Senin, 10 Desember 2018

Gagalkan Penyelundupan BBM, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Amankan Puluhan Jerigen


Pendam IX/Udayana
Senin, 10 Desember 2018

Pada hari Minggu (9/12) pukul 04.40 Wita telah dilaksanakan penggagalan penyelundupan BBM diwilayah Pos Napan Bawah Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU, Provinsi NTT, pada saat personel Pos Napan Bawah Kipur I Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat melaksanakan pengendapan.

Dengan berpedoman pada prosedur tetap Pengagalan Penyeludupan, personel Pos Napan Bawah Kipur I Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat melaksanakan pengedapan di wilayah salah satu jalan tikus yang berada di kordinat 5148-6475 diarea Patok BSP 64/2008 dipimpin oleh Danpos Napan Bawah Letda Inf Muh Sadly.

Pada pukul 04.25 Wita, Personel Pos Napan Bawah melihat gerakan seseorang yang mencurigakan sedang melaksanakan aktifitas mengumpulkan jerigen. Kemudian personel Pos Napan Bawah melaksanakan pemantauan dengan kegiatan tersebut di bukit dengan ketinggian sekitar 50 meter.

Kemudian personel Pos Napan Bawah melaksanakan pengendapan guna melaksanakan penangkapan pada seseorang tersebut.  Sekitar jarak 30 meter dari tempat kegiatan tersebut terlihat 1 orang dengan membawa jerigen. Kemudian Letda Inf Muh Sadly memerintahkan untuk melaksanakan penangkapan kepada seseorang tersebut.

Saat mulai melaksanakan penangkapan terlihat 2 orang yang langsung melarikan diri dengan meninggalkan jerigen yang sudah terkumpul. Selanjutnya personel Pos Napan Bawah melakukan pengejaran terhadap 2 orang tersebut.

Personel Pos Napan Bawah yang melakukan pengejaran terhadap 2 orang tersebut, pada pukul 04.40 Wita melaporkan kepada Letda Inf Sadly bahwa 2 orang tersebut berhasil melarikan diri kearah yang tidak diketahui dikarenakan kondisi pada saat pengejaran gelap. 

Dari hasil pengecekan terhadap penggagalan penyelundupan tersebut adalah BBM jenis Solar 23 jerigen/5 liter, Bensin 8 jerigen/5 liter dengan jumlah keseluruhan sejumlah BBM jenis Solar 115 liter dan Bensin 40 liter.

Selanjutnya, Danpos Napan Bawah Letda Inf Sadly melaporkan perihal pengagalan penyelundupan BBM kepada Dankipur I Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat Lettu Inf Teguh Prasetyo, S.T. Han. dan kemudian melaporkan perihal pengagalan penyelundupan BBM ini kepada Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat a.n. Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol.

Barang bukti tersebut sementara diamankan di Pos Napan Bawah untuk diserahkan ke Mako Satgas Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN guna penyelidikan lebih lanjut dan mencari informasi serta pelaku penyelundupan BBM. (Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar