Jumat, 08 Maret 2019

Evakuasi Warga Sakit Oleh Pos Aplal Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN


Pendam IX/Udayana
Jumat, 8 Maret 2019

TTU - Pos Aplal Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN selalu memberikan bantuan yang tulus dan iklas kepada masyarakat. Hal itu terbukti saat anggota Pos Aplal melaksanakan evakuasi warga yang sakit di Dusun Lasena, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten TTU, Kamis (7/3).

Bapak Alo Kefi (47), terbaring lemas hampir 1 bulan. Beruntung salah seorang keluarganya segera melaporkan hal tersebut ke Pos Aplal dan langsung bertemu dengan Danpos Letda Inf Hermansyah.

Mendengar laporan dari warga tersebut, Danpos Aplal langsung menghubungi Dokter yang sedang bertugas di Puskesmas Desa Tasinifu dan menceritakan perihal yang memerlukan bantuan dengan segera tersebut.

Tidak menunggu lama, Dokter Puskesmas beserta 2 orang tenaga medis datang ke Pos Aplal menggunakan ambulance untuk menjemput anggota Pos Aplal bersama-sama menjemput ke rumah Bapak Alo.

Ditengah perjalanan saat akan melewati sungai, mobil ambulance harus terhenti dikarenakan mobil tidak bisa mendaki di sebrang sungai akibat medan yang terjal dan licin, ditambah lagi rumah dari bapak Alo yang berada diatas bukit tidak bisa dijangkau dengan kendaraan apapun, dan pada akhirnya harus ditempuh dengan jalan kaki sejauh kurang lebih 700 meter dari sungai.

Setibanya di rumah Bapak Alo Kefi, dari hasil pemeriksaan Dokter, Bapak Alo diminta agar harus dibawa ke Puskesmas Desa Tasinifu, akan tetapi dari pihak keluarga Bapak Alo Kefi awalnya tidak mau kalau di bawa ke puskesmas sebab menurut mereka akan diadakan ritual adat terlebih dahulu.

Dengan berbagai cara pendekatan dan pemberian penjelasan, Danpos Aplal Letda Inf Hermansyah memberikan pemahaman kepada keluarga agar mendahulukan medis sebelum penyakit Bapak Alo makin tambah parah, dan pada akhirnya barulah keluarga setuju untuk dirujuk ke puskesmas.

Bapak Alo Kefi dibawa menuju mobil ambulace dengan berjalan kaki dari rumah hingga sesampainya di sungai, anggota Pos Aplal menggendong Bapak Alo Kefi dikarenakan kondisi fisiknya sudah tidak kuat lagi untuk berjalan kaki.

Sesampainya di seberang sungai, anggota Pos Aplal masih menggendong Bapak Alo Kefi sejauh kurang lebih 600 meter ke tempat di parkirnya ambulance Puskesmas tersebut, dan selanjutnya Bapak Alo Kefi langsung ditangani oleh tim medis untuk dibawa ke Puskesmas Desa Tasinifu. (Satgas Pamtas RI-RDTL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar