Rabu, 27 Februari 2019

Bupati Manggarai : TMMD Adalah Komitmen TNI AD Dalam Membangun Bangsa dan Negara


Pendam IX/Udayana
Rabu, 27 Februari 2019

Manggarai - Bertempat di lapangan SD Inpres Watu Baur, Desa Watu Baur, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai dilaksanakan Upacara Pembukaan TMMD Ke 104 Tahun 2019 Kodim 1612/Manggarai dengan tema "Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional", Selasa, (26/2).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Bupati Manggarai DR. Deno Kamelus, S.H., M.H., Perwira Upacara Pasi Ter Kodim 1612/Manggarai Lettu Inf Simon Halek dan Komandan Upacara Danramil 1612-03/Reok Kapten Inf Totok Hariyanto. 

Adapun pasukan upacara terdiri dari, 1 peleton Kodim 1612/Mgr, 1 peleton anggota Kompi C Yonif 743/PSY, 1 regu Brimob Ruteng, 1 peleton Polres Manggarai, 1 peleton Sat Pol PP, 2 peleton Pramuka dan 2 peleton pelajar SMA. 

Dalam amanatnya Bupati Manggarai menyampaikan bahwa peristiwa hari ini merupakan satu langkah penting dalam derap maju pembangunan di Indonesia khususnya di Kabupaten Manggarai yang juga harus dipandang sebagai salah satu bentuk cinta tuhan pada umatnya.

Program TMMD ini secara umum dapat dijelaskan sebagai bagian dari komitmen TNI AD dalam pembangunan Bangsa dan Negara terutama mensukseskan kerja-kerja pembangunan pemerintah daerah, melalui TMMD ini TNI ikut ambil bagian secara aktif dalam kegiatan pembangunan di daerah pedesan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak bencana.

"Bagi pemerintah Kabupaten Manggarai keterlibatan TNI AD dalam agenda pembangunan terutama pembangunan fisik akan sangat membantu terwujudnya Visi kita bersama yakni Manggarai yang Maju, Makmur, Sejahtera, Adil dan Merata, keterlibatan tersebut bukan hanya baru akan dimulai tetapi telah lama dan akan terus berlangsung di daerah ini," ungkapnya.

Bupati melanjutkan, Program TMMD yang dibuka pada hari ini adalah bagian yang tidak terpisahkan, yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kerja sama yang akrab dan harmonis baik di internal TNI maupun TNI dengan masyarakat dan pemerintah, ada banyak hal positif yang akan diperoleh dari keterlibatan TNI dalam pembangunan daerah salah satunya yaitu meningkatkan kedisplinan dan daya juang yang tinggi kepada masyarakat

Selain itu juga, Melalui TMMD, TNI akan mengembalikan semangat gotong-royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia, pada saat itulah TNI melalui pelaksanaan TMMD akan mengembalikan semangat kerja sama dan gotong royong, hal ini diperkuat dengan kenyataan bahwa TNI adalah organisasi yang bebas dari kepentingan politik praktis sehingga kehadiranya akan mampu menjadi katalisator atau penyeimbang di tengah kemungkinan tersumbatnya komunikasi antar warga yang mungkin terjadi akibat perbedaan paham politik.

"Saya berharap kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh elemen masyarakat bukan hanya pembangunan fisik dapat berjalan lebih cepat tetapi juga agar sikap disiplin dan daya juang tinggi yang menjadi ciri khas TNI," tegas Bupati.

Kegiatan/pekerjaan fisik yang dilakukan pada TMMD ke-104 tahun 2019 wilayah Kodim 1612/Manggarai diantaranya, pembukaan fisik jalan sejauh 6.6 Km, pembuatan 7 unit deker, pembuatan 2 unit Pos Kamling, perehapan Kapela Stasi Racang. Sedangkan kegiatan non fisik diantaranya Penyuluhan dan Sosialisasi Bela Negara, Penyuluhan dan Sosialisasi Pertanian,  Penyuluhan dan Sosialisasi Kesehatan dan KB, Penyuluhan dan Sosialisasi Bahaya Narkoba, Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum, Penyuluhan dan Sosialisasi Bencana Alam, Penyuluhan dan Sosialisasi Peternakan, Penyuluhan dan Sosialisasi Rekrutmin Prajurit TNI,  Penyuluhan dan Sosialisasi Kehutanan, Penyuluhan dan Sosialisasi Bahaya Radikalisme serta kegiatan Bhakti Sosial pembagian sembako, pasar Murah, pengobatan massal.

Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Czi Aji Jaya, Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy Markiano Simangunsong, S.Sos., Kapolres Manggarai AKBP Cliffry Steiny Lapian, SIK., Wadanki Brimob Ruteng, Ketua PA Ruteng, Kepala Kantor Kementerian Agama Ruteng, Kasi Pidum Kejari Ruteng, Kasub Divre Bulog Ruteng, Camat Reok, Kepala Bank NTT Ruteng, Kepala Bank BRI Ruteng, Pastor Paroki Robek, Tokoh Adat, para Kepala Desa, serta masyarakat Desa Watu Baur. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar