Rabu, 19 Desember 2018

Letkol Inf Bima Santosa Jabat Dandim Karangasem, Begini Pesan Danrem 163/Wira Satya


Pendam IX/Udayana
Rabu, 19 Desember 2018

Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., memimpin serah terima jabatan Komandan Kodim 1623/Karangasem dari Letkol Inf Benny Rahadian, S.E., kepada Letkol Inf Bima Santosa, Selasa Pagi (18/12) bertempat di Wantilan Kantor DPRD Kabupaten Karangasem.

Dengan demikian Letkol Inf Bima Santosa yang sebelumnya menjabat sebagai Danyonif Raider Khusus 744/Satya Yudha Bhakti secara resmi menjabat Dandim 1623/Karangasem untuk menggantikan pejabat lama Letkol Inf Benny Rahadian, S.E., yang selanjutnya menduduki jabatan baru sebagai Wakil Asisten Intelijen Danjen Kopassus.

Ada beberapa pesan yang disampaikan Danrem dalam amanatnya yang antara lain mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama atas dedikasi selama pelaksanaan tugas yang berjalan baik sebagai Dandim 1623/Karangasem. Segala pengalaman tugas yang sudah diperoleh dapat dijadikan bekal pada pelaksanaan tugas jabatan di tempat baru.

Kepada pejabat baru Letkol Inf Bima Santosa, Danrem berpesan  segala keberhasilan dan pencapaian pejabat lama agar dipertahankan bahkan diupayakan untuk ditingkatkan.

"Segera menyesuaikan dengan lingkungan tugas baru serta adakan komunikasi dan koordinasi dengan baik bersama pemerintah daerah serta komponen masyarakat, sehingga apabila terjadi permasalah sekecil apapun akan dapat diantisipasi lebih dini dan dicarikan solusinya", ungkap Danrem.

Danrem mengatakan bahwa Kodim sebagai satuan komando kewilayahan secara umum mempunyai tugas dalam rangka untuk membina wilayah pertahanan di darat serta melaksanakan tugas pembinaan teritorial atau Binter

Kodim harus mampu memberdayakan wilayah pertahanan darat yang meliputi aspek geografi, demografi dan kondisi sosial yang ada demi kepentingan pertahanan.

Dalam menghadapi tugas-tugas ke depan, baik itu tugas pokok maupun tugas tambahan yang tentunya semakin kompleks dan tidak semakin ringan, Danrem menekankan tentang pentingnya kesiapan satuan. Salah satu tugas tersebut adalah dalam menghadapi tahun politik 2019 dimana akan dilaksanakan perhelatan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden serta wakil presiden.

Dalam penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut TNI bersikap netral dan tidak berpolitik praktis. Tugas kita TNI adalah ikut mengawal dan menjamin keamanan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut secara profesional bersinergi dengan Polri.

Hal ini sesuai dengan UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dalam tugas operasi militer selain perang atau OMSP tugas TNI adalah melaksanakan tugas perbantuan kepada Kepolisian Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah.

Diakhir penyampaiannya Danrem mengatakan sebentar lagi kita akan melaksanakan pergantian tahun dan menyongsong hari raya besar keagamaan yaitu Hari Raya Natal bagi Umat Nasrani serta Hari Raya Galungan dan Kuningan bagi Umat Hindu.

Danrem mengajak kita semua untuk menjaga kondusifitas keamanan sehingga pelaksanaan hari raya dan pergantian tahun dapat berlangsung aman dan lancar. (Penrem163/WSA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar