Sabtu, 25 Mei 2019

Kodim 1612/Manggarai Gelar Acara Buka Puasa Bersama


Pendam IX/Udayana
Sabtu, 25 Mei 2019

Manggarai - Di bulan puasa ramadhan tahun 1440 H, Kodim 1612/Manggarai menggelar acara buka puasa bersama yang dilaksanakan di Aula Makodim 1612/Manggarai, Kamis (23/5/19).

Dandim 1612/Mgr Letkol Inf Rudy M. Simnagunsong, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, acara buka puasa bersama yang dilakukan bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi antar sesama anggota Kodim dan masyarakat, dan dapat memberikan motifasi kepada anggota yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

Dandim melanjutkan kegiatan ini juga sebagai wujud kebersamaan kita sebagai keluarga besar Kodim 1612/Manggarai, dengan acara yang dilaksanakan sederhana namun tidak mengurangi makna dari pelaksanaan ini, diharapkan seluruh anggota dapat memetik hikmah dari kegiatan ini dan pelajaran dari puasa itu sendiri. 

Yang lebih penting, kata Dandim, acara buka puasa bersama ini diharapkan dapat memupuk rasa kebersamaan, sehingga semakin lama membuat ikatan persaudaraan itu semakin erat.

Dandim melanjutkan puasa mempunyai tujuan yang universal, yakni pada dimensi religi dan dimensi sosial, pada dimensi religi sudah jelas puasa diharapkan dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan pada akhirnya menjadi insan-insan yang bertaqwa.

Sedangkan pada dimensi sosial ini juga sangatlah penting, dimana puasa membentuk pribadi yang baik, sehingga masyarakat yang tercipta adalah masyarakat yang damai, rukun dan jauh dari hal hal yang sifatnya anarkis yang justru menodai ajaran-ajaran yang diberikan oleh Tuhan melalui ajaran agama kita masing masing.

“Mudah mudahan tali persaudaraan kita semakin kuat, Kami ingin Manggarai ini aman, damai, makmur dan sejahtera” ungkap Dandim.

Dalam kegiatan buka bersama ini juga diisi tausyiah oleh ustadz DR. Abdul Majir, 

Dalam taisyiahnya Ustadz DR. Abdul Majir mengatakan puasa mendidik untuk berdisiplin, bertoleransi, serta dalam surat Al-Baqarah ayat 183 dijelaskan puasa memiliki tujuan agar yang menjalankannya menjadi manusia yang bertaqwa. 

Sebelum berbuka puasa, peserta buka puasa yang beragama muslim melaksanakan sholat magrib secara berjamaah di mushola Kodim 1612/Manggarai. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar