Rabu, 22 Agustus 2018

Pangdam Sholat Idul Adha Bersama Warga Masyarakat Pemenang


Pendam IX/Udayana
Rabu, 22 Agustus 2018

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., bersama Prajurit TNI dan masyarakat yang berada dipengungsian Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, NTB melaksanakan Sholat Idul Adha 1439 H dengan penuh hidmat pada Rabu (22/8). Di lapangan Desa Pemenang Barat.

Di tengah trauma musibah bencana gempa yang menimpa wilayah NTB saat ini pada hari ini bertepatan dengan jatuhnya Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah yang merupakan hari besar kaagamaan bagi Umat Muslim, di mana wilayah Nusa Tenggara Barat merupakan wilayah teritorial Kodam IX/Udayana yang mayoritas penduduknya beragama Muslim. 

Walau dalam suasana keprihatinan namun tidak menyurutkan niat masyarakat Lombok bersama TNI untuk tetap khusuk menunaikan ibadah dan kewajibannya untuk melaksanakan Sholat Idul Adha bersama. Justru moment ini dapat dijadikan sebagai perayaan hari suci yang sangat baik untuk kita semua memohon ampunan dan berkah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar kita selalu diberikan kesehatan, keselamatan, ketabahan maupun kesejahteraan dan wilayah Nusa Tenggara Barat  khususnya lombok dapat segera bangkit dari musibah bencana yang terjadi.

Terkait dengan hari suci ini,  di lapangan pengungsian Desa Pemenang Barat dilaksanakan Sholat Idul Adha yang diikuti oleh ratusan masyarakat umat muslim dan prajurit TNI dan bertindak selaku Imam adalah H. Syamsudirman S.Kep., Kes. Dan  Khatib : DR. Tuan Guru Haji Lalu Muksin Muktar,  MA, dan Hatib : Lalu Mahrudin.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana menyampaikan ucapan selamat  Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah  dan ucapan terimakasih atas pelaksanaan Sholat Idul Adha yang telah dapat berjalan dengan tertib dan hidmat walau masih dalam suasana  berduka, dan ucapan  terimakasih kepada semua warga lombok khususnya warga lombok utara yang  menjadikan  momentum  idul adha ini sebagai kekuatan untuk segera bangkit dan bangkit kembali membangun lombok utara  menjadi daerah yang patut  dibanggakan oleh semua warga  lombok bahkan warga indonesia tentunya.Pangdam juga menyatakan bersyukur bisa hadir ditengah tengah masyarakat yang selalu bersyukur dan ikhlas menjalani hidup meskipun saat ini sedang menghadapi cobaan seperti ini  dan  menjadi kekuatan bagi kita semua  senantiasa ikhlas  dalam menjalani hidup ini serta  mengajak kita semua untuk bersama sama bergandengan tangan untuk bangkit kembali membangun lombok dengan  semangat dan keikhlasan , kemudian khusus kepada Prajurit TNI, Pangdam menyampaikan agar Prajurit TNI jangan mudah menyerah, senantiasa menjaga kesehatan dan tetap semangat dalam membantu warga, ini adalah tugas mulia sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat,bangsa dan negara agar pemulihan pasca bencana dapat segera terwujud karena pada dasarnya semua yang prajurit lakukan adalah  ibadah. “Jangan merasa bosan tetap semangat”, imbuh Pangdam.  

Selesai Sholat Idul Ahda dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban sapi dari Pangdam IX/Udayana dan hewan kurban lainnya yang dagingnya dibagikan kepada warga masyarakat sekitarnya.

Selesai malaksanakan  Sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban, tanpa mengurangi kehidmatan  perayaan hari raya,  TNI bersama relawan yang tergabung dalam Satgas tetap melaksanakan kegiatan pembersihan puing puing retuntuhan bangunan sebagai kegiatan pokok sesuai dengan pembagian  sektornya masing masing,   kerja keras tak kenal lelah ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dan warga masyarakat dalam mengatasi dampak musibah gempa yang melanda agar NTB segera dapat bangkit seperti sediakala. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar