Jumat, 10 Mei 2019

Buatkan Jamban Untuk Masyarakat, Kodim 1609/Buleleng Gandeng CSR PT. Pelindo III


Pendam IX/Udayana
Jumat, 10 Mei 2019

Buleleng - Guna menciptakan lingkungan sehat dan nyaman di wilayah binaan, Koramil 1609-08/Gerokgak melaksanakan pembuatan jamban keluarga bekerja sama dengan CSR PT.  Pelindo III Celukanbawang yang dikemas dalam Program Karya Bakti Kodim 1609/Buleleng Semester I Tahun Anggaran 2019. Hal tersebut disampaikan Danramil 1609-08/Gerokgak Kapten Inf Gede Oka.

"Melalui program ini mudah-mudahan mampu mengedukasi masyarakat sehingga akan berdampak positif  bagi masyarakat itu sendiri untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan kesehatan yang dimulai dari keluarga masing-masing," ungkapnya disela-sela pengerjaan Jamban di rumah salah satu warga Dusun Celukanbawang, Desa Celukanbawang, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Kamis (9/5).

Danramil juga berharap, dalam pembuatan jamban ini yang pengerjaannya dilakukan anggota Koramil bersama warga masyarakat, agar dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima bantuan jamban.

Sementara itu, di ruang kerjanya, Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Verdy De Irawan, S.H., M.Tr(Han)., juga mengungkapkan bahwa program jambanisasi ini merupakan peran serta sekaligus bentuk kepedulian Kodim 1609/Buleleng dalam upaya sanitasi bersih dan sehat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah binaan.

Dandim menambahkan, melalui Satuan Komando Kewilayahan berupaya untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat kurang mampu sehingga memiliki fasilitas buang air besar (BAB) yang bersih dan sehat bagi keluarga.

"Memang jamban ini sangat sederhana, namun paling tidak, para penerima bantuan program ini tidak lagi BAB sembarangan, paling tidak dalam keluarga tersebut mampu mewujudkan lingkungan yang sehat," tegas Dandim.

Ibu Aminah (90), Warga Dusun Celukanbawang, salah satu penerima bantuan program jamban yang berprofesi sebagai buruh tani, menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI yang berada di Koramil Gerokgak yang telah membuatkan jamban bagi keluarganya

"Saya mewakili keluarga, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak-bapak TNI yang berada di Koramil Gerokgak, atas bantuan dan perhatiannya kepada kami untuk membuatkan jamban, sehingga keluarga kami bisa hidup dengan bersih dan sehat," ungkapnya. (Kodim 1609/Buleleng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar