Rabu, 05 September 2018

Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif, Inilah Yang Dilakukan Babinsa Bersama Warga


Pendam IX/Udayana
Rabu, 5 September 2018

Keamanan dan ketertiban masyarakat yang tetap kondusif menjadi dambaan setiap orang. Berbagai upaya tetap dilakukan guna mencipatkan suatu kondisi yang tetap stabil terus ditingkatkan.

Itulah yang dilakukan oleh Babinsa Tedakisa Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo. Meningkatkan Kamtibmas, Sertu Laudowik P. Hurek bersama warga setempat rutin patroli atau ronda malam bersama warga.

"Kegiatan setiap malam, di 5 Koramil yang ada di Kodim 1625/Ngada dan bergilir setiap personil, patroli tadi malam, saya di Desa Tedakisa, yang terlibat ketua RT serta Pak Kadus, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat," ujar Sertu Hurek.

Dirinya mengaku tujuan melaksanakan patroli atau ronda adalah agar terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kodim 1625/Ngada.

"Kami berharap masyarakat merasa senang dan nyaman dengan adanya patroli/ronda bersama TNI ini, karena orang ingin berbuat jahat niatnya tak terlaksanakan dan masyarakat bisa tidur dengan nyenyak, aman dan nyaman," papar Sertu Hurek.

Ada beberapa hal yang yang disampaikan kepada warga saat melaksanakan patroli, yaitu harus tetap waspada dan antisipasi semua hal yang akan terjadi, sehingga bisa meminimalsir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Pada saat jaga dipos malam hari supaya selalu waspada. Setiap 1 jam anggota jaga malam dipos diganti dan yang lama bisa istirahat di pos ronda. Apabila ada hal menonjol agar segera di laporkan," tegasnya.

Ditambahkannya, apabila bertemu masyarkat saat patroli, harus ditanya dari mana dan mau kemana. Bila mencurigakan akan dibawa ke pos ronda dan diambil keterangan. Ini bertujuan agar semuanya aman.

Dan juga apabila ketemu warga luar desa saat patroli akan dibawa ke rumah ketua RT dan wajib melaporkan maksud dan tujuannya berada ada di Desa Tedakisa.

"Kami akan tanya nginap dimana dan kapan kembalinya, serta KTPnya dititipkan di ketua RT dan bisa diambil saat mau pulang kembali, ini sebagai bentuk antisipasi, bila terjadi hal tak di inginkan, gampang di cari," papar Sertu Hurek.

Ia mengaku selama ini semuanya berjalan aman dan lancar. Tidak ada hal-hal yang menonjol terjadi. Tentu itu menjadi harapan terbesar bagi masyarakat.

Para ketua RT, kepada Dusun, kepala Desa, tokoh pemuda, tokoh masyarakat juga terlibat dalam giat patroli. Keterlibatan mereka sangat penting karena yang membuat aman dalam suatu daerah atau desa itu adalah masyarakat sendiri.

Sebab, menurut Sertu Hurek, semua orang akan mengharapkan keamanan dan ketertiban. Hidup menjadi aman dan tenteram karena tidak ada gangguan yang datang dari dalam maupun dari dalam daerah itu sendiri.

Ia mengapresiasi atas keterlibatkan masyarakat dalam giat patroli. Setiap malam dalam giat patrol semua ambil bagian itu menandakan kebersamaan yang mesti ditingkatkan.

Ia mengungkapkan masyarakat yang ada Desa Tedakisa sangat peduli dengan Kamtibmas. Itu terlihat saat melaksanakan Patroli, mereka antusias ikut mengelilingi wilayah itu. (Kodim 1625/Ngada)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar