Senin, 10 Desember 2018

Kapendam IX/Udayana : Wasrik Merupakan Salah Satu Fungsi Manajemen Dalam Penyelenggaraan Mekanisme Kerja Organisasi


Pendam IX/Udayana
Senin, 10 Desember 2018

Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Inspektorat Kodam IX/Udayana  telah melaksanakan kegiatan Wasrik di satuan jajaran Kodam IX/Udayana dipimpin oleh Irdam IX/Udayana, Kolonel Kav Taufiq Budi Santoso, dan pada hari ini Senin (10/12) melaksanakan taklimat akhir di Ruang Erlangga Makodam IX/Udayana, diikuti oleh para Komandan/Kepala Satuan jajaran Kodam IX/Udayana yang menjadi objek wasrik.

Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P,  dalam siaran persnya pada Senin (10/12) menyampaikan bahwa wasrik di satuan jajaran Kodam IX/Udayana dilaksanakan secara rutin dengan tujuan untuk melihat apakah satuan jajaran Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas pokoknya telah mempedomani program kerja yang telah ditetapkan dan sesuai dengan koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku, guna mencegah terjadinya penyimpangan sekecil apapun.

Kegiatan Wasrik dilaksanakan secara lengkap meliputi bidang Operasi dan Latihan, Pengadaan Barang dan Jasa, Rekrutmen/Werving Prajurit, Pemanfaatan Aset BMN dan Hibah berupa Aset Tanah dari Pemerintah Daerah dan lain-lain, termasuk materiil dan Alat Utama (Alut) yang memiliki resiko tinggi yang berpengaruh terhadap kegiatan operasi serta hak-hak Prajurit yang mengalami kecelakaan dalam tugas operasi.

Sementara Irdam IX/Udayana pada kesempatan taklimat akhir ini dalam sambutannya menyampaikan penekanan bahwa kehadiran Tim Wasrik Kodam IX/Udayana ini memiliki arti penting dan nilai manfaat yang besar dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi. Kegiatan Wasrik pada hakikatnya merupakan aplikasi dari salah satu fungsi manajemen, yaitu fungsi kontrol dan alat kendali bagi penyelenggaraan mekanisme kerja organisasi.

Untuk itu Wasrik ini harus dimaknai sebagai upaya untuk memberikan masukan yang berharga bagi peningkatan kualitas kinerja dan terwujudnya tertib administrasi, baik yang menyangkut keuangan, materiil, penyelenggaraan kegiatan dan latihan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku di lingkungan TNI.

Tim Wasrik Itdam IX/Udayana telah melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan di satuan jajaran Kodam IX/ Udayana, temuan-temuan dan koreksi maupun atensi hasil pemeriksaan yang telah diberikan serta penjelasan tentang berbagai perubahan yang perlu, untuk segera ditindaklanjuti  di masing-masing satuan sehingga tidak ada  kesalahan sekecil apapun.

Laksanakan perencanaan program anggaran sesuai prosedur dan ketentuan serta tata tertib, laksanakan penatausahaan serta pencatatan dalam simak BMN secara benar, teliti dan akurat sampai tingkat satuan kerja, pengelolaan hibah barang dan uang harus dilakukan dengan mekanisme yang benar, demikian ujar Irdam. (PendamUdy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar