Jumat, 31 Mei 2019

Buat Sumur Resapan di 9 Titik, Satgas Yonif Mekanis 741/GN Ringankan Beban Masyarakat Perbatasan


Pendam IX/Udayana
Jumat, 31 Mei 2019

TTU - Air adalah suatu kebutuhan yang sangat penting untuk kehidupan mahkluk hidup. Manusia sangat membutuhkan air dengan jumlah yang harus cukup untuk melanjutkan hidup baik itu untuk di konsumsi ataupun untuk diberikan ke hewan ternak atau untuk berkebun. Hal ini lah yang menjadi pendorong Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN membuat sumur resapan, pada Kamis (30/5/2019).

Satgas Yonif Mekanis 741/GN melaksanakan penggalian sumur atau peresapan air di sembilan titik yang dianggap sangat strategis untuk masyarakat bisa mengambil air. Adapun beberapa titik tersebut yakni 3 titik di Jajaran pos Tripoli Desa Netemnanu utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, 4 Titik di Desa Haumeniana, Kecamatan Bikomi Ninulat, dan 2 titik di Desa Sungkaen, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten TTU.

Tujuan dibuatnya sumur galian ini adalah untuk membantu masyarakat yang setiap harinya pulang pergi ke kebun atau sawah dan memudahkan mengambil air untuk minum ternak. Dengan adanya bantuan sumur kepada masyarakat yang ada diperbatasan, masyarakat sangat senang karena terbantu terutama pada saat musim kemarau yang sulit untuk mendapatkan air.

Apresiasi masyarakat sangat luar biasa bahkan di jajaran Tropoli Masyarakat menyampaikan kepada Dankipur II berencana membuat syukuran guna mengucapkan terima kasih kepada Tuhan YME yang telah memberikan rezeki berupa sumur. Pada saat bulan Ramadhan pun penggalian tetap berlanjut, walau kadang terdapat rintangan seperti contoh di Desa Sungkaen yang penggalian dilaksanakan oleh pos Baen galian banyak batu dan dinding galian sempat roboh kembali sehingga menutup kembali galian, namun personil yang melaksanakan penggalian tidak ada kata menyerah.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol., menyampaikan bahwa walaupun bukan tugas utama namun membantu kesulitan masyarakat di wilayah perbatasan adalah prioritas.

"Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada anggota yang telah pantang menyerah melaksanakan penggalian sumur tersebut walau cuaca sekarang yang tidak menentu dan medan yang cukup berat." (Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar