Senin, 20 Agustus 2018

Pangdam Awasi Proses Pembersihan Puing Reruntuhan Gempa Lombok


Pendam IX/Udayana
Senin, 20 Agustus 2018

Memastikan pemulihan dampak bencana gempa yang terjadi di wilayah Nusa Tenggara Barat berjalan dengan baik, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., melakukan peninjauan dan pengawasan secara terus-menerus. Seperti, Senin  (20/8) Pangdam meninjau langsung kegiatan pembersihan puing-puing yang dilakukan aparat TNI di Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Pangdam, didampingi Asintel Kasdam IX/Udayana,Asops Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana dan Kapendam IX/Udayana pada Senin pagi melakukan pengecekan dan peninjauan pembersihan puing-puing reruntuhan bangunan yang dilakukan aparat TNI di salah satu lokasi terkena dampak bencana gempa cukup parah yaitu di Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang.

Pembersihan material bangunan yang dilakukan oleh TNI bersama masyarakat terus dilakukan hingga menggunakan alat berat sebagai upaya dapat dengan cepat memulihkan kondisi wilayah dan juga dapat mengurangi dampak trauma masyarakat akibat bencana yang terjadi semenjak awal Bulan Agustus 2018 lalu dan sampai saat ini masih terus terjadi guncangan.

Tanpa kenal lelah, proses evakuasi maupun pembersihan dan perbaikan berbagai fasilitas masyarakat akan terus dimaksimalkan oleh TNI, hal ini dimaksudkan sebagai upaya agar cepat pulihnya kondisi baik infrastruktur maupun psikhis masyarakat Lombok khususnya. Dan sampai saat ini guncangan gempa masih terus terjadi, namun TNI akan selalu ada ditengah-tengah masyarakat dalam situsi dan kondisi apapun.

Disisi lain, Propinsi NTB yang merupakan wilayah teritorial Kodam IX/Udayana sehingga Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., selaku Pangdam IX/Udayana berkomitmen akan terus mengawal proses pemulihan dampak bencana ini hingga tuntas dan masyarakat dapat segera melakukan aktifitasnya seperti semula.

Disela-sela mendampingi Pangdam, Kapendam IX/Udayana Letkol Kav Jonny Harianto G., S.I.P., menyampaikan bahwa salah satu tugas pokok TNI dalam OMSP yaitu membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan. Sehingga bencana yang terjadi di wilayah NTB ini merupakan tugas TNI, oleh karenanya TNI akan selalu ada untuk berbuat maksimal dalam melakukan percepatan pemulihan akibat bencana alam dengan harapan masyarakat dapat segera melakukan aktifitas seperti semula. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar