Minggu, 02 Desember 2018

Dalam Rangka HJK tahun 2018, Kodim 1612/Manggarai Laksanakan Penghijauan


Pendam IX/Udayana
Minggu, 2 Desember 2018

Kodim 1612/Manggarai menanam seribu pohon jenis Meni dan Sengon di Kelurahan Mena, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Minggu (1/12).

Pasiter Kodim 1612/Manggarai Kapten Inf Musoli, mengatakan kegiatan yang dilakukan sejak pukul 07.00 Wita itu dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika tahun ini yang diisi dengan kegiatan Karya Bakti pembersihan rumah ibadah dan penghijauan.

“Tema Hari Juang Kartika Tahun 2018 yaitu TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat dan Memantapkan Kemanunggalan TNI AD Dengan Rakyat Guna Mewujudkan TNI AD Yang Kuat,” tegasnya.

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Manggarai, Drs. Viktor Madur, Pasiter Kodim 1612/Manggarai, Kapten Inf Mudoli, Pasipers Kodim 1612/Manggarai, Lettu Inf Simon Halek serta anggota Makodim 1612/Manggarai dan Babinsa Koramil 01/Ruteng serta masyarakat setempat.

Tujuan dari penanaman pohon ini disamping sebagai penghijauan diwilayah tersebut, juga diharapkan pohon-pohon ini nantinya mampu menjadi alat penyerap air, dan sebagai upaya pencegahan tanah longsor yang lokasinya memang terjal dan dekat dengan sungai karena wilayah tersebut rawan terjadi tanah longsor.

“Disamping murni penghijauan, penanaman pohon ini kita harapkan mampu menjadi serapan air, serta nantinya berguna bagi masyarakat,” ucap Kapten Inf Musoli.

Setelah seluruhnya ditanam, kata dia, nantinya pohon-pohon ini akan dilakukan perawatan.

“Tentunya setelah ditanam tidak kita tinggal begitu saja, tapi nanti ada yang merawat sehingga pohon pohon ini nantinya bisa tumbuh dengan baik dan tidak mati dan nantinya bisa kita rasakan manfaatnya. Kalau bukan sekarang kita merasakan manfaatnya, mungkin lima atau sepuluh tahun mendatang,” katanya.

Proses penanaman pohon melibatkan seluruh komponen masyarakat, sehingga nantinya ada tanggung jawab merawat secara bersama-sama. Menurutnya hal itu juga merupakan bagian dari kemanunggalan TNI terhadap masyarakat. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar