Selasa, 28 Agustus 2018

Pererat Hubungan Silaturahmi, Kasdam Terima Kunjungan Kehormatan Angkatan Darat Australia


Pendam IX/Udayana
Selasa, 28 Agustus 2018

Untuk meningkatkan jalinan kerjasama dan silaturahmi antara TNI Angkatan Darat, khususnya TNI Angkatan Darat Jajaran Kodam IX/Udayana, Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri mewakili Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, pada Selasa (28/8) menerima kunjungan Kehormatan Delegasi Angkatan Darat  Australia di Makodam IX/Udayana.

Rombongan Delegasi Angkatan Darat Australia yang berjumlah 10 orang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Australia, Mayor Jenderal Justin Jake Ellwood, DSC, tiba di Makodam pada pukul 14.05 wita, setelah menerima jajar kehormatan dari Regu Jaga Makodam disambut hangat oleh para pejabat teras Kodam IX/Udayana antara lain, Irdam IX/Udayana, Kolonel Kav Taufiq Budi Santoso,  Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam, para Perwira Ahli, LO-AL, LO-AU, Para Komandan/Kabalak Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana di Hall Makodam IX/Udayana dan selanjutnya didaulat memasuki ruang Stana Yudha untuk mengikuti acara selanjutnya.

Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Army to Army Staff Talk TA 2018 antara TNI Angkatan Darat dengan Angkatan Darat Australia, yang kegiatannya dilaksanakan di Bali  selama empat hari mulai dari tanggal 27 sampai dengan 30 Agustus 2018.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam, mengucapkan selamat datang di Makodam IX/Udayana, kepada segenap rombongan Delegasi yang sudah berkenan hadir di Makodam IX/Udayana, Pangdam berharap mudah-mudahan kegiatan seperti ini disamping sebagai sarana untuk bersilaturahmi juga dapat dijadikan wahana untuk saling bertukar informasi atas dasar persahabatan dan saling menghormati.

Mengawali pertemuan tersebut Kasdam memperkenalkan para pejabat teras Kodam IX/Udayana yang mendampingi pada acara penerimaan kunjungan kehormatan tersebut,  mulai dari Irdam IX/Udayana sampai pada para Komandan/Kabalak yang mengawaki dan sebagai unsur pimpinan di satuan jajaran Kodam IX/Udayana.

Selanjutnya dalam sambutannya Pangdam menyampaikan tentang tugas pokok dan implementasinya  sebagai penjabaran dari tugas TNI Angkatan Darat untuk melaksanakan tugas TNI Matra Darat bidang pertahanan melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), menjaga keamanan wilayah perbatasan darat Indonesia dengan RDTL dan   pulau-pulau terluar, melaksanakan pembangunan dan pengembangan pembinaan kekuatan Matra Darat dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Pangdam  juga menyampaikan, bahwa antara Indonesia dan Australia memiliki hubungan kerjasama diplomatik yang sangat baik. Untuk dapat melangsungkan pembangunan ekonomi dan pertahanan masing-masing negara, maka dibutuhkan situasi yang kondusif, salah satu peran strategis untuk  mendukung kelancaran pembangunan  di bidang pertahanan adalah keberadaan Tentara Nasional Angkatan Darat di masing-masing negara.

Untuk itu kunjungan seperti ini mempunyai nilai strategis dan sangat penting dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama antara Angkatan Darat Indonesia dengan  Angkatan Darat  Australia, melalui kunjungan resmi ini kita dapat bertukar informasi, saling memberi masukan atau semacam studi banding guna mengoptimalkan peran dan tugas Tentara Nasional  Angkatan Darat  kedua negara, demikian papar Kasdam.

Sementara dari pihak Delegasi Angkatan Darat Australia, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Australia, Mayor Jenderal Justin Jake Ellwood, DSC, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pejabat teras Kodam IX/Udayana yang telah menerima kunjungannya dan selanjutnya memperkenalkan anggota Delegasi yang hadir dalam kunjungan ini.

Selanjutnya pimpinan Delegasi juga memberikan apresiasi atas masukan yang sudah disampaikan terkait dengan tugas pokok Kodam IX/Udayana dan implementasinya dalam melaksanakan tugas pertahanan sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia, Pimpinan rombongan juga berharap  kedepan silaturahmi dan kerjasama seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus ditingkatkan. Demikian harap pimpinan Delegasi.

Kemudian terkait dengan musibah gempa Lombok, pimpinan rombongan menyampaikan, momen ini merupakan kesempatan emas bagi TNI Angkatan Darat untuk dapat berbhakti dalam mengatasi kesulitan warga masyarakat Lombok yang ditimpa bencana Gempa.

Dalam Tanya jawab Delegasi Australia juga menanyakan tentang peran TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara yang tergabung sebagai Satgas dalam mengatasi dampak gempa Lombok.

Terkait pertanyaan ini dijelaskan bahwa TNI-AL dan TNI-AU juga sama-sama berperan dalam mengatasi dampak musibah Gempa Lombok sesuai dengan kapasitas dan kemampuan personel maupun alut yang dimiliki masing-masing satuan.

Demikian acara kunjungan ini berjalan dalam suasana penuh keakraban diakhiri dengan tukar menukar cindramata dan foto bersama. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar