Selasa, 22 Januari 2019

Danramil 07-1612/Satar Mese : Kalau Jalan Bagus, Masyarakat Senang, Ekonomipun Lancar


Pendam IX/Udayana
Selasa, 22 Januari 2019

Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07-1612/Satar Mese dan Bhabinkamtibmas Polsek Satar Mese, Kabupaten Manggarai, Senin (21/1/2019), kembali turun bersama warga gotong royong melakukan perbaikan jalan lintas Ruteng-Iteng, Satar Mese.

Kegiatan lanjutan tersebut, untuk membantu percepatan perbaikan jalan yang rusak atau berlubang di beberapa titik, namun dari hasil pantauan terdapat 6 titik yang rusak parah. 

Perbaikkan jalan melalui kerja bakti ini dipimpin langsung oleh Camat Satar Mese, Damianus Arjo bersama  plh. Danramil 07 Satar Mese, Pelda Fernando Mendonca dan Kapolse Satar Mese, Iptu Gabriel Taek. 

Perbaikan jalan yang dilakukan oleh warga dari 19 desa ini cukup panjang mulai dari jalan di Golo Lusang Desa Umung, Kecamatan Satar Mese sampai Sengong. Warga membersihkan jalan berlubang dari timbunan tanah dan sekam padi, selanjutnya dicor dengan campuran semen.

Menurut  Camat Satar Mese, jalan rusak di Kecamatan Satar Mese sangat membahayakan pengguna jalan, khususnya kendaraan bermotor. dengan kondisi jalan yang banyak lubang dan rusak serta badan jalan yang sangat sempit, ditambah lagi banyaknya tebing serta jurang, pengendara kendaraan bermotor harus ekstra hati-hati saat melintas. 

Keadaan jalan arah Ruteng-Satar Mese sudah lama rusak,  namun belum ada tindak lanjut dari Pemerintah setempat. Pemerintah pun bukannya tidak berbuat sesuatu, namun tiap kali jalan dilakukan perbaikan, saat musim penghujan jalan kembali rusak akibat tergerus air hujan.

Camat menambahkan, Sinergitas TNI-Polri bersama masyarakat memperbaiki jalan, karena kondisinya  berlobang, licin dan rusak, kami tidak boleh menunggu dengan keadaan seperti ini, ungkap Camat Satar Mese.

Perbaikan jalan tersebut, lanjutnya, agar akses warga dari Satar Mese menuju Kota Ruteng atau sebaliknya menjadi sedikit lancar, dan masyarakat akan merasa nyaman ketika beraktivitas, lanjutnya.

Di tempat yang sama, Babinsa Sertu Parmuliadin, menambahkan musim hujan saat ini menjadikan jalan semakin parah, licin berlubang, dan membahayakan warga yang melewati jalan tersebut.

“Kondisi itulah yang membuat kami turun lapangan, gotongroyong bersama warga untuk memperbaikinya,” tambah Sertu Parmuliadin.

Selain bermafaat untuk perbikan jalan, gotongroyong ini bentuk pembinaan teritorial dan kegiatan positif ini membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Kalau jalan bagus, masyarakat senang, dan bisa lancar beraktivitas meningkatkan mobilitas ekonomi,” kata Danramil. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar