Kamis, 09 Mei 2019

Jaga Kebugaran Fisik, Personil Kodim 1617/Jembrana Laksanakan Garjas Periodik


Pendam IX/Udayana
Kamis, 9 Mei 2019

Jembrana - Pembinaan jasmani merupakan salah satu cara untuk mengontrol dan meningkatkan kondisi fisik para prajurit agar selalu prima. Sesuai fungsinya menyelenggarakan pembentukan, peningkatan dan pemeliharaan jasmani militer baik secara perorangan maupun satuan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan jasmani perorangan agar memiliki daya tahan tubuh yang fit serta memiliki kesegaran jasmani, sehingga siap melaksanakan tugas pokoknya dengan baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav. Defri Marsono Hanok, pada Selasa (7/5/2019) kemarin saat melaksanakan kegiatan Penyegaran Jasmani (Garjas). Kegiatan ini diawali dengan pengecekan personil yang akan melaksanakan Garjas, dilanjutkan pemeriksaan tahap awal kesehatan untuk mengukur tensi dan denyut nadi bagi para peserta oleh petugas Kesehatan Denkesyah Singaraja serta prosedur lainnya yang sesuai petunjuk pelaksanaan Garjas dari  TNI-AD. 

Lanjut Dandim Jembrana, kegiatan dilanjutkan dengan seluruh peserta garjas menerima pengarahan dari koordinator yang dipimpin oleh Kajasrem 163/WSA Lettu Arh I Wayan Taya dengan metode garjas terbaru mengenai teknis pelaksanaan guna menghindari timbulnya kerugian.

Pelaksanaan tes Garjas diawasi oleh tim Jasrem 163/WSA Pelaksanaan Garjas tersebut meliputi materi baru test kesegaran ‘A’ yaitu lari 12 Menit dan tes kesegaran ‘B’ yaitu: pull up, sit up model Twist, push up, Longest shuttle run, serta renang militer dasar dengan jarak 50 meter.

Dandim 1617/Jembrana juga menekankan kepada anggota apabila ada prajurit yang belum mencapai nilai yang sudah di tetapkan dalam artian kategori lulus karena kategori postur sesuai petujuk terbaru hatus memiliki Berat Badan Ideal.

"Nantinya prajurit yang bersangkutan akan dibina dan diberikan pelatihan secara khusus sampai mencapai nilai yang diharapkan baik itu tes kesegaran A dan tes kesegaran B maupun renang Militer dasar dengan maksud supaya anggota ada motivasi dan keiinginan untuk berusaha dan maju agar semuanya bisa mendapatkan sesuai yang di harapkan nilai di atas standar," terang Dandim kemarin. (Kodim 1617/Jembrana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar