atas musibah gempa yang terjadi.

Mengakhiri sambutannya, Fary juga menyampaikan turut berbela sungkawa kepada masyarakat yang terkena musibah gempa Lombok Sumbawa.

Selanjutnya, Ketua Komisi V DPR RI bersama rombongan didampingi Dansatgas PDB dan Bupati KLU melihat langsung kondisi para pengungsi di tenda pengungsian Lapangan Super Semar Tanjung KLU. (Penrem 162/WB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar