Jumat, 17 Agustus 2018

Mengharukan! Tidak Kalah Meriah, Begini Suasana HUT ke 73 RI di Tapal Batas


Pendam IX/Udayana
Jumat, 17 Agustus 2018

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 RI, dua Bendera Merah Putih berukuran raksasa dibentangkan di tebing jalan Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

Kamis (16/8) bendera merah putih pertama berukuran 70×50 dibentangkan dengan cara rapling di tebing gunung Sarabon dua jalur Dusun Mota’ain, Desa Mota’ain oleh prajurit TNI, Polri dan Basarnas.

Hadir dalam aksi kegiatan itu Bupati Belu, Sekda Belu, Kapolres Belu, Dandim 1605/Belu, Wadan Satgas Yonif 743/PSY, Danposal Atambua, Kepala Imigrasi Atambua, Kepala BNNP Mota’ain, Beacukai serta Perwira Polres Belu, Kodim Belu, Satgas Yonif 743/PSY.

Kegiatan yang diprakarsai Polres Belu bekerja sama dengan Pemda dan TNI melibatkan juga personel Polres Belu, Brimob Atambua, Kodim 1605/Belu, Yonif Raidersus 744/SYB, Satgas Yonif 743/PSY, tokoh Agama, tokoh masyarakat, Mahasiswa serta pelajar SMP dari Kecamatan Tastim yang ikut berpartisipasi.

Saat bendera raksasa dibentangkan peserta yang hadir berdiri berbaris sambil memegang bendera kecil ditangan memberikan penghormatan seraya mengumandangkan lagu kemerdekaan Indonesia Raya.

Selesai dari membentangkan bendera raksasa di tebing, kegiatan dilanjutkan dengan pembentangan bendera merah putih kedua sepanjang 2,2 Km di dalam kompleks atau area PLBN Mota’ain yang berbatasan langsung dengan Distric Batugade.

Wilayah ini merupakan batas antara Timor Leste dan RI dan di wilayah ini terdapat PLBN megah sebagai pintu masuk masyarakat ketika hendak ke Timor Leste atau pun sebaliknya.

Adapun bendera dibentangkan dengan cara dipegang setiap warga sipil maupun aparat keamanan mulai dari pintu lintas batas mengelilingi atau mengutari jalur dalam kompleks PLBN sembari menyanyikan lagu-lagu perjuangan Indonesia.

Anggota Polri, TNI, masyarakat umum, tokoh agama dan para pejabat pemerintah termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat pun kembali berbaur membentangkan bendera di tapal batas. Peserta mengusung bendera merah putih mengelilingi pos lintas batas negara RI-RDTL.

Kegiatan akbar yang berlangsung meriah dan semarak ini tidak menganggu arus keluar masuk kendaraan dan warga dari dan ke Timor Leste maupun sebaliknya. Sejumlah penumpang kendaraan travel dari Indonesia ke Timor Leste justru ikut berbaur membentangkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar